Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Kedaton

Filter
Harga
Tahun

2.486 iklan masuk Kedaton

Tipe Tampilan

Tips Servis Mobil Bekas Murah Kedaton Agar Performanya Maksimal

Kedaton ialah salah satu kecamatan di Kota Bandar Lampung yang mengalami pemekaran ke dalam beberapa wilayah. Bentuk permukaan bumi daerah ini sesuai untuk berbagai jenis kendaraan roda empat baru maupun bekas.

Kelebihan mobil bekas paling utama ialah harganya lebih murah daripada mobil baru. Meski kondisinya masih bagus, setelah dibeli mobil bekas tetap harus dibawa ke bengkel untuk diservis terlebih dahulu. Sehingga Anda harus mempersiapkan dana perbaikan. 

  • Komponen yang Wajib Diganti Setelah Membeli Mobil Bekas

Supaya mobil dari jual beli mobil bekas Kedaton dapat digunakan secara maksimal, Anda harus melakukan beberapa perawatan setelah dibeli. Salah satu perawatan perlu dilakukan ialah mengganti beberapa komponen agar mobil bekas menjadi seperti baru. 

  • Oli

Oli pada transmisi, mesin, gardan, rem, serta power steering harus diganti, terutama jika Anda tidak tahu kapan olinya terakhir diganti. Cek oli untuk mengetahui kondisinya seperti kekentalan, warna, volume, dan kejernihannya. Walaupun oli kendaraan di jual mobil Kedaton masih terlihat bagus, lebih baik menggantinya dengan oli baru.

  • Aki

Setelah lama digunakan, tidak menutup kemungkinan, aki kendaraan bekas sudah soak. Cara mendeteksinya yaitu dengan menghidupkan mesin lalu mendengarkan suaranya. Jika sulit di-starter dan suaranya berat kemungkinan aki harus diganti. Dapatkan aki berukuran sama dengan aki lama, kemudian ganti di bengkel. 

  • Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara masuk agar bagian dalam terbebas dari debu serta kotoran. Jika filter udara dalam kondisi baik, udara mengalir ke dalamnya terjaga sehingga kendaraan bisa melaju tanpa hambatan.

Selain tiga komponen tersebut, ada bagian lain perlu diperhatikan yaitu servis spooring balancing supaya sudut roda depan serta putaran roda lebih stabil. Periksa juga busi, sistem kelistrikan, sistem pendingin agar dapat mengantisipasi masalah. 

  • Lakukan Servis Jika Mobil Bermasalah

Setelah digunakan beberapa waktu, mobil dari tempat jual mobil bekas di Kedaton kadang mulai bermasalah. Apalagi ketika pemilik kurang merawatnya. Berikut ini empat kondisi mengharuskan kendaraan segera direparasi.

  • Asap Knalpot Tebal

Asap knalpot tebal dapat menandakan mesin bermasalah. Apabila asap berwarna putih, kemungkinan terjadi masalah dalam kepala silinder sehingga mesin mengirimkan air lewat knalpot. Asap biru menandakan mobil bekas Kedaton menyerap minyak terlalu banyak, bisa juga karena ada kerusakan ring piston. Apabila keluar asap berwarna hitam, artinya kendaraan harus segera tune up. Nah, apabila asap berwarna abu-abu, artinya kerusakan kemungkinan terjadi pada katup PVC atau kepala silinder. 

  • Terdapat Kebocoran

Banyak cairan pada mobil dapat bocor sewaktu-waktu. Kondisi ini harus sering cek tempat Anda biasa parkir. Jangan abaikan bila terdapat cairan meski hanya sedikit. Cairan yang terdapat pada velg walaupun Anda tidak baru saja melintasi genangan bisa jadi karena kebocoran cairan rem atau kaliper. 

Untuk mengetahui kebocoran minyak pada mesin, cek kepala dan blok silinder. Sementara kebocoran pendingin bisa diamati ketika mobil dijual Kedaton sedang beroperasi, dan kebocoran pengatur daya dapat dilihat dari cairan residu pompa serta tangki. Terakhir, kebocoran tangki bisa diketahui setelah pengecekan shock absorber.

  • Suara Mendecit dan Berderak

Cukup sulit mendeteksi kerusakan dari suara berderak serta mendecit pada mobil bekas murah Kedaton. Jika Anda menyadari mobil berderak atau mengeluarkan suara tidak wajar ketika dioperasikan, segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

  • Ada Kondisi yang Tidak Wajar

Kalau ada kondisi kendaraan di jual mobil Kedaton yang janggal, misalnya bahan bakar habis tetapi indikator tak berfungsi, kesulitan menghidupkan mesin, pendingin udara tidak berfungsi, segera cek ke bengkel agar segera diperbaiki.

Setelah membeli kendaraan di jual beli mobil bekas Kedaton, sebaiknya langsung diservis agar performanya semakin baik. Perhitungkan dana servis, jangan dihabiskan untuk pembelian mobilnya saja. Perkiraan biaya tune up dan servis ringan, biasanya sekitar Rp1,5 juta. Jika ingin melakukan perbaikan pada kaki-kaki perlu biaya antara Rp3 juta sampai Rp5 jutaan. Sementara itu, bila perbaikan yang harus dilakukan cukup banyak hingga overhaul, biayanya bisa mencapai Rp10 juta. 

Lihat lainnya