OLX Autos Indonesia
Hanya di Mobil Bekas
Jual
Semua Kategori

Jual Beli Mobil Bekas di Geneng

Lokasi
Filter
status inspeksi
Pilih dari pilihan di bawah
Mobil OLX Autos
Pilih dari pilihan di bawah
Tipe bahan bakar
Pilih dari pilihan di bawah
Transmisi
Tipe Penjual
Pilih dari pilihan di bawah
Individu
350+ mobil
Diler
470+ mobil
Mobil Diskon
Pilih dari pilihan di bawah

860 iklan terdekat Geneng

Sortir Menurut : Tanggal Diterbitkan

Beli Mobil Bekas Geneng, Terapkan Langkah Pengecekan Mesin Berikut

Sunset di balik Gunung Lawu tampak indah saat dipandang dari Geneng, sebuah kecamatan di Kabupaten Ngawi yang berjarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota. Kecamatan dengan luas wilayah 52,52 kilometer persegi ini terbagi dalam 13 kelurahan.

Area persawahan mendominasi Kecamatan Geneng. Itu sebabnya bertani adalah mata pencaharian sebagian besar penduduknya. Meski dilalui oleh jalur kereta api, transportasi lokal di wilayah ini cukup sulit. Karenanya, memiliki kendaraan pribadi dapat mempermudah mobilitas setiap kebutuhan masyarakat.

Memiliki mobil pribadi memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan bujet besar untuk membeli serta merawat unit roda empat tersebut. Namun tak perlu khawatir, Anda berkesempatan membeli mobil bekas yang lebih murah.

Meski mobkas harganya lebih murah, bukan berarti kualitas serta kondisinya buruk. Apabila jeli ketika membeli mobkas, maka Anda akan mendapatkan unit seken mulus berharga miring. Karenanya, carilah mobkas melalui situs jual beli mobil bekas Geneng terpercaya seperti OLX.

Ketika mendapatkan mobkas incaran, jangan langsung melakukan pembayaran. Lakukan terlebih dahulu langkah pengecekan menyeluruh berikut untuk memastikan unit tersebut masih dalam keadaan prima:

  • Cek Kondisi Fisik Mesin Mobil Bekas

Saat menemukan tempat jual mobil bekas Geneng, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek fisik kendaraan incaran secara menyeluruh. Buka kap mobil, kemudian perhatikan keadaannya, apakah dalam kondisi kotor atau bersih. Jika mesin kotor, tandanya tidak terawat dengan baik.

Amati mur serta baut, pastikan tidak ada cacat pada keduanya. Selain itu, pastikan juga tak ada kebocoran oli atau bahan bakar. Caranya, cek ada tidaknya rembesan oli atau cairan lain pada engine. Jika ada, urungkan niat membeli tunggangan tersebut.

  • Cek Ruang Mesin

Baik tidaknya kendaraan juga dapat dilihat dari ruang mesinnya. Perhatikan cat di ruang tersebut. Bila terlihat cat baru, maka kemungkinan pernah diangkat atau diturunkan.

Tanyakan kepada pemilik yang jual mobil bekas Geneng mengenai alasan mesin diangkat. Apabila alasannya karena kerusakan parah, sebaiknya urungkan niat membelinya. Terlebih jika ternyata komponen penggantinya bukan spare-part orisinal.

  • Cobalah Men-starter Kendaraan

Dari starter bisa dilihat kondisi sesungguhnya. Apabila mobil menyala tanpa hambatan, suara mesin masih halus nan konstan, maka dapat dipastikan kondisinya masih bagus.

Akan tetapi, bila terasa tersendat saat di-starter, bisa jadi akinya bermasalah atau kendaraan jarang diservis sehingga kinerjanya terhambat oleh kotoran.

  • Cek Indikator dan Speedometer pada Dashboard

Nyalakan mobil kemudian perhatikan lampu indikator. Pada indikator, bisa dilihat kondisi oli dan temperatur. Apabila lampu tak menyala, pertanda keadaannya tidak cukup bagus.

Setelahnya, injak gas secara perlahan, kemudian perhatikan gerakan jarum RPM. Gerakan naik turun stabil pada jarum RPM mengindikasikan kendaraan dalam kondisi baik. Namun, bila gerakannya tidak stabil, dapat dipastikan ada masalah pada mesin.

  • Perhatikan Suara Mesin dan Knalpot

Jika roda empat berhasil dinyalakan tanpa meninggalkan suara, dapat dipastikan otomobil tersebut dalam keadaan baik. Sedangkan jika timbul suara aneh saat mobil dinyalakan, bisa jadi ada kerusakan pada engine atau ada bagian yang tak terpasang dengan sempurna.

Setelah itu, perhatikan pengeluaran asap di bagian knalpot. Jika knalpot mengeluarkan asap berwarna gelap hingga hitam pekat, maka bisa dipastikan engine mengalami gangguan. Sedangkan bila knalpot mengeluarkan asap putih, maka jadi indikasi adanya campuran oli di ruang pembakaran.

  • Amati Getaran saat mobil bekas dinyalakan

Mesin dengan kondisi normal tidak akan menimbulkan guncangan keras saat di-starter. Berbeda ceritanya bila terdapat gangguan pada sistem kelistrikan atau engine mounting. Akan muncul getaran keras serta tidak berirama ketika mesin menyala.

  • Lakukan Test Drive di Sekitar Lokasi Jual Mobil Geneng

Lakukan test drive secara perlahan. Nikmati perjalanan Anda ketika melalui tahap ini. Rasakan kenyamanan, performa rem, perpindahan transmisi, maupun segala permasalahan yang timbul ketika test drive. Biasanya permasalah baru muncul ketika mobil sudah panas serta digunakan untuk perjalanan jauh.

Demikian langkah-langkah pengecekan mesin kendaraan ketika melakukan transaksi jual beli mobil bekas Geneng. Jika tidak memiliki pengalaman dalam pengecekan bagian-bagian mesin secara mendalam, tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan bantuan OLX Inspeksi Mobil, jasa profesional untuk membantu mengecek kondisi mobkas secara teliti dan menyeluruh.

Masih bingung cari mobil dijual Geneng? Langsung OLX aja. Temukan mobil bekas murah Geneng bersama OLX.

Lihat lainnya