Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPerlukah Menutup Outdoor AC Ketika Hujan?

    Perlukah Menutup Outdoor AC Ketika Hujan?

    Outdoor AC seringkali dikhawatirkan orang bakal rusak saat hujan. Lakukan ini pada outdoor AC saat hujan!

    News.OLX – Setiap unit AC pastilah akan memiliki satu unit outdoor-nya yang berada di luar ruangan. Karena letaknya yang berada di luar, unit ini sudah pasti akan terkena hujan, panas dan sebagainya.

    Nah, beberapa orang, termasuk kamu, mungkin khawatir ini akan rusak saat hujan deras tiba. Karena itu pula banyak yang bertanya apakah kita perlu menutup outdoor AC ketika hujan? Untuk menjawabnya, kamu bisa simak pembahasan berikut, ya!

    Mengapa Outdoor AC di Luar Ruangan?

    Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kamu harus paham lebih dulu apa fungsi dari outdoor AC. Komponen AC yang satu ini memang selalu berada di luar ruangan.

    Bukan tanpa alasan, melainkan ini karena fungsi dari unit yang satu ini memang untuk mengalirkan udara panas dari dalam. Sehingga, udara tertukar dan suhu di dalam ruangan jadi lebih dingin dan sejuk.

    Nah, karena fungsinya yang memang untuk mengalirkan udara dari dalam keluar, artinya tidak mungkin unit ini berada di dalam ruangan. Inilah mengapa outdoor AC harus kamu pasang di luar ruangan.

    Karena fungsinya adalah untuk mengeluarkan udara panas dari dalam ruangan, pemasangan outdoor AC haruslah tepat. Seperti harus terpasang di ruang terbuka dan kering.

    outdoor (1)

    Apakah Perlu Menutup Outdoor AC Ketika Hujan?

    Dalam pembahasan di atas, kamu sudah menyimak mengapa komponen AC yang satu ini harus berada di luar. Nah, seperti yang kamu ketahui, agar fungsinya dapat terlaksana, komponen ini harus dipasang di ruang yang terbuka dan kering.

    Lantas, akan muncul pertanyaan, berarti tidak boleh terkena hujan? Nah, komponen AC yang satu ini pada dasarnya memang sudah dibuat untuk kebutuhan luar ruangan.

    Artinya, sudah pasti materialnya haruslah aman dari segala cuaca, termasuk hujan deras yang berangin sekalipun. Karena itu, tidak perlu lagi kamu lindungi dengan penutup karena sesungguhnya memang tidak kamu perlukan.

    Selain materialnya yang memang aman, menutup outdoor AC ketika hujan justru malah membuat fungsinya tidak dapat berjalan dengan baik. Ingat, bukan, fungsi dari komponen ini adalah untuk mengalirkan udara panas dari dalam ruangan.

    Nah, jika kamu tutup karena takut rusak akibat hujan, bagaimana udara panas tersebut keluar? Alih-alih awet, AC malah cepat rusak bila kamu lakukan hal ini.

    Jika kamu khawatir, kamu dapat meletakkannya di area yang memang aman, tentunya tetap terjangkau, ya. Namun, sekali lagi, jangan ditutup saat hujan deras tiba.

    Nah, sekian jawaban dari pertanyaan kamu tentang outdoor AC saat hujan tiba. Pastikan kamu juga rutin mencuci AC agar dinginnya tetap awet, ya.

    Jika kamu ingin mencari jasa maupun AC baru, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait