Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Memilih Warna Cat Tembok Ruang Makan yang Tepat

    Tips Memilih Warna Cat Tembok Ruang Makan yang Tepat

    Hasilkan dekorasi interior harmonis, begini tips dan cara memilih warna cat tembok untuk ruang makan & rumah.

    News.OLX – Warna cat tembok ruang makan memberikan pengaruh besar dalam menghadirkan suasana yang nyaman dan harmonis. Selain mewakili preferensi pribadi, pemilihan warna bisa memengaruhi perasaan penghuni rumah. Maka tak heran jika seseorang membutuhkan pemikiran matang untuk memilih warna cat dinding yang ideal.

    Buat kamu yang sedang bingung dengan warna apa yang cocok untuk ruang makanmu, sejumlah tips berikut bisa membantumu mempermudah pemilihan warna yang sempurna untuk dinding ruang makan.

    1. Pikirkan Tentang Suasana yang Ingin Kamu Ciptakan

    Pikirkan suasana atau mood yang ingin kamu ciptakan di ruang makan sebelum memutuskan.

    Ingin suasana yang ceria dengan konsep cerah atau suasana hangat juga nyaman? Semua bisa kamu dapatkan dari kombinasi warna cat tembok ruang makan dan perabotan.

    Contoh warna soft seperti hijau muda, biru muda mampu menampilkan kesan hangat dan nyaman. Sementara warna mencolok lebih mengesankan keceriaan dan fresh, seperti warna oranye.

    2. Pertimbangkan Ukuran Ruangan

    Pengaplikasian warna gelap bisa membuat ruang makan berukuran kecil terlihat lebih sempit. Sebaliknya, warna terang akan menampilkan kesan lebih lapang.

    3. Sesuaikan Dekorasi dan Perabotan yang Ada

    Perhatikan perabotan dan aksen ruang makan yang sudah ada. Pilih warna cat yang menyelaraskan dan melengkapi keseluruhan desain ruangan.

    Agar tidak membuat kesan ruangan menjadi terlalu ramai, ada baiknya kamu mengecat tembok dengan warna netral atau lebih kalem jika furnitur dominan warna berani atau mencolok. 

    Untuk menambahkan semburat warna yang menarik, pilihlah warna cat tembok ruang makan yang lebih berani jika furnitur umumnya bernuansa netral.

    Di sisi lain, konfigurasi warna dinding dan perabot ini bisa menciptakan kontras yang seimbang. Alhasil, ruangan memiliki look sempurna.

    4. Pertimbangkan Pencahayaan

    Kamu bisa mengecat tembok ruang makan dengan warna satu tingkat lebih gelap jika memiliki penerangan alami. Sebaliknya, pilih warna cat yang soft dan lebih terang jika ruang makan minim pencahayaan dan harus mendapat bantuan lampu dalam.

    5. Pertimbangkan Gaya Dekorasi

    Dekorasi atau desain interior ruang makan juga bisa memengaruhi pemilihan warna cat tembok yang ideal. Kamu bisa mengaplikasikan warna netral jika menyukai gaya dekorasi modern. Sedangkan pilihan terbaik untuk gaya dekorasi tradisional adalah warna cat yang soft atau hangat.

    6. Pertimbangkan Selera

    Faktor terpenting lain sewaktu mengambil warna cat tembok adalah preferensi pribadi terhadap warnanya. 

    Saat kamu berada di ruang makan, warna yang kamu terapkan dan pastinya kamu sukai akan menimbulkan rasa puas yang tanpa sadar berkaitan dengan rasa nyaman selama beraktivitas di ruang makan. 

    Intinya, warna yang kamu sukai bisa membuatmu betah berlama-lama di suatu ruang.

    cat tembok

    7. Pertimbangkan Warna Komplementer

    Pertimbangkan untuk memanfaatkan roda warna sebagai referensi jika kamu mengalami masalah dalam menetapkan warna cat tembok yang sesuai. 

    Mungkin, kamu bisa memilih warna komplementer. Ini adalah warna yang saling melengkapi dan terletak berseberangan pada roda warna.

    8. Uji Sampel Warna

    Sebelum benar-benar mengecat seluruh dinding, ada baiknya uji dulu beberapa bagian dinding dengan warna yang sudah kamu pilih. Kemudian, cermati bagaimana warna tersebut membiaskan cahaya pada waktu berbeda dalam sehari.

    Ini akan memberi gambaran yang lebih baik terkait apakah warna tersebut memenuhi harapan pribadimu dan bagaimana tampilannya di ruang makan milikmu.

    9. Konsultasi ke Ahli Desain Interior

    Segera temui desainer interior jika kamu masih kesulitan menentukan warna untuk ruang makanmu. Mereka bisa memberikan sejumlah rekomendasi terperinci berdasarkan kebutuhan dan selera, membantumu merancang ruang makan yang mencerminkan individualitas dan preferensi gayamu.

    Ruang makan mampu mengeluarkan atmosfer nyaman dan menyenangkan hanya dengan pemgaplikasian cat tembok berwarna ideal. Untuk mendapatkan warna yang sempurna, pertimbangkan ukuran ruangan, penerangan, gaya dekorasi, dan selera pribadi.

    Jika sudah menentukan warna yang tepat, saatnya beli di OLX. Lebih praktis, download aplikasi OLX dari Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait