Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Cegah Jamur di Rumah Menggunakan Kayu Manis

    Tips Cegah Jamur di Rumah Menggunakan Kayu Manis

    Cukup gunakan kayu manis, rumah kamu bebas dari jamur!

    News.OLX – Kayu manis merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan dan kue. Tapi tahukah kamu ternyata kayu manis tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat pada makanan, tetapi juga dapat menjadi sekutu efektif dalam melawan pertumbuhan jamur di rumah.

    Sebagaimana diketahui, jamur dapat merusak perabotan dan menciptakan lingkungan yang tidak sehat. Alhasil jika dibiarkan, maka perabotan rumah dan bangunannya lama-lama bisa hancur tak tersisa.

    Lantas, bagaimana cara menggunakan kayu manis dalam memberantas jamur? Untuk mengetahuinya, dalam artikel ini, kita akan mencari tahu 4 cara cegah jamur di rumah menggunakan kayu manis.

    1. Minyak esensial kayu manis

    Salah satu cara paling efektif untuk menggunakan kayu manis adalah melalui minyak esensialnya. Minyak esensial kayu manis mengandung senyawa seperti cinnamaldehyde yang terbukti sebagai fungisida efektif.

    Michael Golubev, ahli jamur dan CEO Mold Busters, merekomendasikan membuat larutan semprot dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial kayu manis dengan air dalam botol semprot.

    Larutan ini dapat disemprotkan ke area yang rentan terhadap jamur, seperti tirai kamar mandi atau titik-titik berjamur di dapur.

    Golubev bilang, rutin menggunakan minyak esensial kayu manis dalam rutinitas pembersihan dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur. Alhasil jamur dapat dihilangkan dengan rempah-rempah yang banyak tumbuh di Indonesia ini.

    Sementara itu, Jane Wilson, ahli kebersihan di Fantastic Cleaners, menyarankan menggunakan diffuser dengan minyak kayu manis untuk melawan spora jamur yang mungkin tersebar di udara.

    Selain memberikan aroma yang menyenangkan, ini juga dapat membuat rumah lebih aman dari pertumbuhan jamur.

    2. Batang kayu manis

    Metode lain yang dapat dicoba adalah merebus beberapa batang kayu manis dalam air untuk membuat larutan kayu manis yang kuat. Setelah beberapa menit mendidih, larutan dapat didinginkan dan dipindahkan ke botol semprot.

    Semakin lama proses perebusan, semakin kuat campuran tersebut. Larutan ini kemudian dapat disemprotkan ke permukaan yang berjamur dan dibiarkan beberapa saat sebelum dibersihkan. Ini dapat menjadi cara efektif untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada area yang lebih luas.

    kayu manis (1)

    3. Bubuk kayu manis

    Bubuk kayu manis juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Hal ini diungkapkan oleh Muffetta Krueger, ahli kebersihan di Muffetta Private Staff. Dia merekomendasikan membuat pasta dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan air.

    Pasta ini dapat dioleskan ke area yang rentan terhadap jamur untuk cakupan yang menyeluruh. Setelah pasta mengering, permukaan yang terkena jamur dapat digosok dengan sikat atau spons.

    Penting untuk membersihkan pasta dengan lembut, terutama pada area sensitif seperti dinding, menggunakan kain microfiber dan sedikit air sabun hangat.

    4. Meletakkan sachet kayu manis

    Metode lain yang sederhana namun efektif adalah dengan meletakkan sachet kayu manis di area yang rentan terhadap pertumbuhan jamur, seperti sudut-sudut lembab dan lemari.

    Sachet kayu manis akan melepaskan aroma alami yang dapat membantu mencegah jamur dan lumut. Pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang dapat menyebabkan noda.

    Penting untuk diingat bahwa kayu manis mungkin tidak efektif terhadap semua jenis jamur, dan keefektifannya bersifat sementara.

    Meskipun dapat menghambat pertumbuhan permukaan, kayu manis tidak dapat mengatasi masalah kelembaban yang mendasarinya yang menjadi pemicu pertumbuhan jamur.

    Oleh karena itu, sementara kayu manis dapat menjadi solusi alami yang baik untuk pencegahan dan penanganan jamur pada area kecil, penting untuk tetap memantau efektivitasnya dan mencari solusi tambahan jika diperlukan.

    Selain itu, berhati-hatilah terhadap iritasi kulit atau masalah pernapasan, dan gunakan sarung tangan serta masker saat berurusan dengan jamur. Dengan mengadopsi praktik ini, kita dapat menciptakan lingkungan rumah yang lebih sehat secara alami.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait