Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & Trik8 Komponen Mesin Mobil untuk Menambah Kenyamanan Berkendara

    8 Komponen Mesin Mobil untuk Menambah Kenyamanan Berkendara

    Cek delapan komponen mesin mobil yang berguna untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara!

    News.OLX – Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, terdapat sejumlah komponen mesin mobil yang berperan aktif. Jika terdapat satu atau beberapa komponen bermasalah, maka efeknya dapat terasa kepada semua aspek kendaraanmu.

    Jika kamu tertarik untuk lebih mengenali masing-masing komponen mesin mobil ini, kami sudah merangkumkan setidaknya delapan komponen utama, yaitu:

    1. Komponen Mesin Mobil: Piston

    Bagian piston berperan cukup krusial di area mesin, misalnya mengganti energi panas sebagai mekanis, membangun kompresi, menghirup udara menuju silinder, hingga mendorong agar gas pembuangan dari pembakaran lepas.

    Piston tersebut kerap diasosiasikan menjadi jantung mesin, sebab dia secara direct terhubung pada tahapan pembakaran di mobil melalui TMA (Titik Mati Atas) dan TMB (Titik Mati Bawah).

    2. Kepala Silinder

    Suku cadang mesin mobil kedua ini termasuk komponen terpenting juga, karena fungsinya menjadi ruang pembakaran pada exhaust serta saluran intake, lokasi busi, sirkulasi oli, serta sebagai lokasi mekanisme katup. Di sini juga terdapat mekanisme valve train sebagai pengelola supaya bisa membuka dan menutupnya valve.

    Tiga tipe kepala silinder yang kerap dipergunakan adalah pentroof, wedge, serta hemispheric.

    3. Blok Silinder

    Posisinya tepat di area bawah kepala silinder sekaligus terhubung melalui gasket dan sejumlah baut. Fungsinya adalah untuk menjadi lokasi agar piston bisa naik maupun turun. Di mana blok silinder berguna sebagai pembantu supaya ini proses transfer energi panas ke mekanis bisa berlangsung.

    Fungsi lainnya adalah lokasi mekanisme engkol, pembakaran, saluran pelumas, dan lainnya.

    4. Karter (Oil Pan)

    Lokasinya di area bawah blok silinder, di mana tugasnya adalah penampung pelumas mesin atau oli. Untuk menghubungkannya dengan udara luar, di area mesin mobil tersebut pun memiliki area ventilasi.   

    Fungsi lainnya adalah mencegah agar potensi kebocoran berkurang pada area dalam kap mesin.

    mesin mobil (3) (1)

    5. Poros Engkol (Crankshaft)

    Untuk membuat piston yang sedang bergerak naik turun berubah memutar, maka komponen mesin mobil membutuhkan poros engkol ini. Sebab, putaran ini akan dilanjutkan ke transmisi. Dengan begitu, mobilmu pun dapat bergerak maju maupun mundur.

    Posisinya ada di bawah mesin yang menyatu dengan bagian blok mesinnya.

    6. Turbocharger

    Tidak semua mobil memiliki komponen ini. Namun, jika mobilmu termasuk yang punya, maka perannya lumayan krusial, karena berguna agar udara yang masuk menuju ruang bakar bisa dimampatkan.

    Bagian ini akan menarik udara panas pada saluran pembuangan, lalu mendorongnya ke bagian intercooler untuk proses pendinginan. Kemudian, udara tersebut akan digunakan lagi untuk membantu pembakaran di mobilmu.

    7. Transmisi

    Kegunaannya adalah sebagai pengatur pada tenaga dan torsi agar kendaraanmu dapat berjalan optimal. Secara umum, ada tiga tipe transmisi yang sering digunakan mobil Indonesia, yaitu:

    • Manual: Mengharuskan pengendara untuk menentukan gigi  mobil sendiri.
    • Otomatis konvensional: Bekerja sama dengan planetary gear set agar terciptanya rasio gigi.
    • Otomatis CVT: Mampu mengubah rasio gigi mobil dengan otomatis, tanpa harus melakukan perpindahan gigi seperti kedua transmisi sebelumnya.

    8. Suspensi

    Bagian ini hadir sebagai peredam dari tekanan yang diberikan oleh permukaan jalan, sehingga kendaraan bisa tetap stabil dan nyaman selama kamu kendarai. Beberapa permukaan jalan yang membutuhkan penanganan suspensi adalah jalan berlubang, berbatu, hingga polisi tidur.

    Cara meredamnya adalah dengan mengayun ke bawah dan ke atas, sehingga kabin tidak merasakan getaran.

    Fungsi lainnya juga menjadi penyeimbang sekaligus penopang supaya bodi mobil bisa tetap baik dalam keadaan jalan atau diam.

    Apabila kamu hendak mengganti salah satu bagian mesin mobil di atas dengan versi bekasnya, maka silakan cek ketersediaannya di OLX. Unduh juga aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store agar pencarianmu lebih cepat dan mudah.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait