Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Apa Itu Tune Up Mobil, Fungsi, Kapan Waktu dan Cara Melakukannya

    Mengenal Apa Itu Tune Up Mobil, Fungsi, Kapan Waktu dan Cara Melakukannya

    Sebagai pemilik mobil, kita pasti sudah sering dengar istilah “tune up” ketika sedang di bengkel. Secara sederhana, tune up merupakan salah satu hal yang dilakukan untuk merawat mobil secara rutin yang wajib banget dilakukan. 

    Penting untuk kita tahu, bahwa setiap mobil memiliki waktu yang berbeda-beda untuk di-tune up, tergantung dari cara pemakaian dan kondisinya. Nah, supaya lebih memahami, simak ulasan berikut mengenai tune up mobil.

    Apa Itu Tune Up Mobil?

    Menurut laman resmi Suzuki di Indonesia, tune up mobil adalah penyetelan ulang semua komponen yang ada di mobil. Tune up dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan performa mesin agar kembali seperti awal. Tune up berasal dari bahasa Inggris, yaitu “tune” yang berarti melakukan koreksi atau setel ulang pada mesin mobil, dan “up” yang berarti meningkatkan.

    Tune up biasanya dilakukan dengan melakukan pemeriksaan, pemeliharaan, dan perbaikan pada komponen mobil yang sudah harus diganti. Biasanya montir akan melakukan pengecekan secara menyeluruh, sehingga mengetahui apa saja yang perlu diganti dan diperbaiki.

    Baca juga: Manfaat dan Fungsi Tune Up di Mesin Mobil

    Nah, sebelum melanjutkan pembahasan mengenai tune up, penting untuk kita mengetahui perbedaan tune up dan service mobil. Meskipun kedua hal tersebut memiliki tujuan yang sama untuk membuat kondisi mobil menjadi prima, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

    Perbedaan pertama dapat kita ketahui dari tujuannya, jika service bertujuan untuk memastikan seluruh komponen mobil dapat bekerja dengan baik, tune up bertujuan untuk memastikan kinerja mobil dapat meningkat seperti saat pertama kali digunakan. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk service biasanya juga lebih cepat dibandingkan dengan tune up mobil.

    Selanjutnya, kita bisa melihat perbedaan dari lingkup yang dikerjakan. Lingkup kerja yang dilakukan saat service mobil biasanya lebih sedikit karena hanya melakukan pengecekan dan pembersihan beberapa komponen saja. Sedangkan tune up mobil lingkup kerjanya lebih luas sampai ke performa mobil. Secara biaya, melakukan service juga lebih murah dibanding tune up mobil.

    Fungsi Tune Up Mobil

    Melakukan tune up mobil secara rutin akan menghindarkan kita dari berbagai kerugian yang muncul karena mobil mengalami kerusakan komponen dan mogok di tengah perjalanan. Selain itu, terdapat fungsi lain dari melakukan tune up, yaitu:

    1. Mengoptimalkan Performa Mesin 

    Fungsi utama melakukan tune up mobil adalah memastikan performa mesin terjaga dengan baik. Selain itu, rutin melakukan tune up mobil juga akan meningkatkan tenaga yang dihasilkan mesin untuk mobil.

    Nah, hal yang penting untuk kita ketahui adalah tune up hanya fokus pada bagian mesin saja, seperti oli gardan tutup distributor, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli, power steering. Tune up tidak fokus pada daya kelistrikan, pemindahan daya, dan chassis.

    Karena hanya fokus pada sektor dapur pacunya, maka proses yang dilakukan benar-benar akan optimal. Kita jadi bisa menempuh segala medan dengan mudah jika mobil sudah rutin di-tune up.

    2. Memastikan Fungsi Filter Udara dan Celah Katup

    Melakukan tune mobil juga berfungsi untuk memastikan komponen filter udara di dalam mesin mobil dapat terjaga dengan baik. Kurangnya perawatan akan membuat filter udara tidak berfungsi dengan optimal. Filter udara yang bermasalah tentu akan mempengaruhi performa mesin.

    Selain itu, tune up juga berfungsi untuk mengecek celah kabel busi dan celah katup. Celah busi penting untuk dibersihkan agar menjaga besaran api yang keluar. Begitu pula dengan celah katup, harus diperiksa dan disetel ulang agar dapat bekerja secara optimal. 

    3. Memastikan Komponen Mesin Tetap Terjaga Performanya 

    Tune up mobil juga berfungsi untuk memastikan komponen mesin tetap stabil. Komponen mesin mobil yang tetap stabil akan membuat komponen dapat bekerja secara optimal. Akhirnya mobil akan aman dan nyaman untuk dikendarai.

    4. Memperpanjang Usia Pakai Mobil

    Fungsi yang sangat penting dari tune up adalah memperpanjang usia pakai mobil. Hal ini terjadi karena tune akan terus membuat performa mobil seperti saat baru digunakan. 

    5. Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

    Tentu saja dengan melakukan tune up, mobil akan nyaman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan tune up mobil memastikan performa mesinnya tetap baik.

    Baca juga: 6 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

    Kapan Waktu Terbaik untuk Tune Up?

    Fungsi tune up mobil dan kapan waktunya
    Tune Up Mobil (olx.co.id)

    Idealnya, kita melakukan tune up mobil setahun sekali atau setelah mobil menempuh jarak 100.000 km. Hal lain yang bisa menjadi patokan melakukan tune up adalah mesin mobil yang performanya menurun, konsumsi bensin yang lebih banyak dari biasanya, dan suara mobil yang kasar.

    Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang bisa kita gunakan untuk acuan melakukan tune up. Pertama adalah usia mobil, semakin tua usia mobil, maka lebih baik jika tune up dilakukan lebih sering agar performa mesin tetap terjaga. Kedua adalah kondisi mobil, jika mobil kita terawat dengan baik maka waktu tune up yang diperlukan lebih panjang.

    Faktor ketiga adalah penggunaan mobil, semakin sering kita menggunakan mobil untuk perjalanan jauh atau medan yang berat, maka lebih baik jika tune up sering dilakukan. Terakhir, tergantung merk dan tipe mobil, karena setiap merk dan tipe mobil memiliki rekomendasi waktu tune up yang berbeda. Penting untuk membaca buku panduan dari mobil untuk mengetahui hal ini. 

    Tidak adalah masalah jika kamu ingin melakukan tune up sering-sering, hal tersebut malah akan membuat performa mobil lebih maksimal dan prima sehingga mobil nyaman untuk digunakan.

    Baca juga: 8 Hal Perlu Dilakukan Ketika Membeli Mobil Bekas Berusia di Atas 10 Tahun

    Cara Tune Up Mobil

    Nah, hal terakhir yang penting untuk diketahui adalah cara untuk melakukan tune up mobil. Komponen yang penting untuk kita lakukan adalah mengecek, membersihkan, dan menyetel ulang beberapa komponen. Jika sudah rusak, maka kita harus menggantinya. Berikut hal yang perlu dilakukan untuk tune up mobil, yaitu:

    • Memeriksa kondisi mesin
    • Menyetel karburator atau injeksi
    • Mengganti oli mesin dan filter oli
    • Mengganti filter udara
    • Mengganti busi
    • Mengecek sistem kelistrikan
    • Mengecek sistem pengereman
    • Mengecek sistem suspensi

    Bagaimana, sekarang sudah paham kan mengenai tune up mobil dan kenapa penting dilakukan? Jangan lupa untuk melakukan tune mobil secara rutin agar mobil kita nyaman untuk digunakan.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait