Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTak Perlu Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

    Tak Perlu Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

    Facebook kena hack? Ini dia solusi memulihkan akun dan mengamankan data pribadi kamu.

    News.OLX – Peretasan akun Facebook bisa terjadi karena berbagai alasan. Biasanya, penyebabnya antara lain karena penipuan atau pelanggaran keamanan dari oknum-oknum nakal. Contohnya, phishing, brute force, malware dan virus.

    Namun, akun juga bisa dihack karena keteledoran pengguna. Misalnya, kalau kamu menggunakan password yang gampang ditebak, kemungkinan besar akunmu rentan terhadap peretasan. 

    Selain itu, kalau kamu tidak mengaktifkan fitur keamanan seperti autentikasi dua faktor (2FA), akun jadi lebih mudah kena hack. Jika sudah kena hack, apa kamu masih bisa masuk ke akun itu lagi?

    4 Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

    Dalam banyak kasus, akun yang diretas bisa dipulihkan. Faktanya, Facebook menyediakan beberapa opsi recovery supaya user bisa mengamankan kembali akun masing-masing. Ini dia cara mengembalikan akun Facebook yang dihack.

    1. Gunakan Opsi “Lupa Kata Sandi”

    Apabila hacker mengakses sebuah akun dan mengubah kata sandinya, pemilik akun yang sah akhirnya tidak bisa masuk ke akun tersebut. Untuk mengatasi ini, gunakan opsi pemulihan menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi”.

    • Pertama, kunjungi Facebook. 
    • Di halaman masuk, klik opsi “Lupa Kata Sandi”. 
    • Kemudian, masukkan alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun. 
    • Selanjutnya, kamu pun akan menerima beberapa opsi untuk memulihkan akses berupa kode lewat email atau nomor telepon yang telah kamu masukkan. Kamu juga bisa menjawab pertanyaan keamanan yang sudah kamu atur sebelumnya.
    • Begitu melewati proses verifikasi, kamu akan mendapatkan opsi untuk mereset kata sandi. Pilih password baru yang kuat dan aman. 
    • Lalu, sebaiknya perbarui informasi keamanan lainnya seperti alamat email cadangan dan nomor telepon.

    2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

    2FA adalah lapisan keamanan ekstra yang bisa kamu aktifkan untuk melindungi akunmu. Pada dasarnya, sistem 2FA meminta user untuk memberikan dua jenis informasi berbeda selain password.

    Dengan cara mengembalikan akun Facebook yang dihack ini, bahkan jika hacker berhasil mendapatkan password-mu, dia masih perlu informasi tambahan untuk mengakses akun.

    Setelah mengaktifkan 2FA, sistem ini akan membantu memastikan bahwa hanya pemilik sah akun yang bisa mengembalikan akses.

    3. Laporkan Akun yang Bermasalah

    Ada halaman bantuan Facebook khusus untuk membantu pengguna yang kehilangan akses ke akun masing-masing atau terkena hacking. Kunjungi https://web.facebook.com/hacked untuk melaporkan soal peretasan itu.

    Namun, mula-mula kamu harus mengonfirmasi identitas melalui email atau nomor telepon yang kamu daftarkan ketika membuat akun. Kemudian, barulah kamu bisa memulihkan akun.

    Facebook (4)

    4. Perbarui Informasi Akun

    Setelah berhasil memulihkan akun, jangan lupa untuk mengganti password yang mungkin sudah hacker ubah. Pilih password yang kuat dan unik untuk menjaga keamanan akun dari serangan lainnya.

    Selain itu, review informasi pribadi pada akun, termasuk alamat email, nomor telepon, dan data-data lainnya. Pastikan semua informasi ini masih akurat dan up to date.

    Di sisi lain, periksa juga aplikasi pihak ketiga yang tersambung ke akun. Hapus dan cabut izin akses bagi aplikasi yang tidak kamu kenal. Terakhir, periksa log aktivitas akun secara berkala agar tidak ada akses mencurigakan.

    Itulah cara mengembalikan akun Facebook yang dihack. Namun, proses pemulihan ini butuh waktu. Jadi, harap bersabar sampai kamu bisa menggunakan akunmu lagi. Jika masih ada kesulitan, hubungi Facebook untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

    Tak sabar punya gadget terbaru? Yuk, temukan di OLX. Download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store sekarang dan nikmati kemudahan belanja online di mana saja dan kapan saja.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait