Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikUsia Pakai Kabel Kelistrikan Motor Cuma 7 Tahun?

    Usia Pakai Kabel Kelistrikan Motor Cuma 7 Tahun?

    Lampu redup bisa menjadi indikator kabel kelistrikan motor bermasalah.

    News.OLX – Kabel kelistrikan pada motor adalah urat yang menghubungkan semua komponen motor. Ketika kita membicarakan kelistrikan pada motor, kabel menjadi pondasi utama yang mendukung berbagai fungsi vital.

    Sistem kelistrikan motor tidak hanya menghidupkan lampu, tetapi juga memiliki peran kunci dalam pengapian mesin, pengisian aki, hingga menyalakan klakson. Untuk itu, kabel kelistrikan tersebut perlu dijaga agar bisa terus bekerja optimal.

    Batas usia kabel

    Meski sudah dijaga dengan baik, namun terkadang kabel kelistrikan motor bisa rusak juga. Secara umum, ini terjadi karena usia kabel yang sudah mulai berumur.

    Menurut beberapa sumber, kabel kelistrikan pada motor memiliki masa pakai sekitar 7 tahun. Namun, perlu dicatat bahwa angka ini tidak bersifat absolut, karena kualitas dan pemakaian juga memainkan peran penting. 

    Untuk alasan ini, kamu harus mengetahui perkiraan kapan kabel tersebut mesti diganti. Mengabaikan kondisi kabel bisa menjadi bumerang, mengakibatkan motor mogok tanpa alasan yang jelas.

    Lantas yang jadi pertanyaan, apa ciri-ciri kabel kelistrikan motor mulai rusak karena sudah berumur? Berikut penjelasannya.

    Langkah sederhana pemeriksaan kabel

    Pertama-tama, lakukan pemeriksaan sederhana dengan mengupas satu kabel. Jika serabut kabel masih utuh dan tidak gosong, itu adalah tanda baik. 

    Namun, serabut yang hangus atau getas mengindikasikan bahwa kabel tersebut tidak dapat mengalirkan arus secara maksimal. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari lampu redup hingga pengisian aki yang tidak optimal.

    kabel motor 2

    Perhatikan soket kabel bodi

    Selain kabel, soket-soket kabel bodi juga memerlukan perhatian ekstra, terutama jika motormu sudah berusia di atas 5 tahun. Soket yang kendur dapat menyebabkan hubungan arus pendek atau bahkan merusak soket jika dibiarkan terlalu lama.

    Goyangkan kabel-kabel tersebut dan perhatikan ikatan konektor. Jika soket terasa kendur, rapatkan dengan menggunakan obeng kecil untuk memastikan jepitan yang erat.

    Perawatan rutin untuk kelancaran perjalanan

    Meskipun terdengar sepele, perawatan sistem kelistrikan pada motor dapat mencegah kerusakan yang lebih serius di masa mendatang. Kabel kelistrikan yang baik adalah kunci untuk menjaga performa motor tetap prima. Jangan biarkan masalah kecil berkembang menjadi masalah besar hanya karena kamu tidak memeriksa kabel secara rutin.

    Investasi kecil untuk pencegahan

    Memeriksa kabel kelistrikan motor mungkin kebanyakan menjadi prioritas terakhir. Karena kabel yang sudah bertahun-tahun pemakaian tidak dirasakan langsung oleh penurunan performa motor. Tapi jika sekali kabel rusak, sistem kelistrikan tentu akan padam.

    Maka jangan biarkan usia pakai kabel yang hanya 7 tahun menjadi masalah bagi kinerja motor kesayanganmu. Pemeriksaan berkala adalah investasi kecil untuk menjaga kelancaran perjalananmu dan mencegah kerugian yang lebih besar di kemudian hari.

    Jadi, jangan abaikan kabel-kabel motormu, karena merawatnya adalah kunci agar motor tetap berjalan dengan baik. Cari motor bekas berkualitas hanya di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait