Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBisakah Velg Mobil Retak Diperbaiki?

    Bisakah Velg Mobil Retak Diperbaiki?

    Velg mobil yang retak bisa diperbaiki tergantung seberapa berat kerusakannya

    Banyak masyarakat mengira bahwa velg hanya untuk penunjang penampilan pada eksterior mobil. Padahal, velg mobil berguna untuk menjaga stabilitas pada kendaraan dan keamanan penggerak pada roda.

    Karena velg mobil adalah komponen yang kokoh dan jarang terjadi kerusakan, sebagian besar masyarakat tidak memperdulikan kualitas atau bentuk velg jika mobil habis mengalami kecelakaan atau tabrakan.

    Jika velg mobil mengalami keretakan, tidak boleh diabaikan OLXer agar tidak berpengaruh terhadap kinerja pada roda. Velg mobil yang retak dapat diperbaiki, tergantung pada tingkat kerusakan dan jenis velg

    Baca juga: 7 Jenis Velg Mobil, Ini Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangannya

    Sebelum menangani kasus tersebut, kenali faktor-faktor yang menyebabkan retak pada velg mobil untuk mengetahui seberapa besar kerusakannya.

    Penyebab retak pada velg mobil

    Velg Mobil Rusak

    Ada beberapa penyebab yang sering terjadi jika velg mobil mengalami keretakan. Jalan berlubang, membawa beban berlebihan dan mengalami tabrakan adalah permasalahan yang menyebabkan terjadinya retak pada velg mobil.

    Akibat yang terjadi dari kasus-kasus tersebut adalah jika retak pada velg mobil tidak ditangani secara cepat bisa berdampak penyok dan yang fatal seperti patah atau pecah saat berkendara. 

    Baca juga: Velg Brand Lokal, HSR Wheel Ramaikan GIIAS 2022

    Akhirnya, velg tidak bisa di reparasi dan kemungkinan terburuknya adalah kamu harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli velg baru lagi.

    Oleh karena itu, jika kamu menghadapi kasus-kasus tersebut, sebaiknya untuk dibawa ke bengkel secepatnya agar retak yang terjadi pada velg mobil bisa ditangani langsung dan menghindari permasalahan yang lebih besar

    Perbaikan pada velg mobil yang retak

    Jika kamu memahami penyebab dari retak pada velg mobil, kamu bisa melakukan beberapa tips ini untuk memperbaiki secepatnya dan mempertahankan performa velg:

    1. Memilih pengelasan yang tepat

    Tingkat kerusakan pada velg adalah faktor penentu apakah velg dapat diperbaiki atau harus diganti. Retakan kecil atau goresan mungkin dapat diperbaiki dengan pengelasan pada bagian palang di velg.

    Pengelasan ini tidak bisa dilakukan sembarangan OLXer. Kamu harus berkonsultasi dengan teknisi dan harus dilihat dari seberapa besar keretakan yang terjadi pada velg mobil.

    Baca juga: Kenali Tanda Velg Rusak, Jangan Lama Dibiarkan 

    Tetapi jika velg mengalami keretakan yang besar atau cacat struktural serius, maka penggantian mungkin menjadi satu-satunya pilihan yang aman agar efisien tanpa membuang banyak waktu.

    2. Teknik penambahan daging

    Teknik ini dikenal untuk memperbaiki velg mobil dengan cara menambal bagian yang retak dengan menggunakan material sejenis. Seperti contoh, velg mobil berbahan aluminium billet penambahan dagingnya dengan aluminium billet pula.

    Penambahannya dengan cara pemanasan dengan api  las untuk menambal retakan velg. Cara ini dilakukan khusus untuk retakan di bagian bibir pelek. Sedangkan pada retakan bagian lain tidak sembarang bisa menggunakan teknik ini. 

    3. Diperbaiki secara manual

    Cara ini sebenarnya cara yang kurang memuaskan, pasalnya cara manual ini dilakukan dengan merapikan retakan menggunakan dempul dan lem agar pori-pori menjadi lebih kuat. 

    Mungkin, untuk kasus yang tidak berat bisa tertolong. Tetapi, efek sampingnya adalah pertolongan ini tidak bertahan lama dan bisa mengalami kerusakan tambahan pada velg mobil.

    Baca juga: Velg Lokal Ini Punya Desain Timeless, Dengan Material Ringan Namun Kokoh

    Jika kamu memiliki  yang retak atau rusak, langkah pertama yang terbaik adalah menghubungi bengkel mobil atau spesialis perbaikan  yang berpengalaman. Mereka dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi apakah  dapat diperbaiki dengan aman atau harus diganti. 

    Maka dari itu, kamu wajib untuk memeriksa secara berkala bagaimana kondisi pada  mobil. Selalu prioritaskan keselamatan dan pastikan dalam kondisi yang baik sebelum digunakan dalam perjalanan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait