Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBan Motor Matic Goyang Saat Melaju, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

    Ban Motor Matic Goyang Saat Melaju, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

    Ban motor matic yang goyang mengganggu kontrol berkendara, berbahaya!

    News OLX – Ban motor matic yang mengalami goyangan atau getaran yang tidak normal dapat menjadi pemicu kecelakaan. Maka dari itu jika pengguna motor mengalami kondisi ini harus segera ditangani dan diperbaiki.

    Karena jika ban motor matic goyang saat dikendarai, kendali pengemudi terhadap motor menjadi lebih sulit. 

    Maka dari itu berikut kami sampaikan penyebab dan cara mengatasi goyangan pada ban motor matic, yang dilansir dari laman Astra Motor.

    1. Pemasangan ban tidak rata

    Pemasangan ban motor matic yang tidak sejajar atau tidak rata pada velg dapat menyebabkan goyangan saat berkendara. Pemasangan ban yang kurang tepat harus segera diperbaiki untuk menghindari potensi bahaya.

    Baca juga: Dear Pengguna Motor Matic, Ini Waktu yang Tepat untuk Membersihkan CVT

    Untuk mengatasinya periksa kembali pemasangan ban, dan pastikan ban motor matic terpasang dengan benar dan sejajar pada velg. Jika ditemukan ketidakseimbangan, bawa ke bengkel untuk pemasangan ulang.

    2. Kondisi velg tidak rata

    Velg motor yang bengkok, retak, atau tidak rata dapat menjadi penyebab goyangan pada ban motor matic. Cara mengatasi kondisi ini sebaiknya periksa kembali kondisi velg.

    Jika velg mengalami kerusakan, bawalah ke bengkel spesialis untuk diperbaiki atau diganti dengan yang baru jika sudah tidak memungkinkan diperbaiki.

    Karena velg yang bengkok tidak parah umumnya masih bisa diperbaiki dengan cara di press, namun jika sudah parah atau bahkan retak dan pecah sebaiknya ganti velg dengan yang baru. Atau bisa juga beli velg motor matic dengan kondisi seken terbaik.

    3. Tekanan shockbreaker tidak seimbang

    Tekanan yang tidak seimbang pada shockbreaker motor juga dapat menyebabkan goyangan pada ban. Pastikan shockbreaker diatur dengan benar untuk menjaga stabilitas saat berkendara.

    Baca juga: Beda Karakter Motor Matic Lama dan Baru, Perhatikan Pemilihan Oli Mesinnya!

    Cara mengatasi ban motor yang goyang dalam kondisi ini adalah dengan kembali mengatur tekanan shockbreaker. Pastikan tekanan pada shockbreaker seimbang dan sesuai dengan rekomendasi.

    Motor matic 2

    4. Tekanan angin ban tidak tepat

    Tekanan angin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi pada ban motor matic dapat menyebabkan goyangan. Periksa dan pastikan tekanan angin pada ban motor sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sesuaikan tekanan angin jika diperlukan.

    5. Kerusakan akibat jatuh atau tabrakan

    Ban motor matic dapat mengalami goyangan akibat kerusakan struktural pada motor akibat kecelakaan atau tabrakan.

    Baca juga: Cara Aman dan Nyaman Ganti Ban Motor Matic Supaya Terlihat Keren

    Cara mengatasi ban motor matic yang goyang akibat jatuh dan tabrakan adalah dengan memeriksa kondisi sasis motor. Pastikan chasis tidak ada kerusakan akibat tabrakan atau kecelakaan. 

    Jika ditemukan komponen-komponen yang rusak, seperti laher-laher, atau segituka stang motor matic, sebaiknya langsung perbaiki atau ganti yang baru.

    Mengatasi goyangan pada ban motor matic adalah langkah penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. 

    Sudah seharusnya lakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala untuk mencegah dan mengatasi potensi masalah pada ban motor matic.

    Akses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait