Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Dramaga

Filter
status inspeksi
Pilih dari pilihan di bawah
Tipe bahan bakar
Tipe Penjual
Pilih dari pilihan di bawah
Individu
19,700+ Item
Diler
21,300+ Item

49.886 iklan masuk Dramaga

Sortir Menurut : Tanggal Diterbitkan

5 Rekomendasi Mobil Bekas di Dramaga Bogor yang Perawatannya Mudah

Kecamatan Dramaga merupakan salah satu wilayah dengan tingkat kemajuan cukup pesat di Bogor. Apalagi, di sini merupakan lokasi berdirinya salah satu universitas negeri ternama di Indonesia, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB). Oleh karena itu, mobilitas warga Dramaga juga cukup tinggi dan permintaan kendaraan roda empat nyaman juga sangat besar. 

Kebutuhan terhadap unit roda empat nyaman di Dramaga sangat tinggi. Kabar baiknya, besarnya permintaan tersebut juga dibarengi tingginya penawaran mobil dijual Dramaga dengan harga murah. Apalagi, ada solusi tempat jual mobil bekas Dramaga yang menyediakan alat transportasi dalam berbagai bentuk berbanderol murah dan disertai kualitas bagus. 

Solusi atas kebutuhan mobil bekas murah Dramaga berkualitas tinggi tersebut bisa ditemukan melalui layanan OLX. Di sini, Anda dapat menemukan mobkas dalam berbagai tipe, tahun produksi, dan merek. Selanjutnya, biar kepemilikan kendaraan tak membebani keuangan, pastikan memilih jenis mobkas low maintenance. 

Jenis-Jenis Biaya Perawatan Mobil

Dalam penggunaannya, pemilik angkutan roda empat bakal secara rutin mengeluarkan biaya untuk 7 jenis pengeluaran, yaitu: 

  • Rem 

Perawatan rem kendaraan menjadi faktor krusial. Pemilik mobkas perlu memastikan bahwa rem tetap pakem. Kelalaian dalam melakukan penggantian rem secara berkala, bisa berakibat fatal bagi keselamatan pengendara dan para penumpang. 

  • Fan belt 

Sabuk kipas atau fan belt pada otomotif juga perlu menjadi perhatian serius. Pengecekan kondisi fan belt biasanya dilakukan setiap jarak 10.000 km. Cara perawatannya mudah, cukup membersihkannya dari debu, bisa dilakukan sendiri atau membawa mobil ke bengkel. 

  • Penggantian oli

Saat menggunakan mobil bekas Dramaga, pemilik kendaraan juga perlu mencermati waktu penggantian oli mesin. Penggantian oli mesin mobkas perlu dilakukan setidaknya pada rentang jarak tempuh antara 5.000 km sampai 10.000 km. Selain oli mesin, ada pula penggantian oli gardan dan oli transmisi yang tak kalah penting. 

  • Busi

Biaya perawatan mobil bekas Dramaga selanjutnya adalah terkait penggantian busi. Idealnya, penggunaan busi unit roda empat adalah sekitar 60 km sampai 80 km. 

  • Servis transmisi 

Selanjutnya, ada pula biaya perawatan servis transmisi. Perawatan rutin komponen transmisi unit bermotor sangat penting, dilakukan dengan mengganti oli gardan dan oli transmisi secara rutin ketika jarak tempuhnya sudah mencapai 40 km. 

  • Cairan pendingin

Mengganti cairan pendingin pada tunggangan bermotor juga tak kalah penting. Waktu penggantian coolant otomotif dapat dilakukan setiap jarak tempuh 20.000 km. 

  • Ban / roda

Terakhir, biaya perawatan rutin mobil bekas Dramaga adalah terkait penggantian ban. Umumnya, ban perlu diganti setiap jarak tempuh 40.000 km atau telah berumur 3 tahun. 

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Perawatan Kendaraan

Sebagai upaya penghematan biaya perawatan otomotif, ada 3 tips yang bisa Anda lakukan, yaitu: 

  • Desain mobkas

Desain sebuah unit roda empat memiliki pengaruh krusial dalam meningkatkan biaya perawatan. Hal ini mempunyai keterkaitan erat dengan tingkat kemudahan teknisi dalam melakukan perbaikan. Semakin sulit tingkat perawatan, semakin tinggi biayanya. 

  • Tingkat kecanggihan teknologi pada kendaraan

Selanjutnya, pertimbangkan pula jenis teknologi pada produk otomotif. Semakin canggih teknologinya, semakin mahal biaya perawatannya. Contoh sederhana bisa ditemukan pada transmisi mobkas. Mobkas bertransmisi manual, memiliki biaya perawatan relatif lebih murah dibanding mobkas bertransmisi otomatis. 

  • Kemudahan akses memperoleh suku cadang

Terakhir, pemilik alat transportasi bisa mencermati kemudahan perawatan berkaitan dengan kemudahan memperoleh suku cadang. Ketika suku cadang sulit didapatkan, pemilik kendaraan perlu biaya ekstra untuk membelinya. Di samping itu, akses sparepart sulit juga membuat proses perbaikan unit bermotor berlangsung lama. 

Terkait hal yang satu ini, produk otomotif keluaran perusahaan Eropa dan Amerika Serikat, umumnya punya suku cadang mahal. Kalau ingin menghemat maintenance cost, usahakan membeli mobil bekas Dramaga keluaran pabrikan Asia. 

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, ada 5 rekomendasi mobkas low cost maintenance, yaitu:

  1. Toyota Avanza
  2. Daihatsu Xenia
  3. Suzuki Ertiga
  4. Daihatsu Luxio
  5. Honda Mobilio

Itulah 5 pertimbangan unit roda empat berbiaya perawatan murah yang bisa jadi pertimbangan Anda. Apalagi, pemakaian mobkas low cost maintenance tersebut tak hanya memberi penghematan biaya perawatan, tetapi juga kemudahan dalam perawatannya. Semoga bermanfaat, ya. 

Lihat lainnya