Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Klungkung Kab.

2.701 iklan terdekat Klungkung Kab.

Tipe Tampilan

Beli Mobil Bekas Klungkung Tunai atau Kredit? Ini Perbandingannya

Klungkung merupakan satu dari tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Klungkung merupakan kecamatan paling kecil dari segi luas wilayah, tetapi justru memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi. Adapun penyebabnya tak lain adalah karena kota Kabupaten Klungkung pun berada di sini.

Transportasi utama untuk mobilitas harian adalah kendaraan pribadi. Angka kepemilikan mobil pun menunjukkan tren peningkatan setiap tahunnya. Selain pembelian baru dari dealer, jual beli mobil bekas Klungkung turut ramai menjadi pilihan.

Terjangkaunya harga mobil bekas Klungkung dibandingkan mobil baru menjadi pertimbangan utama. Di sisi lain, beberapa masyarakat juga mengejar lebih kecilnya risiko depresiasi pada kendaraan bekas sehingga dirasa kian menguntungkan. Selain itu, banyaknya kemudahan pembiayaan cicilan untuk pembelian mobil bekas murah Klungkung juga dinilai sangat membantu.

Namun terkait skema pembayaran pembelian mobkas, beberapa orang masih bingung menentukan apakah sebaiknya dilakukan secara tunai atau kredit. Bila masih ragu untuk memilih skenario yang mana, simak perbandingan keduanya berikut.

Kelebihan Membeli Secara Tunai

Tidak Ada Beban Bulanan

Pembelian cash akan membuat hati tenang. Hal ini karena tidak adanya kewajiban menyisihkan sejumlah pemasukan tiap bulan demi membayar utang kepada pihak jual mobil bekas Klungkung maupun leasing atau pembiayaan cicilan lainnya. 

Pasalnya, biaya cicilan mobil bekas biasanya cukup mendominasi pengeluaran rutin keseluruhan. Dengan demikian, jika beli secara cash, beban berat akan dirasakan di awal saja saat mengumpulkan dana.

Jauh Lebih Hemat

Membeli mobkas menggunakan skema cicilan sesungguhnya lebih mahal dibandingkan transaksi tunai. Seperti contoh, harga mobil dijual Klungkung bekas tipe X adalah 160 juta rupiah. Namun karena kredit, Anda harus membayar tambahan sebesar 7% dari nilai tersebut sebagai bunganya.

Semakin lama tenor yang dipilih, semakin besar total harga belinya. Hal ini mungkin sepintas tak terasa, tetapi coba hitung kembali selisih dana antara skema tunai dan kredit sebelum menyesal.

Kekurangan Membeli Secara Tunai

Menabung Lebih Dulu

Kondisi pasar sangatlah dinamis. Boleh jadi mobil incaran dari pihak jual mobil bekas Klungkung A tiga tahun lalu kini harganya telah berubah atau stoknya sudah tak ada lagi.

Karena itu, mau tak mau harus siap bersabar dan ikhlas terhadap risiko ini bila memutuskan  beli kendaraan bekas secara tunai. Selain itu, disiplinkan pula diri sendiri untuk menyisihkan dana khusus demi mobil impian dengan menekan beberapa pengeluaran lain.

Tidak Langsung Mendapat Asuransi

Pembelian cash, baik brand new maupun secondhand, biasanya tidak dilengkapi asuransi. Bila menginginkannya, Anda harus mengajukan sendiri.

Mengapa demikian? Pada dasarnya asuransi merupakan salah satu ‘pengikat’ antara pihak debitur dengan lembaga penyedia. Setidaknya, pembeli akan merasa terjamin dan seolah memiliki tanggung jawab lebih untuk menyelesaikan tanggungannya.

Kelebihan Membeli Secara Kredit

Tak Perlu Menunggu Lama

Beberapa pihak jual beli mobil bekas Klungkung biasanya mensyaratkan adanya DP sebesar 30 persen sebelum melepas barangnya. Jumlah ini tentu lebih kecil dibandingkan harus menunggu lama untuk menabung seperti penjelasan sebelumnya.

Berita baiknya, beberapa pihak bahkan memungkinkan DP sebesar 0%. Dengan begitu, mobil bekas idaman pun dapat semakin mudah dan cepat diboyong ke rumah.

Mendapat Asuransi

Ada sebagian pihak jual mobil bekas Klungkung yang melelang mobilnya dengan masa asuransi masih berlaku. Artinya, Anda hanya perlu meneruskan pembayaran asuransi tanpa repot-repot mengurus semuanya dari awal.

Terkait penting atau tidaknya asuransi sangat bergantung pada pilihan masing-masing. Namun, sebagian besar pemilik mobil merasa tenang jika kendaraannya dibekali proteksi.

Kekurangan Membeli Secara Kredit

Harga Jadi Lebih Mahal

Sekali lagi, perhitungkan baik-baik besarnya total biaya pembelian kendaraan bekas bila membeli cash maupun cicilan. Tidak sedikit ditemukan kasus bahwa perbedaan keduanya sangat signifikan.

Bila memang harus mencicil, pastikan pula bahwa ada pemasukan lancar sampai masa akhir cicilan. Selain itu, bijaklah dalam mengelola pengeluaran kebutuhan agar tak mengorbankan kebutuhan dasar harian.

Risiko Mobil Disita

Sebenarnya, selama belum melunasi pembayaran, maka mobil bekas Klungkung tersebut belum sepenuhnya menjadi milik Anda. Dengan demikian, bila terjadi kredit macet, bukan tidak mungkin kendaraan akan disita.

Waktu pengembalian mobil tersebut sangat bergantung dari kemampuan pelunasan. Semakin cepat tunggakan diselesaikan, semakin cepat pula transportasi tersebut kembali ke tangan Anda.

Itulah beberapa perbedaan tentang skema pembelian tunai dan kredit. Pertimbangkanlah hal ini masak-masak sebelum mengiyakan transaksi dengan pihak jual mobil Klungkung guna menghindari berbagai risiko di kemudian hari.

Lihat lainnya