Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Itu Highway Hypnosis dan Bahayanya saat Mengemudi?

    Apa Itu Highway Hypnosis dan Bahayanya saat Mengemudi?

    Waspada dengan bahaya highway hypnosis, ini cirinya!

    News.OLX – Ketika mengendarai jarak jauh, terutama saat pulang kampung pada momen lebaran, mungkin kita pernah mengalami momen di mana tiba-tiba seperti terhipnotis dan tak menyadari telah menempuh perjalanan jauh. Fenomena ini dikenal sebagai highway hypnosis atau hipnosis jalan raya.

    Hipnosis jalan raya merupakan risiko serius bagi pengemudi yang menghabiskan waktu lama di atas jalan. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan dan cedera. Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Yuk cek penjelasannya berikut ini.

    Apa yang dimaksud dengan highway hypnosis?

    Hipnosis jalan raya terjadi ketika seseorang merasa bosan dan terjebak dalam rutinitas saat mengemudi di jalan yang panjang, lurus, dan monoton.

    Kondisi ini membuat pikiran pengemudi kehilangan fokus dan kesadaran saat mengemudi, sehingga mereka bisa menempuh jarak yang cukup jauh tanpa menyadarinya.

    Baca juga: Ini Pentingnya Sabuk Pengaman untuk Penumpang Belakang, Anda Wajib Tahu!

    Pada saat seperti ini, pikiran sadar pengemudi seakan-akan teralihkan oleh hal-hal lain, meskipun mereka masih mampu merespons situasi di sekitarnya dengan aman dan tepat. Hipnosis jalan raya adalah contoh dari otomatisasi mental yang terjadi dalam kondisi tersebut.

    Ternyata, kondisi ini tidak hanya terbatas pada saat berkendara, melainkan juga bisa terjadi dalam aktivitas rutin lainnya seperti bekerja atau berjalan-jalan. Beberapa tanda yang bisa mengindikasikan seseorang mengalami highway hypnosis antara lain:

    1. Mengantuk.
    2. Kehilangan konsentrasi atau kebingungan.
    3. Pikiran melayang.
    4. Perasaan tumpul atau linglung.
    5. Waktu reaksi yang lambat.
    6. Kelopak mata terasa berat atau sering berkedip.

    Menurut informasi dari Healthline, beberapa faktor yang dapat menyebabkan highway hypnosis. Berikut penjelasannya.

    1. Jalan yang monoton dan tanpa banyak perubahan.
    2. Kurangnya stimulasi atau perhatian yang diberikan oleh otak.
    3. Kelelahan atau kurang tidur.

    Dalam situasi-situasi ini, penting untuk waspada dan mengambil tindakan pencegahan agar tetap aman dan fokus, terutama saat melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan seperti mengemudi atau bekerja.

    Baca juga: Kenali Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof, Jangan Sampai Salah

    Bahaya dari highway hypnosis sangat serius karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan, yang mirip dengan risiko pengemudi yang mengantuk. Seperti yang disebutkan dalam sumber yang kamu sebutkan, kasus pengemudi yang mengantuk telah menyebabkan sekitar 100.000 kecelakaan mobil setiap tahun dan menewaskan sekitar 6.500 orang.

    Lantas, mengapa hal ini bisa sangat berbahaya? Berikut beberapa bahaya yang terkait dengan highway hypnosis.

    1. Kecelakaan yang serius

    Kondisi ini dapat membuat pengemudi tidak sadar akan situasi di sekitarnya, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

    Ketika pengemudi kehilangan kewaspadaan, reaksi mereka terhadap kendaraan lain, perubahan jalan, atau bahaya potensial menjadi lebih lambat dan kurang efektif.

    2. Kehilangan kendali

    Highway hypnosis membuat pengemudi kehilangan fokus dan aktif dalam mengemudikan mobil. Hal ini dapat mengakibatkan mereka kehilangan kendali atas kendaraannya, yang dapat berujung pada kecelakaan serius.

    3. Meningkatkan risiko stres

    Kondisi ini juga dapat menyebabkan pengemudi merasa lelah dan stres. Ketika seseorang merasa stres saat mengemudi, kemampuan mereka untuk merespons situasi darurat atau situasi lalu lintas yang kompleks menjadi terbatas, meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

    Baca juga: Cara Mudah Membersihkan dan Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Untuk menghindari bahaya highway hypnosis, sangat penting untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat saat mengemudi jarak jauh atau dalam kondisi monoton.

    Salah satu cara untuk mengatasi highway hypnosis adalah dengan berhenti sejenak untuk istirahat, melakukan peregangan, atau mengambil nafas segar jika kamu merasa kehilangan fokus atau mengantuk selama perjalanan.

    Selain itu, memastikan kamu cukup tidur sebelum melakukan perjalanan panjang juga sangat penting untuk menjaga kewaspadaan dan keselamatan di jalan.

    mengemudi 2

    Cara mencegah highway hypnosis

    Memahami tanda-tanda kondisi ini dan mengambil tindakan yang tepat adalah langkah penting dalam menjaga keselamatan di jalan raya. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi highway hypnosis antara lain:

    1. Menyadari kondisi

    Penting untuk menyadari jika kamu mulai mengalami highway hypnosis. Ini merupakan langkah pertama untuk mengatasi masalah ini. Jika kamu merasa seperti berada dalam kondisi tidak sadar atau bahaya, segera cari tempat yang aman untuk berhenti dan istirahat.

    2. Istirahat dan berhenti

    Jangan ragu untuk berhenti dan istirahat jika merasa lelah atau bosan selama perjalanan. Mengambil istirahat singkat dapat membantu kamu menyegarkan pikiran dan kembali fokus. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi jika kondisimu memprihatinkan.

    3. Jangan berkendara terlalu lama

    Hindari mengemudi terlalu lama dalam satu waktu. Idealnya, berhentilah setiap 2-3 jam untuk beristirahat selama 15-30 menit. Ini membantu menghindari akumulasi kelelahan dan menjaga kewaspadaanmu.

    4. Gunakan fitur keselamatan

    Jika mobilmu dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Safe Distance Warning (SDW) dan Lane Departure Warning (LDW), pastikan untuk mengaktifkannya. Fitur-fitur ini dapat membantu kamu tetap waspada terhadap jarak kendaraan di depan dan menjaga posisi kendaraanmu di jalur yang benar.

    5. Mengubah posisi atau aktifitas

    Kadang-kadang, mengubah posisi duduk atau setir, mendengarkan musik yang memikat perhatian, berbicara dengan penumpang, atau melakukan panggilan telepon melalui perangkat hands-free dapat membantu menjaga kewaspadaan.

    6. Mencegahnya dari awal

    Kamu juga dapat mencegah highway hypnosis dengan memastikan kamu cukup tidur sebelum mengemudi, merencanakan perjalanan dengan baik, mengenali rute dan kondisi lalu lintas, serta menghindari mengemudi pada waktu-waktu yang terlalu ramai atau membosankan.

    Baca juga: Ketemu Lane Hogger di Jalan Tol, Begini Cara Menghadapinya

    Semua langkah ini dapat membantu menjaga keselamatanmu dan orang lain di jalan raya. Keselamatan selalu menjadi prioritas utama ketika mengemudi, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait