Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Rekomendasi Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ada Satu yang Harganya Gak...

    5 Rekomendasi Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ada Satu yang Harganya Gak Sampai Rp100 Juta

    JAKARTA – Mobil listrik saat ini menjadi salah satu kendaraan yang menarik banyak minat masyarakat Indonesia. Tergolong menjadi jenis mobil yang berada di pasaran Indonesia, saat ini banyak jenis dan tipe mobil listrik yang ditawarkan oleh berbagai pabrikan otomotif dunia.

    Mobil listrik yang ditawarkan ini pun memiliki harga yang cukup bervariatif dari harga Rp70 jutaan hingga milyaran rupiah. Namun dari segi perbandingan harga tentu setiap mobil yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, baik dari segi fitur maupun dari jarak jelajahnya sebelum kehabisan daya.

    Ditonjolkan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan, mobil listrik saat ini belum bisa dikatakan sebagai kendaraan yang murah. Karena perbandingan harga mobil listri dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak masihlah cukup jauh. 

    Namun bisa jadi pada masa yang akan datang, mobil listrik akan lebih banyak digunakan oleh masyarakat untuk aktivitas sehari-hari. Pasalnya saat ini banyak fasilitas pendukung pun sudah dicanangkan oleh pemerintah dengan pembangunan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di berbagai wilayah. Sehingga masyarakat yang menggunakan mobil listrik nantinya tidak akan kesulitan untuk mengisi ulang daya dari mobil listrik saat bepergian.

    Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mencari mobil listrik, bisa menyimak beberapa rekomendasi mobil listrik murah yang ada di pasaran Indonesia. Mulai dari harga di bawah Rp100 jutaan, mobil listrik sudah bisa menjadi kendaraan Anda sehari-hari. 

    Ditambah beberapa pada tahun 2022 ini terjadi kenaikan pada harga bahan bakar minyak yang membuat banyak orang semakin tertarik untuk beralih ke kendaraan listrik sebagai penunjang aktivitasnya sehari-hari.

    Berikut 5 rekomendasi mobil listrik murah untuk segala aktivitas Anda.

    1. K-Upgrade

    Diimpor oleh PT Kurnia EVCBU, mobil listrik bernama K-Upgrade ini menjadi mobil listrik dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki mobil listrik, K-Upgrade bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup layak dipertimbangkan. 

    Dibanderol dengan harga Rp75 juta, mobil ini diklaim bisa menempuh jarak 336 km dalam satu kali pengisian. Jarak tersebut tentu lumayan panjang untuk sekelas mobil listrik di bawah Rp100 jutaan.

    Dari harga yang tertera tersebut, mobil ini sudah memiliki segala surat kendaraan yang lengkap dan tinggal Anda pakai untuk aktivitas sehari-hari. Pada saat ini pihak importir akan memberikan janji bahwa pemesan mobil ini akan mendapatkannya kurang lebih 180 hari dari pemesanannya dengan booking fee sebesar Rp25 juta.  Selain itu ada pila garansi buyback 5 tahun apabila konsumen tidak puas. 

    Spesifikasi dari mobil listrik ini berpenggerak all wheel drive dengan kapasitas baterai 26,7 kWh. Tenaga yang bisa dikeluarkan mencapai 68 hp dengan jarak tempuh mencapai 336 km dalam satu kali pengisian daya. Memiliki kapasitas untuk 4 penumpang, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan 155 km/jam.

    Pada cara pengisiannya, mobil ini menggunakan pengecasan baterai dan dibekali solar panel pada bagian atas mobil. 

    2. Toyota C+pod

    Toyota C+Pod
    Toyota C+Pod (Toyota Global)

    Mobil listrik besutan Toyota ini hadir dengan bentuk yang mungil. Menggunakan baterai berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) yang khusus difungsikan untuk mobilitas jarak dekat.

    Sebagai mobil listrik dengan ukuran kompak, ia dibekali dengan motor listrik 1RM atau magnet permanen dengan daya maksimum 9,2 kW. Toyota C+pod diklaim mampu melesat dengan kecepatan 60 km/jam dengan baterai Lithium Ion 51 Ah / 177,6 Volt / 9,06 kWh.

    Sebagai mobil mungil ia memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Mobil ini mampu bermanuver di jalanan sempit dan mudah ketika parkir.

    Disediakan dua tipe pada mobil listrik ini yaitu Toyota C+pod Tipe H dengan harga yang ditawarkan Rp233,7 juta dan C+pod Tipe X dengan harga Rp 224,7 juta

    3. Wuling Air Ev

    Wuling Air ev Standard Range

    Wuling menjadi salah satu pabrikan mobil asal China yang sudah gencar memamerkan mobil listrik buatannya di Indonesia. Sebagai beberapa waktu belakangan ia sudah memamerkan mobil listrik mungilnya di berbagai Mall di Tanah Air. Hingga pada akhirnya, saat ini masyarakat bisa menikmati mobil listrik dari Negeri Tirai Bambu ini dengan harga mulai Rp 230 jutaan.

    Wuling Air Ev merupakan mobil listrik dari pabrikan Wuling dengan ukuran yang mungil dan kompak. Memiliki desain futuristik, menjadikan mobil ini banyak diminati oleh masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik. 

    Memiliki daya jelajah hingga 300 km. Mobil ini sudah mampu memenuhi kebutuhan mobilitas untuk berada di dalam kota.

    Dapat menampung 4 orang penumpang, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan mulai dari 2 airbags, sertifikasi water resistant IP67 pada baterainya, panel instrumen 7–10,25 inci, rem ABS dan EBD, Wuling Indonesian Command (WIND), serta teknologi internet of vehicle (IoV).

    4. DFSK Mini EV

    DFSK Mini EV

    PT Sokonindo Automobile pada tahun memamerkan mobil listrik dengan nama DSFK Mini EV dalam pameran otomotif. Mobil ini pun nantinya akan diluncurkan pada tahun 2023 nanti. 

    Spesifikasi dari DFSK Mini EV ini nantinya akan hadir beberapa varian. Pembeda dari varian tersebut ialah pada bagian jarak jelajah tempuhnya. 

    Untuk varian paling tinggi, mobil listrik asal China ini menggunakan baterai Lithium dengan kapasitas 16.8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 220 kilometer.

    Sementara untuk varian di bawahnya kapasitas baterainya 9.18 kWh dengan jarak tempuh 120 kilometer. Ada pula varian DFSK Mini EV dengan baterai dan 13.8 kWh yang jarak tempuhnya cuma 180 kilometer.

    Untuk harga mobil ini akan dibanderol dengan harga Rp 250 jutaan.

    5. Minicab MiEV 

    Mitsubishi Minicab-MiEV diuji coba PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia.
    Mitsubishi Minicab-MiEV diuji coba PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia untuk digunakan sebagai kendaraan logistik. (Mitsubishi)

    Mobil listrik besutan pabrikan Mitsubishi ini dipamerkan pada ajang ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin. Segmen yang disasar merupakan pangsa pasar kendaraan niaga yang menggunakan energi listrik.

    Mobil seperti ini menjadi salah satu mobil operasional perusahaan logistik di Jepang yang menjadi proyek percontohan untuk pasar Indonesia.

    Dibekali dengan daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Menggunakan baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yaitu 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

    Mobil ini niaga buatan Mitsubishi ini pun dibanderol dengan harga Rp300 jutaan untuk dua penumpang dan Rp305 jutaan untuk 4 penumpang.

    Nah bagi Anda yang sudah mengetahui beberapa rekomendasi mobil listrik murah yang ada di Indonesia, tentu sedikit banyak sudah memiliki gambaran. Jangan lupa untuk membeli mobil melalui dealer dan showroom terpercaya yang mampu memberikan garansi seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait