Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    ReviewSering Dengar Istilah Karoseri? Apa Sih Pengertiannya?

    Sering Dengar Istilah Karoseri? Apa Sih Pengertiannya?

    Karoseri seringkali ditemui dalam industri otomotif. Jangan bingung, ternyata ini yang dimaksud.

    News.OLX – Jika kamu melihat sekitar di jalanan, kemungkinan besar kamu sering menjumpai papan reklame yang mencantumkan kata “karoseri”. Kamu mungkin menyadari bahwa istilah tersebut terkait dengan dunia otomotif. Tetapi, apa kamu sudah tahu arti dari istilah ini?

    Pengertian Karoseri

    Dalam konteks otomotif dan transportasi, istilah “karoseri” kerap didengar. Kata ini mengacu pada aspek eksternal atau struktur luar kendaraan. Komponen-komponen karoseri termasuk bodi, atap, jendela, pintu, dan bagian luar lainnya yang bersama-sama membentuk keseluruhan struktur kendaraan.

    Dalam proses pembuatan kerangka kendaraan, terlibat langkah-langkah desain, konstruksi, dan pemasangan berbagai komponen. Tujuannya yakni untuk membentuk struktur kendaraan yang sesuai dengan keperluan penggunaan, fungsi, dan standar keamanan.

    Di samping itu, bodi kendaraan juga dapat mencakup fitur-fitur tambahan. Misalnya, sistem lighting, kaca spion, dan aksesori lainnya yang berdampak pada estetika dan kinerja keseluruhan kendaraan.

    karoseri (1)

    Asal Mula Istilah Karoseri

    Kata “karoseri” berasal dari bahasa Prancis, yaitu “carrosserie”, yang berasal dari bahasa Latin. Kata ini memiliki hubungan dengan “carrus”, yang berarti “kendaraan” atau “kereta”. Dalam konteks sejarah, carrosserie awalnya merujuk pada atap kereta kuda atau kendaraan bermotor.

    Mula-mula, carrosserie berarti produsen atau perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan bodi kendaraan, terutama pada abad ke-19 ketika kendaraan bermotor pertama kali mengaspal.

    Pada periode tersebut, bodi kendaraan diproduksi secara terpisah dari mesin dan sasisnya. Kemudian, perusahaan carrosserie-lah yang bertanggung jawab atas perancangan dan produksi bodi kendaraan sesuai dengan pesanan individu pelanggan.

    Dengan berkembangnya industri otomotif, peran carrosserie mengalami pergeseran. Di awal era mobil, sebagian besar pabrikan otomotif hanya menyediakan mesin, sasis, dan kendaraan tanpa menyertakan bodi. 

    Jadi, konsumen pada waktu itu biasanya memesan bodi kendaraan dari perusahaan carrosserie secara terpisah.

    Namun, seiring berjalannya waktu, banyak pabrikan otomotif mulai memproduksi kendaraan secara menyeluruh, termasuk exterior kendaraan. Jadi, peran perusahaan carrosserie tradisional semakin mengecil.

    Dalam era modern ini, “carrosserie” dan adaptasinya dalam bahasa-bahasa lain, seperti “karoseri” dalam bahasa Indonesia, umumnya berarti komponen eksternal atau bodi kendaraan.

    Nah, sudah paham kan istilah karoseri ini? Jadi, kamu tak lagi bingung mengenali komponen eksternal atau  struktur luar pada kendaraan.

    Cari kebutuhan otomotif berkualitas dengan harga menarik? Temukan hanya di OLX! Dapatkan akses langsung ke penjual terpercaya, di mana pun lokasimu, dengan download aplikasi OLX dari Google Play Store atau App Store. Ayo, install sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait