Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiBenarkah Komponen Harga OTR adalah Termasuk Pajak? Ini Penjelasannya

    Benarkah Komponen Harga OTR adalah Termasuk Pajak? Ini Penjelasannya

    Harga OTR adalah komponen umum saat membeli mobil baru. Pahami apakah harga ini sudah mencakup pajak.

    News.OLX – Bila kamu berniat menambah mobil baru, maka sebaiknya pahami dulu apa itu harga OTR. Hanya sedikit orang yang tahu, harga OTR adalah cerminan dari total kewajiban finansial yang mesti ditanggung konsumen sehubungan menjadi pemilik suatu kendaraan.

    Di balik label harga yang tertera, harga OTR juga mencakup biaya-biaya yang terkait dalam proses pengurusan surat-surat dan persyaratan lainnya guna memperoleh izin resmi berkendara di jalan raya.

    Nah, apakah itu berarti harga OTR adalah termasuk pajak juga? Begini penjelasannya.

    Harga OTR adalah Termasuk Pajak, Benarkah?

    Sebelum menjawab teka-teki tersebut, mari kita telisik dulu apa itu harga OTR. Harga OTR adalah keseluruhan nilai yang perlu ditanggung konsumen atas pembelian sebuah kendaraan, termasuk semua biaya dan ongkos terkait untuk sah mengoperasikannya. Istilah ini merupakan singkatan dari harga on the road.

    Sebaliknya, ada pula yang namanya harga off the road, walau tidak lagi umum. Harga off the road maksudnya adalah harga mobil di luar biaya ekstra yang timbul sehubungan dengan kelaikan jalan dan legalitasnya. Dalam konteks ini, harga tersebut cuma sebatas harga pokok kendaraan.

    Jadi, bila kamu membeli mobil dengan harga off the road, kamu tidak bisa seketika memakainya karena belum legal mengaspal. Untuk itu, kamu mesti mengurus tahapan dan ongkos lainnya secara terpisah sebelum bisa membawa pulang mobil tersebut.

    Sebaliknya, harga OTR adalah termasuk semua pengeluaran lain-lain berikut:

    • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
    • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
    • Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias plat registrasi
    • Pajak kendaraan

    Jadi, benar bahwasanya harga OTR adalah mencakup pelunasan pajak kendaraan dan pengurusan dokumen-dokumen legal penting yang terkait.

    harga OTR adalah_1

    Mengapa Harga OTR di Setiap Daerah Tak Sama?

    Perbedaan harga OTR adalah salah satu aspek yang perlu menjadi perhatian pula saat membeli mobil baru. Penyebab pertama antara lain sebab variasi tarif biro jasa. Tarif ini dapat berubah-ubah berdasarkan kebijakan pemerintah daerah dan peraturan instansi setempat, seperti POLRI dan Samsat.

    Selain itu, biaya distribusi kendaraan juga turut menentukan harga OTR. Faktor-faktor seperti biaya pengiriman dan biaya logistik memiliki andil atas biaya distribusi. Semua ini tak sama, disesuaikan dengan lokasi geografis dan jarak tempuh.

    Terakhir, penentuan harga OTR adalah berdasarkan pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). NJKB merepresentasikan harga pokok mobil sebelum pajak. Sementara itu, BBN-KB ialah pajak pungutan oleh pemerintah selama pengalihan kepemilikan kendaraan.

    Akibatnya, harga OTR mobil di satu kota bisa jauh lebih mahal daripada di kota lain, sekalipun untuk merek dan model yang sama.

    Karena harga OTR lebih transparan (mengingat sudah meliputi semua biaya yang perlu), kamu bisa menganggarkan dana dengan lebih baik. Selain itu, harga OTR juga meringkas alur beli mobil. Lantas, kamu tinggal fokus pada negosiasi akhir tanpa perlu risau akan adanya biaya-biaya terselubung.

    Mau beli mobil yang pasti praktis? Langsung cek OLX. Cuma di OLX beli mobil bekas jadi semudah belanja online. Cukup download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store dan mulai browsing iklan-iklan mobil bekas terverifikasi sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait