Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Banjarmasin Timur

1.477 iklan masuk Banjarmasin Timur

Tipe Tampilan

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjarmasin Timur Berkualitas

Tak mengherankan jika Kecamatan Banjarmasin Timur dijuluki kecamatan tersibuk di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Mengapa? Karena wilayah yang juga dikenal dengan sebutan Banjar Timur ini berperan sebagai pusat pemukiman, aktivitas perdagangan, serta kawasan wisata bagi masyarakat setempat.

Dari pagi hingga malam hari, masih banyak orang terlihat lalu-lalang tiada henti. Entah untuk bekerja ataupun sekadar menikmati keindahan daerah Banjar Timur. Sayangnya, tingginya mobilitas harian penduduk kecamatan ini belum didukung oleh transportasi umum yang memadai.  

Belum lagi, penduduk masih harus berhadapan dengan berbagai hal kurang menyenangkan selama berada di transportasi umum, seperti copet, antrean panjang, serta udara panas. 

Latar belakang seperti inilah yang menjadi alasan kuat warga Banjarmasin Timur untuk beralih ke moda transportasi pribadi. Kemudahan transaksi jual beli mobil bekas Banjarmasin Timur menjadi salah satu kunci utama dalam memenuhi semua kebutuhan kendaraan roda empat warga.

Hanya saja, setiap warga wajib mempelajari seluk beluk otomotif terlebih dahulu supaya tidak tertipu agen jual mobil Banjarmasin Timur nakal. Salah satunya adalah mengenali ciri-ciri mobil bekas (mobkas) berkualitas. Berikut penjelasan singkatnya!

  • Mesin Oke

Pertama dan utama adalah mesin. Memastikan bahwa mesin dalam kondisi prima adalah kewajiban setiap calon konsumen mobil bekas Banjarmasin Timur. Pengecekan wajib meliputi hal-hal berikut, antara lain: 

  • Kebersihan bagian luar mesin. Pastikan tidak ada kebocoran oli di sela-sela radiator atau di sekitar mesin transmisi;
  • Halus tidaknya suara dari mesin. Semakin halus bunyinya, maka semakin baik mobkas tersebut;
  • Mudah tidaknya kendaraan dihidupkan. Jika mobil hidup dengan sekali starter, itu pertanda keadaan mobkas masih prima. Ingat perhatikan secara saksama;
  • Tidak ada lampu indikator kerusakan yang menyala. Tanda ini dapat dilihat dari bagian dashboard; dan
  • Warna gas buang dari knalpot. Jika gas buang dari knalpot terlihat jelas berwarna hitam ataupun putih, itu menjadi indikasi mobkas dalam keadaan tak baik.

Agar lebih pasti, bawalah otomotif bekas incaran berkeliling selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Rasakan sensasi selama mengendarainya. Apakah berjalan mulus atau tersendat-sendat? 

  • Bodi Mulus  

Setelah beres dengan komponen pertama sebelumnya, saatnya mengecek kondisi eksterior atau bodi mobil dijual Banjarmasin Timur. Pastikan unit oto tidak mempunyai karat, penyok, goresan, atau bahkan bagian yang keropos pada eksteriornya.

Selain itu, konsumen juga wajib memastikan tampilan cat bodi. Cari tahu apakah cat terlihat belang, kasar, ataupun kusam. Jangan lupa pula untuk mengecek keadaan lampu depan serta belakang.

  • Interior Apik

Tanda-tanda oto berkualitas selanjutnya adalah memiliki interior bersih dan terawat. Jika pernah mengecek beberapa iklan jual mobil bekas Banjarmasin Timur di laman online OLX, Anda pasti sering melihat iklan dengan sejumlah foto interior mobilnya. 

Hal ini bertujuan agar pembeli bisa tertarik setelah melihat bahwa kondisi interior masih terjaga secara baik. Nah, apa saja sebenarnya bagian interior yang wajib dicek? Cermati dashboard, karpet, langit-langit, kursi, sabuk pengaman, sistem audio/video, serta panel AC.

  • Ban dan Pelek Aman

Salah satu komponen pendukung terpenting agar keselamatan berkendara tetap terjaga adalah kondisi ban dan pelek. Sebab itu, saat akan membeli mobil bekas murah Banjarmasin Timur, konsumen wajib memperhatikan kondisi kedua komponen ini tidak dalam keadaan retak, tipis, bengkok, ataupun benjol. 

Kalaupun Anda masih ingin tetap membeli mobil bekas tersebut, mintalah diler jual mobil Banjarmasin Timur untuk menggantinya terlebih dahulu.

  • AC Dingin

Mobil bekas Banjarmasin Timur berkualitas dapat dilihat melalui dingin tidaknya sistem pendingin kabin kendaraan. Dengan kata lain, AC dingin serta bekerja secara baik mencerminkan keadaan kondisi sebuah mobkas. Oleh karenanya, menghidupkan mobil dan AC pada saat inspeksi kendaraan bekas merupakan hal wajib.

Cek apakah pendingin mengeluarkan udara dingin memadai, atau adakah bunyi mendesis saat AC dalam keadaan hidup.

Itulah ciri-ciri otomotif bekas berkualitas. Sudah paham? Jika iya, itu berarti Anda sudah siap bertransaksi jual beli mobil bekas Banjarmasin Timur. Namun, jika masih merasa kurang mampu, ada baiknya meminta bantuan dari ahli otomotif. Sekarang ini, sudah banyak pelayanan jasa pihak ketiga guna membantu pemeriksaan mobil bekas berkualitas, seperti OLX Inspeksi Mobil.

Lihat lainnya