Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Aceh D.I. - Pajero

17 iklan masuk Aceh D.I.

Tipe Tampilan

Hal yang Harus Diperiksa saat Berburu Mobil Bekas Aceh

Aceh menawarkan tantangan berkendara tersendiri. Kontur jalan berbukit-bukit, kesibukan area kota, ditambah banyaknya jalan pedesaan mengharuskan Anda memilih tunggangan mumpuni. Tempat wisata macam Bukit Lamreh, Gunung Gerute, serta Bukit Suharto pun menuntut pengendara menyiapkan kendaraan tangguh.

Pusat jual beli mobil bekas Aceh macam OLX menawarkan harga murah plus variasi mobkas bermutu. Akan tetapi, belanja barang secondhand membuat calon pembeli wajib berhati-hati. Ikuti panduan ini sebelum memilih tunggangan.

  • Strategi Mencari Mobkas secara Online

Berburu mobkas secara online mengharuskan calon pelanggan waspada sejak memilih penjual. Perhatikan hal-hal ini pada tahap “penelitian” awal:

  • Cek Foto

Perhatikan detail foto mobkas di situs jual beli mobil bekas Aceh. Pastikan bagian depan, samping, belakang, dan interior terlihat jelas. Catat setiap detail seperti goresan, logo otomobil, stiker, bekas modifikasi/penggantian, warna, dan sebagainya. Jangan ragu minta detail ketika belum puas.

  • Teliti Detail Mobil

Catat tipe plus tahun pembuatan mobkas. Teliti informasi tambahan macam berapa lama digunakan. 

  • Cek Profil Penjual

Untuk jaga-jaga, cek profil penjual dengan melihat nomor telepon, alamat email, serta lokasi. Teliti reputasinya di marketplace. Hubungi mereka jika menemukan mobil yang diinginkan sebelum mendatangi tempat mobil dijual Aceh sesuai kesepakatan.

  • Pertimbangkan Kegiatan Harian

Otomobil yang dipilih harus mendukung kegiatan harian. Contoh, Grand Max popruler bagi pemilik bisnis, sedangkan Honda Jazz popruler sebagai tunggangan keluarga/karyawan. Pembeli berbujet rendah bisa beli oto klasik macam Holden Premier atau Baleno keluaran 1990-an.

  • Hindari Godaan Harga Murah

Pelajari harga pasaran mobil baru dan second sebelum memilih model yang diinginkan. Hindari tergiur kisaran rendah tak wajar. Banderol kelewat murah mungkin disebabkan kerusakan parah atau yang tidak diketahui.

Agar terhindar dari jebakan mobil jelek, pilih tiga hingga empat alternatif. Bandingkan harga-harganya sebelum memutuskan membeli.

  • Tips ketika Bertemu Penjual

Sudah menentukan pilihan? Saatnya mengunjungi tempat jual mobil Aceh. Bahkan ketika akhirnya melihat barangnya, ada hal-hal yang harus diperiksa, misalnya sebagai berikut.

  • Cocokkan Kondisi dan Barang Aslinya

Cocokkan rincian informasi mobil dengan barang aslinya. Perhatikan detail seperti goresan, warna cat, kelengkapan fitur, plus keaslian suku cadang dan komponen.

  • Cek Riwayat Perbaikan

Mintalah riwayat perbaikan pada penjual (tegaskan sejak sebelum pertemuan). Mobil bagus biasanya rajin diservis. Anda juga bisa tahu jika mobil pernah mengalami hal-hal macam kebanjiran atau tabrakan.

  • Cek Mesin

Nyalakan mobil dan perhatikan kondisi mesin. Apakah suaranya gaduh atau wajar? Apa ada kesulitan saat menyalakan mobil? Berapa lama hingga mesin nyala? Mintalah untuk melakukan test drive sebentar agar bisa mendeteksi masalah mesin secara lebih jelas.

  • Pastikan Kondisi Interior dan Eksterior

Periksa semua bagian interior dan exterior. Nyalakan semua lampu (termasuk lampu belok), AC, pemutar musik, GPS, plus komponen lain untuk pengujian. Pastikan jok dan karpet mobil bersih, tidak bau, serta dalam kondisi baik. Periksa kaca, jangan sampai terlihat retakan atau serpihan/batu menancap. Kaca retak bakal menjelma jadi biaya perbaikan mahal.

  • Periksa Dokumen

Jangan tergoda penawaran mobil bekas murah Aceh jika dokumen tidak lengkap. STNK, Faktur, dan BPKB wajib ada. Informasi seperti nomor plat, mesin, dan rangka mobil mesti sesuai dengan informasi di dokumen. Nama yang tercantum wajib sama dengan identitas penjual. Pastikan ada Form A jika mobilnya hasil built-up.

  • Periksa Suspensi 

Berjalanlah keliling mobil dan lihat apakah posisinya sejajar tanah atau tidak. Jika mungkin, guncangkan sudut-sudutnya. Sekali goyangan mantap berarti suspensi bagus. 

  • Cek Ban Plus Odometer

Cocokkan bacaan odometer dengan kondisi ban. Odometer berbacaan jauh (misalnya di atas 30.000 km) wajar ganti ban baru beberapa kali. Jika odometer (misalnya lebih rendah dari 3.000 km) tapi sudah ganti ban, mungkin orangnya sengaja menurunkan angkanya. Waspadalah!

  • Bawa Teman Pakar

Tidak paham soal mobil? Bawa teman atau keluarga pakar otomotif. Mereka bisa membantu proses pemeriksaan dan memberi jawaban jujur. Lupakan pemborosan hanya karena tidak mengerti soal mobil saat hendak membeli. Anda juga bisa menggunakan layanan ahli seperti OLX Inspeksi Mobil untuk memeriksa mobil bekas Aceh sebelum dibeli.

Berburu mobil bekas Aceh secara online perlu ketelitian ditambah kewaspadaan. Manfaatkan tips di atas demi mendapatkan mobkas impian tanpa tertipu.

Lihat lainnya