Cara promosi produk UMKM menjadi langkah penting untuk mendulang keuntungan. Apa yang bisa dilakukan?
Cara promosi produk semakin berkembang, menuntut para pelaku usaha termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar terus kreatif. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan agar mampu mendorong penjualan? Simak 5 tips berikut ini.
Bangun Networking
Cara promosi produk yang pertama adalah membangun jaringan. Yakni, memiliki koneksi dengan para pelaku usaha, konsumen dan pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Ini akan membuka peluang kolaborasi yang bisa saja saling menguntungkan.
Kamu bisa mendatangi kegiatan industri, pertemuan bisnis atau forum yang melibatkan pelaku usaha. Kamu bisa mendapatkan wawasan dan potensi menjadikan usaha kamu lebih diketahui khalayak.
Dengan jaringan yang semakin luas, maka kamu akan lebih leluasa melakukan promo sekaligus membangun reputasi positif.
Buat Promo Menarik
Setiap calon konsumen tentunya semakin tertarik mendapatkan produk atau jasa, terutama jika ada embel-embel promo. Inilah cara menarik perhatian mereka. Kamu bisa memberikan promo berupa bingkisan, potongan harga, cashback atau undian berhadiah. Manfaatkan momen-momen tertentu, misalnya hari raya atau periode liburan.
Buatlah Website Bisnis
Di masa kini, website memegang peranan penting dalam menjalankan bisnis. Pelaku UMKM pun wajib mengikuti perkembangan ini. Sebab, bagaimanapun juga, usaha juga butuh ‘rumah’ khusus untuk melangkah di dunia online.
Dengan menghadirkan bisnis, kamu bisa menginformasikan usaha kamu secara lebih luas. Kamu bisa membuat konten yang berhubungan dengan produk, sehingga mampu menjangkau lebih banyak audiens.
Gunakan Media Sosial
Cara promosi produk berikutnya adalah memanfaatkan media sosial. Inilah cara yang sederhana dan praktis, bahkan tidak butuh mengeluarkan banyak modal. Kamu bisa memanfaatkan platform yang ramai pengguna seperti X, Instagram atau TikTok. Ini jadi peluang untuk memperluas pasar kamu.
Apalagi, jika kamu mampu memanfaatkan kekuatan visual untuk menarik perhatian calon konsumen. Kamu juga dapat berinteraksi dengan mereka, lewat pesan, komentar hingga siaran langsung interaktif.
Selain itu, media sosial juga punya analisis data yang bisa kamu manfaatkan untuk memahami respons dan keinginan audiens. Sehingga, kamu bisa beradaptasi dan menyesuaikan strategi yang tepat.
Manfaatkan E-commerce
Terakhir, adalah memanfaatkan keberadaan situs penjualan online yang kini semakin berkembang. Keberadaan e-commerce banyak membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan roda bisnis. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk kamu.
Selain efisien dan murah, aksesnya pun tanpa batas. Kamu tidak lagi terbatas pada lingkup penjualan tertentu. Ini tentunya akan memudahkan kamu dalam menjaring lebih banyak calon pembeli potensial.
Nah, itulah 5 cara promosi produk yang efisien dan tepat bagi UMKM. Kuncinya, kamu harus konsisten dan terus mengevaluasi serta berinovasi. Kamu juga harus menghargai proses karena bagaimanapun juga langkah ini tidak selalu mudah dan cepat.
Nah, buat kamu yang ingin menjual produk secara online, jual aja di OLX! Jutaan orang udah buktiin, jualan di OLX itu nggak pake ribet!