Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Kramatwatu

Filter
status inspeksi
Pilih dari pilihan di bawah
Tipe bahan bakar
Pilih dari pilihan di bawah
Transmisi
Tipe Penjual
Pilih dari pilihan di bawah
Individu
1,000+ Item
Diler
210+ Item

1.459 iklan terdekat Kramatwatu

Sortir Menurut : Tanggal Diterbitkan

Sedang Bertransaksi Mobil Bekas Kramatwatu? Jangan Lupa Cek Surat-menyuratnya!

Kecamatan Kramatwatu adalah sebuah kecamatan dalam kawasan Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kramatwatu merupakan daerah berarus lalu lintas terpadat karena wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Serang, Cilegon, dan Kota serang.

Perekonomian masyarakat setempat mengandalkan laju perdagangan serta komoditas pertanian. Lahan luas serta subur menjadi kunci sukses warga menjadi petani berpenghasilan besar. Sedangkan, dari sisi perdagangan, Kramatwatu diuntungkan oleh letak strategisnya, yakni diapit oleh tiga daerah besar.

Pesatnya kemajuan perekonomian warga Kramatwatu dapat dilihat melalui banyaknya unit roda empat terparkir di depan rumah masing-masing warga. Selain itu, peningkatan perekonomian masyarakat dapat pula dilihat dari menjamurnya agen jual mobil bekas Kramatwatu. 

Umumnya, masyarakat setempat lebih memilih bertransaksi mobil bekas dibandingkan baru, karena harganya sangat jauh berbeda. Namun sayangnya, masih ada salah satu kekurangan dari sebuah mobil bekas Kramatwatu, yaitu kemungkinan barang dari hasil ilegal.

Sebagai salah satu konsumen jual beli mobil bekas Kramatwatu, Anda wajib menjadi lebih waspada. Mengapa? Karena mengingat kemudahan akses dari dan ke Kecamatan Kramatwatu bisa menjadi faktor pendukung maraknya produk bermotor ilegal masuk ke dalam wilayah kecamatan.

Guna mencegah hal-hal tidak diinginkan, Anda wajib mengecek berkas otomobil secara detail saat akan membeli mobil bekas murah Kramatwatu. 

  • Dokumen Apa yang Harus Diperiksa?

Sebuah unit kendaraan bermotor pasti disertai dua berkas penting milik negara, yaitu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) & Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Utamakanlah memeriksa kedua hal tersebut terlebih dahulu. 

Jika diibaratkan, BPKP bisa disamakan seperti Sertifikat Hak Milik Tanah. Pemilik bisa menggunakannya sebagai jaminan pinjaman di berbagai lembaga keuangan. Pembeli wajib memastikan kesesuaian nomor seri tertulis di BPKB dengan yang ada di kendaraan. 

Saking pentingnya STNK, pemilik mobil wajib membawanya ke mana pun saat bepergian. Oleh sebab itu, memastikan keasliannya sangatlah penting.

Selanjutnya, untuk berkas pendukung pembelian adalah faktur mobil dijual Kramatwatu, KTP penjual, serta bukti kuitansi pembayaran. Ketiga kelengkapan ini sebenarnya bukanlah suatu kewajiban, tetapi konsumen sebaiknya tetap menyimpannya. 

  • Bagaimana Cara Memeriksa Keaslian Dokumennya?

Membedakan asli tidaknya dokumen mobil bekas penawaran agen jual mobil Kramatwatu membutuhkan ketelitian dari masing-masing calon pembeli. Ikuti langkah pemeriksaan berikut ini.

  • Untuk BPKB:

  • Teliti bagian kover. Bila halaman tersebut terlihat mengilap, kemungkinan dokumen tersebut asli;
  • Periksa hologram pada halaman pertama buku otomotif bekas incaran. Lalu, lihat dan terawang. Pastikan hologram tetap berwarna abu-abu;
  • Temukan nomor seri di bawah gambar hologram. Mintalah petugas kepolisian memeriksanya. Namun, ingat ya nomor tersebut bukan untuk konsumsi publik;
  • Periksa halaman ke-14 BPKB. Sinari halaman tersebut dengan sinar ultraviolet. Jika menemukan lambang Korlantas, keaslian surat tidak lagi diragukan.
  • Untuk STNK:

  • Cocokkan data berupa jenis mobil bekas, merek, kapasitas mesin, warna, hingga nomor polisi pada STNK dengan kondisi nyata unit otomotif bekas yang ditawarkan oleh agen jual mobil Kramatwatu;
  • Cari nomor rangka & mesin pada unit otomobil bekas. Lalu, cocokkan dengan berkas tertulis; dan
  • Mintalah bantuan ke Samsat guna pengecekan lengkap.
  • Apa yang Harus Dilakukan Jika Menemukan Kejanggalan pada Dokumen?

Setelah melakukan antisipasi penipuan berkas ilegal, setiap konsumen pasti mempunyai hasil sendiri. Nah, jika menemukan kejanggalan, beberapa cara untuk dilakukan, antara lain:

  1. bertanya kepada penjual mengenai riwayat mobil bekas;
  2. menanyakan keaslian dokumen kendaraan langsung kepada penjual; 
  3. mencari alternatif penjual mobil bekas lainnya; dan 
  4. melaporkan kepada pihak berwenang agar dapat menindaklanjuti kejanggalan yang ditemukan.

Itulah tadi penjelasan mengenai definisi serta cara memeriksa keaslian surat-menyurat produk oto. Pada intinya, apa pun produk incaran Anda, BPKB & STNK adalah hal terpenting. 

Bila dicontohkan sebuah diler menawarkan dua pilihan, yakni pertama, harga sesuai standar pasar dan tentunya dilengkapi dengan surat-menyurat. Sedangkan, pilihan kedua merupakan opsi paling murah. Akan tetapi, penjual gagal menunjukkan BPKB ataupun STNK-nya. Mana yang Anda pilih?

Tentu semua orang akan memilih opsi kedua. Oleh sebab itu, mulai sekarang biasakan selalu untuk mengecek surat-menyurat saat transaksi jual beli mobil bekas Kramatwatu

Lihat lainnya