Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Tips Usir Bau Tidak Sedap di Sofa Kesayanganmu

    5 Tips Usir Bau Tidak Sedap di Sofa Kesayanganmu

    Tidak nyaman dengan bau tidak sedap di sofa kesayanganmu? Hilangkan saja dengan 5 cara ampuh berikut plus tips pencegahan bau apek muncul lagi.

    News.OLX – Sofa adalah furnitur paling nyaman untuk bersantai bersama anggota keluarga di rumah. Namun, seiring penggunaan, noda dan bau tak sedap kerap muncul. 

    Pada saat seperti ini, jangan langsung berpikir jika kamu membutuhkan kursi baru. Karena ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sofa.

    1. Menghilangkan Bau dengan Baking Soda

    Baking soda dikenal sebagai penyerap bau alami yang efektif. Cara menggunakannya pun mudah.

    • Pertama, taburkan bubuk baking soda secara menyeluruh dan rata ke permukaan sofa. Terkhusus pada area yang sering menjadi tempat duduk atau tidur hewan peliharaan atau rentan terkena tumpahan.
    • Selain itu, berikan perhatian ekstra pada lipatan dan sela-sela kursi yang mungkin menyimpan debu dan kotoran.
    • Kemudian, diamkan baking soda selama beberapa jam atau idealnya semalaman. Nantinya, baking soda akan menyerap bau tak sedap yang terperangkap di dalam kain pelapis kursi.
    • Setelah itu, bersihkan baking soda menggunakan vacuum cleaner dengan attachment khusus furnitur.

    2. Manfaatkan Kemampuan Deodorizing Cuka

    Cuka memiliki sifat desinfektan dan deodorizer yang cukup bagus. Namun, penggunaannya perlu hati-hati karena cuka bisa memudarkan warna kain tertentu. Untuk menggunakan cuka ikuti langkah berikut.

    • Pertama, campurkan cuka dengan air dalam botol spray.
    • Kemudian semprotkan larutan cuka pada permukaan sofa secara tipis dan merata. Hindari penggunaan berlebihan yang bisa membuat kain basah. Jika tidak segera kering, kursi akan lembab dan memicu tumbuhnya jamur.
    • Biarkan larutan cuka mengering dengan sendirinya. Bau tak sedap akan hilang tergantikan dengan aroma samar cuka yang akan menguap seiring waktu.

    3. Biarkan Sofa Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

    Sinar matahari alami tak hanya efektif membunuh bakteri penyebab bau, tapi juga membantu menghilangkan kelembaban yang terperangkap di dalam kursi. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat membantu memudarkan noda bekas tumpahan.

    Pilihlah hari yang cerah, kemudian pindahkan kursi ke area terbuka yang terkena matahari langsung. Jika memungkinkan, buka atau lepas sarung sofa agar sinar matahari bisa menembus ke seluruh bagian. 

    Jemur selama beberapa jam. Namun, kamu tidak bisa menjemur kursi dengan pelapis kulit karena akan merusak struktur kulitnya.

    4. Gunakan Pengharum Ruangan Khusus Sofa

    Sebagai langkah akhir, kamu bisa menggunakan pengharum ruangan khusus. Pilih pengharum yang memiliki keharuman netral atau segar, dan hindari pengharum dengan aroma terlalu kuat yang bisa membuat bau tak sedap tersamarkan, bukan hilang.

    Kamu bisa semprotkan pengharum ruangan khusus secara tipis dan merata ke seluruh permukaan. Pastikan untuk menjaga jarak saat menyemprot untuk menghindari noda bercak pada kain.

    Selain pengharum ruangan spray, kamu juga bisa menggunakan sabun bayi dalam bentuk cair atau shamponya untuk menghilangkan noda dan aroma tak enak atau apek pada sofa kulit.

    Pemakaiannya cukup mudah. Larutkan sabun atau shampo pada air, kemudian siapkan kain microfiber dan oles perlahan secara menyeluruh.

    5. Lakukan Pencegahan Agar Bau Tak Sedap Tak Kembali

    5 tips hilangkan bau tidak sedap di sofa

    Setelah berhasil menghilangkan bau tak sedap pada sofa, lakukan langkah pencegahan berikut agar bau tidak kembali lagi.

    • Biasakan untuk membersihkan kursi secara rutin, minimal seminggu sekali. Gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
    • Jika terjadi tumpahan pada sofa, segera bersihkan dengan lap bersih dan cairan pembersih khusus furnitur. Jangan biarkan noda mengering karena akan semakin sulit dihilangkan dan bisa menimbulkan bau.
    • Hindari kebiasaan makan atau minum di atas kursi kain untuk meminimalisir risiko tumpahan dan noda.
    • Gunakan sarung yang bisa tepat dan bisa dilepas. Kemudian, cuci secara berkala. Pastikan juga untuk memilih bahan sarung yang mudah menyerap keringat dan debu.

    Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa menghilangkan bau tak sedap pada sofa dan membuatnya kembali nyaman untuk kamu gunakan.

    Semua bahan pembersih di atas bisa kamu beli di OLX jika tidak memilikinya di rumah. Yuk download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk akses lebih praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait