Hanya di Mobil Bekas
Jual
Semua Kategori

Jual Beli Mobil Bekas di Mojo

Lokasi
Filter
status inspeksi
Pilih dari pilihan di bawah
Mobil OLX Autos
Pilih dari pilihan di bawah
Tipe bahan bakar
Transmisi
Tipe Penjual
Pilih dari pilihan di bawah
Individu
890+ mobil
Diler
280+ mobil
Filter Lainnya
Pilih dari pilihan di bawah

1.428 iklan terdekat Mojo

Sortir Menurut : Tanggal Diterbitkan

Cari Mobil Bekas Mojo Manual atau Matic? Ini Pertimbangannya

Minat masyarakat terhadap mobil matic selama beberapa tahun terakhir meningkat tajam. Produsen pun pada akhirnya selalu mengeluarkan dua pilihan transmisi sekaligus hampir di setiap unit terbarunya. Bahkan lini kendaraan second yang dulunya sepi peminat roda empat bertransmisi otomatis kini justru berbalik situasi.

Kondisi serupa juga terjadi di jual beli mobil bekas Mojo dan sekitarnya. Jumlah pedagang kendaraan matic semakin banyak dan sering cepat laku sehingga ketersediaannya pun tak jarang menjadi sangat terbatas. Kendati demikian, eksistensi roda empat bekas manual tidak lantas jadi berkurang.

Pilihan konsumen terhadap jenis transmisi mobil pun berdasarkan variatifnya pertimbangan. Bila Anda masih bingung menentukan mobil bekas murah Mojo dengan teknik perpindahan tenaga dari mesin ke as belakang mana yang sebaiknya dipilih, kenali perbedaan keduanya berikut.

  • Harga

Penawaran harga mobil tipe otomatis keluaran pabrikan lebih mahal sejak dahulu. Sayangnya, nilai jual kembali saat dilepas ke tangan kedua justru relatif turun drastis. Namun berita baiknya, hal tersebut tidak lagi berlaku sekarang.

Nilai jual mobil bekas Mojo dengan automatic transmission sekarang relatif masih tinggi selama tak ada kerusakan berarti. Faktor utamanya adalah tingginya minat konsumen. Saat permintaan banyak, maka wajar bila penawaran menjadi tinggi.

Sementara itu, kendaraan roda empat transmisi manual relatif stabil. Depresiasi mobkas ini cenderung kecil sehingga membuat popularitasnya tak lekang begitu saja.

  • Konsumsi Bahan Bakar

Kalau ingin mencari kendaraan berbahan bakar hemat, bukan kendaraan bekas dengan transmisi otomatis jawabannya. Anda justru harus siap-siap mengeluarkan biaya operasional tinggi untuk konsumsi BBM rutin.

Hal itu terjadi lantaran proses automatic transmission menyebabkan perputaran semakin berat. Akibatnya, mesin harus bekerja ekstra. Oleh karena kinerja mesin membutuhkan bahan bakar, maka dibutuhkan volume BBM lebih besar.

Walau begitu, ada cara khusus untuk menghemat BBM pada jenis transportasi ini. Lakukan teknik gas and glide pada medan tertentu. Adapun teknik gas and glide adalah membiarkan kendaraan meluncur sehingga pengeluaran tenaga tidak terlampau besar.

  • Akselerasi

Lebih baiknya tingkat akselerasi menjadi alasan lain mengapa mobil manual masih laris diburu di jual beli mobil bekas Mojo. Perpindahan tenaganya dinilai lebih responsif sehingga hasil akselerasinya pun makin cepat. Hal tersebut juga menjelaskan mengapa sampai sekarang mobil balap tidak didesain bertransmisi otomatis.

Kendati demikian, perkembangan teknologi menghadirkan beberapa mobil matic memiliki transmisi hampir menyamai jenis satunya. Biasanya mobil tersebut dilengkapi sistem CVT (Continous Variable Transmission). Adanya belt membuat ukuran rasionalnya dapat memanjang maupun memendek secara halus.

  • Pengereman

Kalau pernah mengendarai dua jenis mobil ini, Anda pasti bisa merasakan perbedaannya. Pengereman pada sistem otomatis kalah halus serta dianggap mempunyai banyak kekurangan.

Salah satunya adalah tidak tersedianya engine break beriku persneling sehingga mengerem di medan menurun harus sangat berhati-hati. Selain itu, daya cengkram rem akan berkurang jika sering melalui jalanan menurun. Tak lupa, perlambatan membutuhkan waktu lebih banyak ketika dilakukan pengereman dari posisi melaju cepat. Ujung-ujungnya, kampas jadi cepat aus.

  • Perawatan

Sistem mekanikal dan komponen mobil matic lebih rumit dan banyak. Dampaknya, tentu saja, biaya perawatannya makin mahal. Pun secara frekuensi, maintenance mobil ini kian sering.

Oleh karenanya, pihak jual mobil Mojo harus benar-benar memastikan kendaraan matic-nya dalam kondisi terbaik bila tak ingin harga jualnya terjun bebas. Sedikit saja komponen mobil bekas bermasalah, nilainya akan sangat terpengaruh.

Mobil dijual Mojo tipe manual biasanya banyak dipilih konsumen yang sudah lama serta terbiasa mengendarai mobil serta berkendara dalam kecepatan tinggi. Selain itu, mobkas ini juga sering dicari dengan peruntukan sebagai transportasi rutin pada medan yang tidak mulus maupun jarak menengah-jauh.

Sementara itu, pihak jual mobil Mojo matic kondisi second sangat popruler di kalangan pengguna yang baru belajar mengendarai mobil, wanita, dan anak muda. Mayoritas penggunaannya untuk keperluan dalam kota dengan kondisi jalan relatif yang mulus dan datar. Selain itu, pilihan ini juga laris dipilih pada area padat atau macet karena memungkinkan pengendara tak harus terus menerus menginjak kopling. 

Lihat lainnya