Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Review7 Rekomendasi Wisata di Palembang yang Paling Hits Saat Ini

    7 Rekomendasi Wisata di Palembang yang Paling Hits Saat Ini

    News.OLX – Tempat wisata di Palembang banyak sekali yang menarik. Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki segudang pemandangan alam yang unik.

    Kota Palembang sendiri merupakan kota tertua di Indonesia. Umurnya saat ini 1.342 tahun. Usianya ini terhitung dari Prasasti Sriwijaya (atau Prasasti Kedudukan Bukit) berdiri, yakni pada tahun 16 Juni 682.

    Ada kisah tersendiri di balik nama kota Palembang. Berdasarkan topografi (studi tentang bentuk permukaan bumi), kota ini dikelilingi air, lebih tepatnya ‘terendam’ air.

    Air-air tersebut bersumber tidak hanya dari sungai tapi juga rawa dan air hujan. Bahkan saat ini saja, kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang air (berdasarkan data Statistik tahun 1990).

    Oleh karena kondisi, masyarakat setempat di kala itu menamakannya Pa-lembang, di mana  dalam bahasa Melayu ‘Pa’ atau ‘Pe’ dimaknai sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan. Sementara ‘lembang’ atau ‘lembeng’ adalah ‘tanah yang rendah’, ‘lembah akar yang membengkak karena lama terendam air’ (makna sesuai kamus Melayu).

    Secara keseluruhan, Palembang diartikan tempat yang digenangi oleh air.

    7 rekomendasi tempat wisata di Palembang yang lagi hits

    Itulah sedikit kisah mengenai sejarah Kota Palembang. Untuk lokasi wisatanya sendiri ada banyak, apalagi wisata sejarahnya. Seperti Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho, Museum Balaputra Dewa, Taman Purbakala Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak, Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, dan masih banyak lagi.

    Sekarang simak tempat-tempat wisata di Palembang yang lagi hits dan wajib banget kamu sambangi saat liburan ke sini, ya.

    1. Taman Bunga Celosia Spring Hill

    Belakangan, tempat wisata di Palembang ini lagi hits banget. Sesuai namanya, yang jadi ikon pada tempat wisata ini adalah si bunga Celosia. Nama lain dari bunga ini adalah Jengger Ayam karena memang bentuknya yang mirip dengan jengger ayam.

    Tempat sangat indah dan instagramable banget dijadikan tempat berfoto. Kalau mau ke sini, datangnya antara pukul 09:00 hingga 16:30 WIB ya. Untuk tiket masuknya adalah Rp10.000 saja per orang.

    Lokasinya ada di Jalan Letjen. TNI Dr. H. Ibnu Sutowo, Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

    2. Air Terjun Lematang

    Kota Palembang juga punya air terjun yang indah, namanya Air Terjun Lematang yang berada di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan.

    Pemandangan di sekitar Air terjun Lematang indah banget, suasananya juga sejuk, dan banyak ditumbuhi pepohonan rimbun. Sehingga, Pas banget jadi tempat wisata di Palembang yang pas untuk healing.

    3. Kebun Teh Dempo

    Tempat healing di Palembang berikutnya adalah Kebun Teh Dempo. Tempat wisata di Palembang ini terdiri dari hamparan kebun teh seluas 1.523 hektar. Jadi tak heran, ke mana matamu memandang, kamu akan mendapati pemandangan hijau nan menyejukkan hati.

    Tempat ini juga menyediakan penginapan seperti hotel, villa, losmen, dan homestay. Kamu tinggal pilih mana yang kamu suka.

    4. Taman Wisata Alam Punti Kayu

    Letak Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu ada di Jalan Kol. H. Burlian KM 6,5, Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang. Kawasan ini memiliki 71 jenis pohon dari 27 famili, di mana dua famili pohon paling dominan ditemukan di sana adalah Fabaceae (6 jenis) dan Myrtaceae (6 jenis).

    Selain flora, taman ini juga memiliki sejumlah fauna seperti beberapa jenis serangga, burung, reptil, hingga mamalia.

    5. Tangga 2001

    Tangga yang ada di sini Gn. Dempo, Kecamatan Pagar Alam, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan ini bukan tangga biasa. Tangga ini memiliki ratusan anak tangga. Di sini kamu bisa berolahraga, juga memanfaatkan anak tangga yang dibuat dari kerikil sebagai pijat refleksi kaki.

    6. Amazone Palembang Square

    Tempat wisata ini kerap tujuan libur keluarga oleh masyarakat setempat. Lokasinya ada di di Jalan Angkatan 45, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang. Tempat ini menawarkan berbagai wahana yang bisa dinikmati, mulai dari permainan, musik, olahraga, dan masih banyak lagi.

    7. Waterboom OPI Jakabaring

    Anak-anak pasti senang banget diajak liburan ke Waterboom Ogan Permata (OPI) karena bisa menikmati berbagai wahana air di sini. Seperti Boom Blazer, Crazy Cone, Speed Slide, hingga Dolphin Pool. Ukuran kolam renangnya juga sangat beragam, sehingga orang dewasa juga bisa menikmatinya.

    Lokasi Waterboom OPI ada di Jalan Gubernur H.A. Bastari, 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Jakabaring, Palembang.

    Nah, itulah 7  tempat wisata di Palembang yang sedang hits belakangan ini. Yuk, berkunjung!

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait