Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    MobilMengenal Sejarah Starlet, Mobil Hatchback Toyota yang Hits dari Masa ke Masa

    Mengenal Sejarah Starlet, Mobil Hatchback Toyota yang Hits dari Masa ke Masa

    Toyota Starlet ternyata sudah eksis dari era 70an!

    News.OLX – Starlet, mobil hatchback andalan Toyota sejak tahun 1973 ini memang menjadi primadona hingga sekarang. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, tetapi kepopuleran dan karakteristik klasiknya tak lekang oleh waktu.

    Mobil asal Jepang ini memiliki revolusi yang panjang namun memiliki kenangan tersendiri bagi penggemar otomotif yang awalnya dari sedan hingga mengubah bentuk jadi hatchback, siapa sangka bahkan kawula muda sekarang terpikat dengan desain elegannya.

    Tahukah kamu bahwa Toyota Starlet berevolusi dari Toyota Soluna, lalu Toyota Vios hingga akhirnya menjadi Toyota Yaris? Berikut ini adalah sejarahnya yang mendunia dari masa ke masa hingga generasi terbarunya: 

    Sejarah Toyota Starlet

    Toyota Starlet membuka awal sejarahnya di dunia otomotif pada tahun 1973. Toyota meluncurkan mobil bernama Toyota Starlet Publica. Mobil ini diproduksi dari tahun 1973 sampai dengan 1977. 

    Generasi pertama

    Generasi pertama Toyota Starlet hadir dalam bentuk coupe 2 pintu. Mobil ini hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.000cc 2K I4 dan mesin 1.200cc 3K I4. Dan generasi pertama ini merupakan yang paling dicari oleh pecinta mobil klasik.

    Generasi kedua

    Toyota Starlet di generasi kedua sudah tidak menggunakan nama Publica lagi dan bentuk generasi ini sudah diubah dari sedan menjadi hatchback. Untuk generasi kedua Toyota Starlet ini diproduksi dari tahun 1978 hingga 1984.

    Di kelas hatchback, Toyota Starlet memiliki 3 pilihan mesin, yaitu mesin 1.000cc, 1.200cc, dan mesin 1.300cc yang diperkenalkan pada tahun 1983. 

    Generasi ketiga

    Generasi ketiga inilah Toyota Starlet pertama yang masuk ke Indonesia. Mobil berkode EP70 ini mulai dirakit di Indonesia dan diproduksi pada tahun 1985 hingga 1990. Pada awal peluncurannya, mobil ini dibekali dengan mesin 1.000cc dan 1.300cc setahun setelahnya. 

    Generasi keempat

    Toyota Starlet generasi keempat merupakan mobil yang paling populer di Indonesia di tahun 1990an. Mobil ini dikenal dengan nama Starlet Kapsul karena memiliki bentuk yang membulat.

    Pilihan mesin yang dimiliki mobil ini antara lain, 16 valve 4E-F (karburator), 4E-FE (injeksi), dan 4E-FTE (injeksi dengan turbo). Alasan mobil ini populer di kalangan anak muda adalah biaya perawatan yang murah, sparepart yang mudah dicari, dan mudah untuk dimodifikasi.

    starlet (1)

    Kelanjutan Toyota Starlet setelah pensiun

    Toyota Starlet mulai dihentikan produksinya pada tahun 1998. Meskipun pensiun, Toyota Starlet terus berevolusi hingga kini. Diawali dari sedan, sampai dengan bentuk hatchback yang berevolusi menjadi Toyota Soluna, lalu Toyota Vios, hingga akhirnya Toyota Yaris.

    Ketika Toyota Starlet tidak dilanjutkan lagi, masih banyak penggemar yang menjaga baik mobil ini bahkan memodifikasi dia agar tetap bisa dibawa ke jalanan. Bukan rahasia umum, dengan karakteristik nya yang menonjol, Starlet masih jadi primadona di dunia otomotif.

    Ada beberapa alasan mobil lawas seperti Toyota Starlet masih tetap diminati. Selain karena perawatannya yang mudah, hingga sekarang sparepart-nya juga masih mudah dicari hingga pajak tahunannya tergolong terjangkau untuk mobil tua.

    Bagi kamu pecinta otomotif, kamu bisa melirik Toyota Starlet yang sangat syahdu ini sebagai investasi otomotif atau untuk menambah koleksi mobil tua di garasi kamu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait