Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Hal yang Wajib Dicek Sebelum Beli Apartemen

    7 Hal yang Wajib Dicek Sebelum Beli Apartemen

    Apartemen bukan properti murah. Sebelum menentukan unit pilihan, simak tips membeli apartemen berikut ini!

    News.OLX – Apartemen adalah opsi tempat tinggal ketika kamu semakin sulit mendapatkan hunian di kota besar. Namun, ada kalanya properti ini berfungsi sebagai investasi. Lantaran unit ini umumnya memiliki harga yang tidak murah, maka sebaiknya kamu mengetahui tips sebelum mendapatkan properti ini.

    Simak tips membeli apartemen agar kamu tidak merugi di kemudian hari! 

    1. Pilih Lokasi Strategis

    Apartemen yang ideal sebaiknya berada di titik strategis. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu. Pilihlah yang tidak jauh dengan pusat belanja, pendidikan, rumah sakit dan sarana penting lainnya. 

    Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan jika membutuhkan sesuatu. Sebab, jauh dari segala layanan umum akan membuat kamu seakan terisolasi. Kalau sewaktu-waktu ada hal mendesak, juga akan membuatmu kesulitan.

    2. Pilih yang Dekat dengan Layanan Transportasi

    Tips membeli apartemen berikutnya, pilihlah yang terletak di lokasi dekat dengan layanan transportasi umum. Misalnya dekat dengan stasiun, halte atau akses lainnya. Ini akan memudahkan kamu dalam mobilitas, selain mengandalkan kendaraan pribadi. 

    3. Cari Sesuai Kebutuhan

    Apartemen punya tipe bermacam-macam. Ada studio, 1 atau 2 bedroom dan lainnya. Ada juga dengan pilihan tanpa perabot atau menggunakan furnitur. Desainnya pun beragam. Sehingga, harganya juga akan berbeda. 

    Supaya tidak membuat mengganggu keuangan, pilihlah sesuai dengan kebutuhan, termasuk menyesuaikan jumlah penghuninya.

    4. Beli Saat Launching

    Jika kamu berkeinginan untuk mendapatkan apartemen baru, sebaiknya lakukan pembelian saat periode peluncuran unit. Pada masa ini, umumnya pengembang akan menawarkan diskon besar. Sehingga, kamu bisa mendapatkan unit dengan harga lebih terjangkau.

    apartemen (1)

    5. Periksa Kredibilitas Pengembang

    Tips membeli apartemen selanjutnya, periksa kredibilitas pengembang supaya kamu tidak terhindar dari tindakan penipuan. Kamu bisa memeriksanya lewat situs Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia.

    6. Cek Legalitas Pembangunan

    Kamu juga mengecek legalitas unit properti untuk mengetahui izin pembangunannya. Kamu bisa mencari tahu soal IMB, HGB dan SIPPT dari otoritas pemerintah berwenang. 

    7. Sesuaikan dengan Keuangan

    Terakhir, kamu harus mempertimbangkan kondisi keuangan. Sebaiknya, carilah properti dengan menyesuaikan penggunaan kamu. Jangan paksakan memilih unit yang nilainya melebihi kemampuan anggaran kamu. Sesuaikan antara fasilitas, kebutuhan dan dana. 

    Nah, kamu juga bisa menemukan deretan opsi apartemen lewat OLX. Ada jutaan informasi tentang properti tersebut yang bisa kamu akses. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait