Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiSyarat dan Biaya Ganti Plat Nomor Kendaraan

    Syarat dan Biaya Ganti Plat Nomor Kendaraan

    Biaya perpanjang STNK dan ganti plat nomor kerap menjadi momok bagi banyak masyarakat lantaran takut dengan biayanya yang mahal atau prosesnya berbelit-belit.

    News.OLX – Tapi sekarang, pemerintah sudah berbenah lebih baik dalam pengelolaannya. Tidak hanya itu, sekarang biaya pengurusan dokumen juga sudah transparan.

    Jadi, dengan kemudahan yang ada, nggak ada lagi deh alasan untuk menunda perpanjangan STNK. Untuk itu, yuk simak dan catat syarat, biaya, langkah-langkahnya berikut ini.

    Syarat perpanjang STNK dan ganti plat nomor

    Untuk pengurusan ganti plat nomor atau perpanjang STNK 5 tahun, data yang perlu disiapkan adalah STNK asli dengan fotokopinya, BPKB asli dengan fotokopinya, KTP asli, dan fotokopi sesuai nama di STNK.

    Cara melakukan perpanjangan STNK dan ganti plat nomor

    Setelah melengkapi syarat-syarat, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan perpanjangan STNK dan ganti plat nomor.

    1. Mengisi formulir perpanjangan STNK

    Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengisi formulir perpanjangan STNK. Formulir harus diisi dengan lengkap dan disertai dengan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. 

    Jika masih bingung, jangan malu untuk bertanya langsung dan meminta bantuan kepada petugas yang ada di Samsat.

    2. Melakukan cek fisik kendaraan

    Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diarahkan untuk menuju loket pengecekan kendaraan. Di sana, kondisi kendaraan kamu akan dicek oleh petugas. 

    Ingat, saat melakukan pengecekan motor, tidak ada pemungutan biaya yang dilakukan oleh petugas. Untuk itu, kamu harus berhati-hati jika menemukan oknum yang memungut biaya saat melakukan cek fisik kendaraan.

    3. Mendaftar dan verifikasi hasil cek fisik kendaraan

    Setelah melakukan pengecekan kendaraan, kamu bisa kembali memarkirkan kendaraan di area parkir yang tersedia. Kemudian serahkan hasil cek fisik kendaraan dan STNK asli ke bagian legalisir di loket cek fisik. Petugas akan melakukan verifikasi hasil cek fisik tersebut dan tunggu sampai proses selesai.

    4. Mendaftar pembayaran pajak kendaraan

    Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diminta untuk mendaftar pembayaran pajak kendaraan. 

    Siapkan beberapa berkas yang diperlukan dan hasil cek fisik kendaraan, kemudian serahkan semua berkas tersebut, lalu mintalah nomor antrean untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

    5. Melakukan pembayaran pajak

    Setelah semua tahapan di atas telah kamu selesaikan, selanjutnya kamu hanya perlu menunggu nama dipanggil untuk melakukan pembayaran. Biaya ganti plat motor ini disesuaikan dengan jenis dan pajak kendaraan bermotor yang dimiliki. 

    Petugas akan mencetak tagihan pajak yang harus dibayar dan kamu akan menerima dua lembar bukti pembayaran, yaitu lembar berwarna putih dan berwarna biru. 

    Lembar berwarna putih bisa kamu gunakan untuk mengambil plat nomor baru, dan lembar berwarna biru digunakan untuk mengambil STNK baru.

    6. Ambil STNK dan plat nomor baru

    Tahap terakhir adalah mengambil STNK dan plat nomor baru di loket pengambilan STNK. Setelah menerima lembar STNK baru, cek dulu apakah data yang terisi sudah sesuai dengan kendaraanmu, mulai dari nama pemilik, plat nomor, dan jenis kendaraan.

    Di sini kamu akan menerima bukti pembayaran pajak kendaraan terbaru. Sedangkan untuk mengambil plat nomor baru, kamu harus pergi ke loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

    Biaya penggantian plat nomor baru

    Mengganti plat motor bisa kamu lakukan di kantor Samsat sesuai domisili kendaraan. Penggantian plat ini perlu dilakukan setiap 5 tahun sekali agar nomor plat motor tidak dihapus oleh pihak kepolisian.

    Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, berikut biaya yang perlu kamu siapkan untuk ganti plat motor.

    • Biaya Penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) Baru Rp100.000.-
    • Biaya Penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Baru Rp60.000.
    • Membayar SWDKLLJ Rp35.000.
    • Biaya Penerbitan BPKB Baru Rp225.000.
    • Biaya Cek Fisik Kendaraan Rp10.000-Rp20.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp50.000 untuk kendaraan roda 4 atau lebih.
    • Biaya Pembayaran Pajak 5 Tahunan (sesuai dengan jenis kendaraan dan wilayah domisili kendaraan).

    Demikian untuk penjelasan singkat mengenai syarat, langkah-langkah, serta biaya perpanjang STNK dan ganti nomor plat. Semoga informasi ini dapat membantu kamu saat melakukan pengurusan, ya.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait