Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    ReviewPilihan dan Harga Cat Tembok Terbaik untuk Rumah Idamanmu

    Pilihan dan Harga Cat Tembok Terbaik untuk Rumah Idamanmu

    Yuk ketahui rekomendasi dan harga cat tembok untuk rumahmu. Lengkap berbagai jenis dan merk serta kelebihan kekurangannya.

    News.OLX – Memilih cat tembok yang tepat untuk rumah idamanmu merupakan langkah penting dalam menciptakan suasana yang nyaman dan estetis. Di pasaran, terdapat berbagai jenis cat tembok dengan beragam pilihan warna dan harga. Artikel ini akan membantu kamu dalam memilih cat tembok terbaik untuk rumahmu, serta memberikan informasi mengenai harga cat tembok di pasaran.

    Rekomendasi Cat Tembok Terbaik untuk Rumah Idamanmu

    Berikut adalah beberapa rekomendasi cat tembok terbaik untuk rumah idamanmu, beserta informasi mengenai harga, keunggulan, dan kekurangannya:

    1. Nippon Paint Q-Luc

    Nippon Paint Q-Luc menawarkan solusi cat tembok yang efisien dengan harga sekitar Rp52.000 untuk kemasan berukuran 4,5 kg. Keunggulan utama dari cat ini adalah kemampuannya untuk cepat kering, hanya memerlukan waktu 15 menit untuk kering sentuh dan 1 jam untuk kering keras, tergantung pada suhu dan tingkat kelembapan. Selain itu, cat ini juga dilengkapi dengan teknologi antipudar dan antijamur yang membuatnya tahan lama dan awet. 

    2. Aquaproof

    Aquaproof adalah pilihan yang efektif untuk melindungi dinding rumah dari rembesan air dan kebocoran dengan harga sekitar Rp69.000 untuk kemasan 1 kg. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya sebagai cat pelapis antibocor dan kedap air, menjadikannya solusi yang handal terutama saat musim hujan tiba. Aplikasinya yang tidak menetes membuatnya mudah diaplikasikan, sementara beragam pilihan warna yang tersedia memungkinkan kamu untuk memilih sesuai dengan selera. Aquaproof juga dilengkapi dengan sifat anti alkali dan efflorescence, sehingga tahan terhadap kondisi lingkungan yang keras. Namun, perlu diperhatikan bahwa harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan beberapa cat tembok lainnya di pasaran.

    3. Nippon Paint Vinilex Pro 1000

    Nippon Paint Vinilex Pro 1000 adalah pilihan yang menjanjikan dengan harga sekitar Rp105.000 untuk kemasan 4,5 kg. Keunggulan utamanya termasuk kemudahan dalam proses pengecatan dan pemeliharaan, serta kemampuan untuk menghasilkan lapisan yang halus. Dengan kemampuan mudah kering dan mudah dibersihkan, cat ini memudahkan dalam pengaplikasian dan perawatan di rumah. Selain itu, Vinilex Pro 1000 juga dilengkapi dengan teknologi antipudar dan antijamur yang membuatnya tahan lama, menjaga warna dan kualitas cat selama mungkin. 

    4. Avian Brands No Drop

    Avian Brands No Drop adalah pilihan yang menjanjikan dengan harga sekitar Rp54.500 untuk kemasan 1 kg. Keunggulan utamanya termasuk kemampuan antibocor dan ketahanan terhadap rembesan air, membuatnya ideal untuk melindungi dinding dari kerusakan akibat cuaca ekstrem. Selain itu, cat ini memiliki sifat elastis yang membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem, serta mampu menutupi retakan tipis di dinding. Fitur tambahan yang menarik adalah kemampuannya untuk melawan alkali dan efflorescence. Namun, perlu diperhatikan bahwa hasil akhirnya adalah sheen/semi glossy, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua preferensi estetika.

    5. Dulux Catylac Interior

    Dulux Catylac Interior, dengan harga sekitar Rp158.000 untuk kemasan 5 kg, menawarkan beragam keunggulan yang menarik. Formula Chroma Brite yang dimilikinya memastikan warna cat yang cerah dan memukau pada dinding rumah. Selain itu, cat ini juga aman digunakan untuk kesehatan karena tidak mengandung timbal dan merkuri, sehingga cocok digunakan di berbagai ruangan, termasuk kamar anak-anak. Namun, perlu diperhatikan bahwa cat ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan beberapa cat tembok lainnya di pasaran.

    6. Metrolite Acrylic Emulsion Paint

    Pacific Paint Metrolite Acrylic Emulsion Paint hadir dengan berbagai keunggulan yang menarik. Dengan harga sekitar Rp107.250 untuk kemasan 3 L, cat ini memberikan kesan kalem dan sederhana pada ruangan dengan hasil akhir doff yang elegan. Selain itu, daya tutupnya yang sempurna menjadikan cat ini pilihan tepat untuk melapisi dinding, sementara aroma wangi yang dihasilkannya menambah kesan segar di dalam ruangan. Tak hanya itu, cat ini juga aman untuk kesehatan karena memiliki kadar Volatile Organic Compound (VOC) yang rendah serta bebas dari logam, timbal, dan merkuri.

    7. Nucolour Interior

    Puffin Paint Nucolour Interior menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan menarik untuk melapisi dinding dalam ruangan. Dengan harga sekitar Rp63.800 untuk kemasan 5 kg, cat ini tidak hanya memiliki daya tutup yang sempurna, tetapi juga dijamin tidak mengapur. Keunggulan lainnya adalah ramah lingkungan, menjadikannya opsi yang baik bagi mereka yang peduli akan dampak lingkungan. Selain itu, dengan harga yang relatif ekonomis, cat ini juga memberikan nilai tambah dalam hal hemat biaya tanpa mengorbankan kualitasnya.

    8. Decolith

    Decolith menonjol sebagai salah satu pilihan terdepan dalam dunia cat tembok dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Dengan harga terjangkau sekitar Rp39.000 untuk kemasan 1 kg, cat ini menawarkan banyak hal positif. Yang menonjol adalah statusnya sebagai satu-satunya cat tembok berbahan dasar full acrylic di kelasnya, memberikan jaminan kualitas yang superior. Cat ini juga dikenal aman untuk kesehatan karena bebas dari timbal dan merkuri. Dengan hasil akhir matte yang mencerminkan warna cemerlang, Decolith menawarkan daya sebar luas dan ketahanan yang luar biasa, membuatnya menjadi pilihan yang ideal bagi mereka yang menginginkan kualitas tanpa harus menguras kantong.

    9. Jotun Jotashield Colour Extreme

    Jotun Jotashield Colour Extreme menonjol sebagai pilihan premium dalam kategori cat tembok eksterior. Dengan harga sekitar Rp418.000 untuk kemasan 2,5 L, cat ini menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya layak dipertimbangkan. Salah satu keunggulan utamanya adalah ketahanan warnanya yang luar biasa terhadap paparan sinar UV, menjadikannya solusi yang ideal untuk melindungi dinding eksterior dari perubahan cuaca ekstrem. Teknologi biosida yang terintegrasi dalam formula cat ini membantu mencegah pertumbuhan jamur dan lumut, memastikan dinding tetap bersih dan terawat. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa harga Jotun Jotashield Colour Extreme cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan pilihan cat tembok lainnya yang ada di pasaran. Namun, dengan kualitas unggul yang ditawarkannya, harga tersebut mungkin sepadan dengan manfaat dan perlindungan jangka panjang yang diberikan oleh cat ini.

    10. Lenkote Super Silk

    Lenkote Super Silk adalah pilihan yang menonjol untuk kebutuhan pengecatan interior, terutama untuk area seperti dapur. Dengan harga sekitar Rp272.500 untuk kemasan 1 liter, cat ini menawarkan keunggulan yang patut diperhatikan. Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk mudah dibersihkan berkat efek daun talas yang dihasilkannya. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk dapur, di mana noda minyak, berbagai saus, atau coretan krayon seringkali dapat muncul. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa harga Lenkote Super Silk cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa pilihan cat tembok lainnya. Selain itu, hasil akhirnya yang glossy mungkin tidak cocok untuk semua orang.

    cat tembok

    Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Cat

    Sebelum memilih cat tembok, penting untuk memahami jenis-jenis cat tembok yang tersedia dan beberapa faktor penting lainnya, seperti:

    1. Jenis Cat Tembok

    • Cat Tembok Emulsi: Mudah diaplikasikan dan dibersihkan, cocok untuk interior.

    Sub-jenis Cat Tembok Emulsi:

    • Cat Tembok Emulsi Matt: Hasil akhir matte, mudah dibersihkan, cocok untuk ruang tamu, kamar tidur, dan ruang anak-anak.
    • Cat Tembok Emulsi Satin: Hasil akhir satin, sedikit berkilau, mudah dibersihkan, cocok untuk ruang makan, dapur, dan kamar mandi.
    • Cat Tembok Emulsi Gloss: Hasil akhir gloss, sangat berkilau, mudah dibersihkan, tahan air, cocok untuk pintu, jendela, dan lis.
    • Cat Tembok Vinil: Tahan air dan kotoran, cocok untuk ruangan lembab (kamar mandi, dapur).
    • Cat Tembok Akrilik: Daya tutup lebih baik, tahan lama, mudah dibersihkan, tidak mudah pudar, cocok untuk interior dan eksterior.

    Sub-jenis Cat Tembok Akrilik:

    • Cat Tembok Akrilik Eksterior: Diformulasikan khusus untuk eksterior, tahan cuaca, dan sinar UV.
    • Cat Tembok Akrilik Interior: Diformulasikan khusus untuk interior, lebih ramah lingkungan, dan bebas bau.
    • Cat Tembok Duco: Efek kilap tinggi, mewah, cocok untuk aksen pada dinding.

    2. Ruangan yang Akan Dicat

    Sesuaikan jenis cat tembok dengan ruangan yang akan dicat. Contohnya:

    • Ruang tamu dan kamar tidur: Gunakan cat tembok emulsi matt atau satin untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.
    • Ruang makan, dapur, dan kamar mandi: Gunakan cat tembok vinil atau akrilik satin atau gloss untuk memudahkan pembersihan dan tahan air.
    • Eksterior: Gunakan cat tembok akrilik eksterior yang tahan cuaca dan sinar UV.

    warna cat tembok

    3. Warna Cat

    Pilihlah warna cat yang sesuai dengan selera dan tema ruangan. Berikut beberapa tips memilih warna cat:

    • Pertimbangkan pencahayaan: Warna cat akan terlihat berbeda pada pencahayaan alami dan pencahayaan buatan.
    • Pertimbangkan ukuran ruangan: Warna cat terang dapat membuat ruangan terasa lebih luas, sedangkan warna cat gelap dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.
    • Gunakan palet warna: Pilihlah beberapa warna yang saling melengkapi untuk menciptakan suasana yang harmonis.
    • Pertimbangkan furnitur dan dekorasi: Warna cat harus selaras dengan furnitur dan dekorasi di ruangan.

    4. Daya Tutup Cat

    Pilihlah cat tembok dengan daya tutup yang baik agar tidak perlu mengecat dinding beberapa kali. Daya tutup cat diukur dalam meter persegi per liter (m²/L). Semakin tinggi nilai m²/L, semakin baik daya tutup cat.

    cat dinding

    5. Ketahanan Cat

    Pilihlah cat tembok yang tahan lama agar tidak mudah pudar atau terkelupas. Ketahanan cat dapat dipengaruhi oleh jenis cat, kualitas bahan, dan proses aplikasi.

    6. Harga Cat

    Sesuaikan harga cat tembok dengan budget yang tersedia. Harga cat tembok dapat bervariasi tergantung pada jenis cat, merek, dan ukuran kemasan.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait