Apple Store hadir di Indonesia, inilah keuntungannya bagi pengguna produk Apple.
News.OLX – Rumor tentang hadirnya Apple Store resmi di Indonesia semakin santer terdengar. Hal ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pengguna produk Apple di Tanah Air. Namun, pertanyaan mendasar yang muncul adalah apa untungnya bagi konsumen?
Manfaat Hadirnya Apple Store di Indonesia Bagi Konsumen
Kabar hadirnya Apple Store di Indonesia sudah berembus sejak beberapa waktu lalu. Hal ini diperkuat dengan hadirnya YouTube resmi berbahasa Indonesia, Instagram @AppleIndonesia, dan munculnya sejumlah lowongan pekerjaan dari Apple. Kehadirannya bukan hanya dinantikan, tetapi juga diharapkan membawa sejumlah keuntungan.
1. Layanan Purna Jual Lebih Baik
Sebelumnya, Apple hanya memiliki authorized reseller di Indonesia, seperti iBox dan iStore. Tanpa toko resmi, layanan Purna jual atau after sales menjadi problem khusus saat pembeli ingin memperbaiki, mengganti sparepart, dan lain-lain. Bahkan untuk servis produk bisa terlaksana berbulan-bulan.
Dengan hadirnya Apple Store, konsumen berharap pelayanan lebih baik dari pakar produknya langsung daripada distributor resmi. Pembeli bisa mendapat solusi tepat atas segala keluhan dari pemilik produk.
Karena menurut beberapa ulasan atau testimonial, sejumlah pengguna merasakan ketidaknyamanan pelayanan after sales. Seperti klaim garansi atau asuransi yang berbelit, inden suku cadang lama, bahkan ada yang memilih terbang ke negara tetangga, Singapura untuk memperoleh layanan purna jual yang pantas.
Di sisi lain, Apple Store mampu mengatasi masalah kesalahan informasi garansi, asuransi, hingga ongkos tambahan yang harus pengguna bayarkan hanya untuk memperoleh layanan purna jual.
2. Peluncuran Produk Lebih Cepat
Bukan hanya mengatasi masalah layanan after sales, adanya Apple Store juga memungkinkan penggemar mendapat jadwal perilisan produk terbaru yang lebih cepat atau tidak terlalu jauh tanggalnya dari peluncuran global.
Contoh di iPhone 15 series beberapa waktu lalu, yang mana jarak launching produk di Indonesia dengan global adalah satu bulan. Dengan hadirnya toko resmi, harapannya launching produk bisa lebih cepat atau sejajar dengan negara-negara maju di Asia—Jepang, Singapura, dan negara lain.
3. Pengembangan Produk
Keuntungan lain, perusahaan bisa mengembangkan produk dan merancang strategi khusus untuk target market Indonesia. Alhasil, produk lebih relevan dan laris manis di Tanah Air.
Tentunya, pengembangan produk tidak hanya masalah hardware, tetapi bisa ke software yang selaras kebutuhan pengguna di Indonesia. Apalagi fakta mengatakan bahwa Apple Store di Asia Tenggara hanya ada dua. Itupun semua ada di Singapura. Maka, kehadirannya di Indonesia menjadi sangat-sangat dinanti oleh pengguna.
Namun, benarkah Apple Store akan hadir di Indonesia? Mari tunggu dan simak perkembangannya.
Sembari menunggu, baca berita-berita pilihan melalui OLX atau gunakan aplikasi yang bisa kamu download dari Google Play Store atau App Store untuk akses praktis.