Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiWhatsApp Punya Tampilan Baru, Menu Chat Pindah ke Bawah

    WhatsApp Punya Tampilan Baru, Menu Chat Pindah ke Bawah

    Tampilan WhatsApp tiba-tiba berubah! Sekarang tata letak layout menu chat pindah ke bawah.

    News.OLX – WhatsApp baru saja meluncurkan pembaruan besar yang mengubah tata letak aplikasi Android secara signifikan. Perubahan paling mencolok dari update ini adalah tata letak bar menu utama yang bergeser ke bagian bawah layar.

    Sebelumnya, menu utama berlokasi di sisi atas layar, persis di bawah WhatsApp. Menu ini berisi Chat, Status, Calls, dan Settings.

    Namun, dengan update terbaru, menu utama room chat dipindahkan ke bagian bawah layar bersama menu lain. Jadi, menu-menu yang semula ada di atas pindah ke bawah dengan penambahan fitur Komunitas. Jadi, layout menu utama ini Chat, Pembaruan, Panggilan, dan Komunitas.

    Sedangkan di bagian atas, terisi fitur Kamera, Pencarian, dan Setting. Namun, ke depannya akan ada penambahan tab baru di sisi ini.

    Tampilan terbarunya ini menyerupai dengan antarmuka aplikasi WhatsApp yang terpasang di iPhone atau yang berbasis iOS.

    WhatsApp (5)
    Sumber foto: Kompas.com

    Alasan Tampilan WhatsApp Berubah

    Awalnya, perubahan ini mungkin terasa aneh, tetapi ada alasan khusus mengapa WhatsApp melakukan perubahan ini, yaitu penyamarataan user experience pengguna smartphone.

    Merujuk WABetaInfo, perubahan layout menu utama WA ini bertujuan agar pengguna mendapat pengalaman yang sama dalam pemakaian aplikasi WhatsApp, baik perangkat iPhone maupun Android.

    Jadi, pengguna yang ingin berganti perangkat tidak perlu kaget lagi dengan perbedaan antarmuka aplikasi. Baik dari Android ke iPhone maupun sebaliknya: iPhone ke Android.

    Tab Khusus Baru dari WhatsApp

    Selain itu, tampaknya perusahaan juga tengah merombak bar menunya menjadi lebih menarik lagi. Jadi, meski bar menu utama bergeser, ada tab baru yang menggantikan. Tab baru tersebut adalah fitur yang memudahkan akses pengguna dalam memfilter pesan instan yang masuk. Di fitur ini tersedia pilihan “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”.

    Pada menu “All”, kamu akan mendapati semua pesan yang ada dalam perangkat. Baik yang sudah kamu baca maupun yang belum kamu baca.

    Sedangkan pada menu “Unread”, khusus untuk pesan-pesan yang belum terbaca. Terakhir, grup untuk penyortiran chat room pribadi dan grup.

    Dengan adanya tab khusus ini, pengaksesan pesan-pesan masuk menjadi lebih mudah dan cepat.

    Meski memudahkan akses, nyatanya tab baru ini belum merata pengguna WA dapatkan. Bagi yang belum memperoleh tampilan terbaru ini, kamu bisa bersabar dulu hingga pembaruan selanjutnya. Karena update WhatsApp terlaksana secara bertahap.

    Ingin mendapatkan berita gadget dan teknologi pilihan? Cek OLX atau download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau Apps Store untuk akses yang lebih mudah dan praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait