Jumat, Juli 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips yang Benar Facial Wash untuk Kulit Kering

    Tips yang Benar Facial Wash untuk Kulit Kering

    Yuk, ikuti tips sederhana facial wash untuk kulit kering yang satu ini agar kulitmu tetap terhidrasi dan sehat!

    Kalau kamu bercita-cita punya kulit bagus, hal paling dasar yang perlu kamu kuasai yaitu cara cuci muka yang benar. Tanpa dasar yang benar, percuma pakai bertumpuk-tumpuk skincare mahal buat kulit kering. Butuh kelembaban ekstra? Cek tips facial wash untuk kulit kering berikut ini.

    1. Cuci Tangan sebelum Memulai

    Mencuci wajah dengan tangan kotor sama saja dengan membersihkan meja memakai lap kotor. Nggak ada gunanya, kan? Sebab, di tangan kita ada banyak bakteri yang kasat mata. Jadi, cuci tangan sebelum ritual facial wash untuk kulit kering itu wajib.

    Sebelum cuci muka, pastikan tangan sudah dicuci bersih dengan sabun. Intinya, pastikan sela-sela jari dan punggung tangan kamu bersihkan dengan baik. Kemudian, jangan lupa gosok area sekitar kuku juga, karena di sana banyak bakteri yang sembunyi. Bagian ini amat penting, jadi jangan sampai terlewatkan.

    2. Gunakan Cleansing Oil

    Dalam beberapa tahun terakhir,  metode double cleansing naik daun karena punya efek membersihkan total. Meski begitu, kamu wajib memilih produk yang tepat. Buat kamu yang punya kulit kering, sebaiknya pakai cleansing oil.

    Tentu, hasilnya bisa berbeda tergantung karakteristik dan bahan produk. Kalau mau kulit tetap lembab dan bersih, cleansing oil lebih dianjurkan untuk kulit kering. Meski begitu, reaksi kulit setiap orang bisa bervariasi. Jadi, kamu perlu coba-coba untuk menemukan cleansing oil yang pas buat kamu.

    Seusai namanya, cleansing oil berbahan dasar minyak. Jadi, produk ini sebetulnya ‘benci’ air. Uniknya, cleansing oil yang dijual di pasaran bisa emulsify alias bercampur dengan air. Dengan begitu, wajah bisa bersih maksimal.

    Nah, salah satu kesalahan fatal facial wash untuk kulit kering saat menggunakan cleansing oil adalah memakai terlalu sedikit. Padahal, kamu perlu memompa setidaknya 5-6 kali dan mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

    Kemudian, pijat lembut wajah selama lebih dari satu menit. Fokuskan sentuhan jari di area utama, yaitu T-zone dan sekitar mata.

    3. Pilih Facial Wash untuk Kulit Kering

    Tips Facial Wash Kulit Kering

    Bila kamu sedang nggak pakai makeup atau sudah selesai dengan step di atas, lanjutkan mencuci wajah dengan facial wash yang PH-nya agak asam, sekitar 5,5. Facial wash yang agak asam ini dipilih untuk menjaga barrier dan kesehatan kulit.

    Biasanya, sabun cuci muka yang agak asam dianggap kurang ampuh membersihkan kulit. Tapi, sebenarnya itu tergantung situasinya. Yang penting, jangan terlalu kasar saat cuci muka, apalagi untuk kulit kering dengan barrier tipis.

    Satu hal lagi yang nggak boleh kamu lupakan adalah untuk membersihkan wajah menggunakan busa. Sekalipun kamu punya facial wash yang super kental, tapi kalau nggak menghasilkan cukup busa, hasilnya nggak akan maksimal. Jadi, penting untuk bikin busa berlimpah.

    4. Kunci Kelembaban dengan Skincare

    Ini dia tips terakhir facial wash untuk kulit kering yang nggak kalah penting. Setelah cuci muka, tepuk-tepuk wajah dengan handuk untuk menghilangkan kelembaban berlebih. Kemudian, segera move on ke tahap berikutnya dalam waktu kurang dari satu menit. Gerak cepat penting untuk mencegah kulit kehilangan kelembaban.

    Faktanya, setelah 3 menit berlalu, kulit bisa kehilangan sampai 70% dari kelembabannya. Makanya, segera hidrasi kulit menggunakan oil based cream.

    Itu dia empat tips facial wash untuk kulit kering yang wajib kamu amalkan sekarang juga. Jadi, nggak perlu lagi deh buang-buang uang dan waktu pergi ke dokter cuma demi melembabkan kulit!

    Supaya hasilnya makin optimal, lengkapi dengan skincare untuk kulit kering yang bisa kamu beli di OLX. Ini nih pusatnya skincare terbaik untuk berbagai jenis kulit. Mau merk lokal sampai internasional, semuanya ada di OLX. Download aplikasi  OLX di Google Play Store atau App Store dan nikmati mudahnya belanja skincare langsung di HP!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait