Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Cara Atasi Perabot Kayu yang Berjamur Kala Musim Hujan

    7 Cara Atasi Perabot Kayu yang Berjamur Kala Musim Hujan

    Kayu sering terkena jamur saat musim hujan tiba. Lihat cara selamatkan furniture kayu dari jamur di sini!

    News.OLX – Salah satu masalah dari punya furniture kayu di rumah adalah serangan jamur di kala hujan. Terutama, pada beberapa perabot yang berada di luar ruangan.

    Alhasil, ini membuat tampilan perabot jadi kurang enak dipandang. Tentunya ini juga kurang nyaman kamu gunakan karena aromanya yang berubah akibat jamur. 

    Agar bisa kembali berfungsi seperti sedia kala, kamu bisa ikuti cara mengatasi jamur pada furniture kayu di bawah ini.

    1. Coba jemur kayu di luar

    Bulan Oktober hingga April jadi waktu di mana banyak kayu terserang jamur karena udara yang lembab akibat musim hujan. Cara mengatasi jamur pada furniture kayu yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan menjemurnya lebih dulu. 

    Terutama untuk perabot outdoor yang terkena hujan secara langsung. Dengan menjemurnya di bawah matahari, ini akan mematikan jamur-jamur yang menempel pada perabot kamu.

    kayu (1)

    2. Sikat menggunakan sabun cuci piring

    Menjemur perabot memang bisa mematikan jamur, tetapi supaya tidak berkembang lagi sikatlah furniture kamu dengan sabun cuci piring. 

    Kamu bisa campurkan sabun cuci piring ini dengan air hangat. Lalu, sikatlah bagian yang berjamur dengan sikat gigi atau sponge cuci piring. Kalau sudah selesai, jangan lupa lap kering furniture supaya tidak tumbuh jamur dan jemur kembali hingga kering.

    3. Lap dengan alkohol 70%

    Selain menggunakan sabun cuci piring, alkohol 70% juga bisa membantu mematikan jamur yang menempel pada furniture, lho.

    Agar prosesnya lebih cepat, kamu bisa masukkan alkohol ini ke dalam botol spray. Lalu, semprotkan alkohol pada bagian yang berjamur dan lap hingga jamur hilang menggunakan kain bersih.

    4. Lap dengan cuka dan air hangat

    Terkadang, ada beberapa jenis jamur yang sulit hilang meski sudah kamu lap dan gosok menggunakan sabun maupun alkohol. Untuk kasus seperti ini, kamu bisa coba gunakan campuran cuka dan air hangat, ya. 

    Sifat asam pada cuka ini akan membantu meluruhkan jamur yang sulit hilang. Kamu bisa gunakan botol spray untuk mengaplikasikannya, lalu lap hingga bersih dan keringkan menggunakan kain kering.

    5. Gunakan garam dan jeruk nipis

    Kamu tidak punya cuka masak di rumah? Tenang saja, kamu masih bisa atasi ini dengan menggunakan campuran garam dan jeruk nipis, kok.

    Sama seperti cuka, jeruk nipis yang bersifat asam dan garam yang bersifat korosif dapat meluruhkan kotoran dan jamur yang menempel. Kamu bisa gosok menggunakan sikat atau sabut cuci piring hingga bersih, lalu keringkan.

    6. Oleskan obat penghilang jamur

    Apakah kelima tips di atas masih belum bisa hilangkan jamur pada lemari atau kursi kayu kamu? Kalau iya, kamu bisa coba cara mengatasi jamur pada furniture kayu yang selanjutnya, yaitu menggunakan obat penghilang jamur.

    Obat penghilang jamur ini berbentuk cairan, kamu dapat oleskan secara merata pada permukaan furniture. Agar lebih maksimal, kamu bisa oleskan beberapa kali, ya. Setelah itu, kamu bisa jemur furniture di luar untuk mengeringkan lapisan obat.

    7. Amplas permukaan furniture 

    Terkadang, ada beberapa jenis jamur yang betul-betul sudah menempel dan tidak bisa kamu bersihkan dengan keenam tips di atas. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada tips terakhir yang bisa kamu coba, yaitu dengan mengamplasnya.

    Dengan begitu, jamur yang sudah menempel dan menyatu bisa hilang. Bila permukaan ini sudah mulus kembali, jangan lupa untuk oleskan wood coating dengan melanin agar furniture tetap awet. 

    Menjaga furniture dari jamur akibat hujan memang sedikit sulit. Terutama untuk perabot yang berada di outdoor. Meski begitu, kamu masih bisa menjaganya agar terhindar dari jamur dengan rutin re-apply pelapis, kok. 

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu. Yuk segera download aplikasi OLX melalui Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait