Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Kulon Progo Kab.

5.558 iklan terdekat Kulon Progo Kab.

Tipe Tampilan

Ketahui Kewajiban Pemilik Kendaraan Setelah Membeli Mobil Bekas Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo relatif mudah dijangkau baik melalui jalur darat, udara, serta laut. Terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadikan wilayah ini sebagai salah satu pusat rekreasi terpopuler di Indonesia. 

Selain beragamnya pilihan wisata, baiknya infrastruktur Kulon Progo juga menjadi faktor utama ramainya pendatang. Bahkan penduduk lokal pun tak mau ketinggalan, mereka berbondong-bondong meramaikan tempat-tempat wisata terkini. 

Contohnya, Wisata Alam Kalibiru, Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo, Air Terjun Perawan Sidoharjo, Waduk Mini Kleco Kulon Progo, Goa Sriti Kulon Progo, dan banyak lagi tujuan wisata lainnya.

Tidak hanya itu agar mempermudah akses ke berbagai tempat wisata, masyarakat pun mulai membeli mobil bekas Kulon Progo sebagai alternatif transportasi pribadi. Mau tahu seberapa murahnya sebuah otomotif bekas? Cek saja di OLX. 

Sayangnya, pengguna tunggangan roda empat pemula terkadang kurang memahami hal-hal wajib setelah melakukan transaksi jual beli mobil bekas Kulon Progo.

Apa saja kewajiban tersebut? Berikut penjelasannya!  

  • Membayar Pajak 

Setelah membeli mobil bekas Kulon Progo, seorang pengendara wajib membuat rancangan anggaran khusus untuk membayar kewajiban pajak setiap tahunnya. Mengapa? Karena pajak kendaraan bermotor akan selalu melekat pada sebuah produk otomotif. 

Hal ini seiring dengan peranan pajak sebagai jantung kehidupan sebuah negara. Melalui pajak, pemerintah dapat membangun infrastruktur, memberikan layanan publik, mengentaskan kemiskinan, serta banyak kegiatan lainnya. 

Mengabaikan kewajiban ini akan berakibat pada denda, penilangan, hangusnya izin beroperasi, terkena sanksi pidana, penjara, hingga penghapusan data kendaraan. 

  • Servis Berkala, Minimal Per 6 Bulan

Tanggung jawab selanjutnya adalah pemeliharaan. Caranya? Melakukan servis berkala. Sesudah membeli mobil dijual Kulon Progo, pengguna produk otomotif bekas wajib memastikan mobkas dirawat secara rutin minimal enam bulan sekali.

Perawatan berkala yang wajib dilakukan adalah mengganti oli, mengganti cairan radiator, membersihkan sistem karburasi, memeriksa kaki-kaki, memoles bodi, membersihkan kaca, dan masih banyak lagi.

Meski membeli unit secondhand, konsumen tetap bisa mendapatkan kendaraan prima. Cukup memastikan kalau agen jual mobil Kulon Progo selalu merawat produk otomotifnya sebelum berpindah tangan ke pengguna barunya.

  • Mengendarai Mobkas Setiap Hari

Setelah selesai bertransaksi jual mobil bekas di Kulon Progo, peranan pemilik otomotif bekas selanjutnya adalah memastikan kendaraan bermotor dipakai dan dikendarai sesering mungkin. 

Karena unit otomobil bekas yang jarang dikendarai umumnya akan lebih cepat mengalami kerusakan pada aki, ban, disc brake, kaki-kaki. Sebab itulah, sudah menjadi kewajiban pemilik kendaraan untuk selalu berkendara, atau setidaknya memanaskan mesin.

Sayangnya, sebagian besar pengendara menyerah memakai mobil bekas Kulon Progo karena kondisi jalanan yang ekstra macet. Terlebih lagi jalanan pusat kawasan wisata seperti Kulon Progo. 

Namun, pemilik mobkas harus lebih bijak dalam menyiasati mobil bekas murah Kulon Progo yang sudah dibeli. Contohnya, dengan tetap menghidupkan mesin walau mobil tidak dijalankan.

  • Menjaga Kebersihan Interior & Eksterior Mobil

Memiliki mobil mewajibkan penggunanya selalu menjaga kebersihan, baik bagian interior ataupun eksterior. Semua hal ini adalah untuk menjaga kesehatan selama berkendara. Kabin yang kotor selain tidak sedap dipandang tetapi juga tidak menyehatkan.

Dari segi interior, seorang pengguna otomobil wajib mengecek kebersihan dari kursi serta karpet, baik kursi pengemudi atau penumpang. Pengendara biasanya makan dan minum di dalam mobil selama mengemudi. Apalagi kalau sering melakukan perjalanan jauh dan membawa banyak penumpang (khususnya penumpang balita), kabin pasti penuh sisa-sisa camilan juga kotoran. 

Kemudian, rawatlah cat mobil agar tetap menawan. Caranya? Hindari terkena paparan sinar matahari secara terus menerus, gunakan sampo khusus, hindari berkendara di belakang bus, jangan melewati aspal basah, serta poles cat secara bertahap paling tidak dua atau tiga bulan sekali.

Itulah tadi empat tanggung jawab utama pemilik otomobil. Oleh karenanya, saat berniat melakukan transaksi jual beli mobil bekas Kulon Progo, seorang konsumen sudah harus siap menerima bahwa semua kewajiban tersebut sepenuhnya melekat pada produk otomobil yang dibeli.

Selain itu, selalu menjaga diri untuk menjalankan tanggung jawab sebagai pemilik unit oto tentu akan berakhir dengan keuntungan kedepannya. Saat merasa bosan dan berniat menjualnya, aset otomotif bekas Anda tetap dalam keadaan prima juga berkilau. Sehingga, kondisi ini akan berimbas ke harga jual mobil Kulon Progo Anda nantinya.

Lihat lainnya