Senin, Juli 22, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Mendeteksi Mobil Bekas Banjir dan Tabrakan

    Cara Mendeteksi Mobil Bekas Banjir dan Tabrakan

    Awas kegocek mobil bekas banjir dan tabrakan!

    Mendeteksi apakah sebuah mobil bekas pernah terkena banjir atau tabrakan adalah hal yang sulit bagi yang awam. Karena ada kemungkinan pemilik atau penjual akan mencoba menyembunyikan informasi tersebut.

    Tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa terdeteksi. Setidaknya ada beberapa tanda atau gejala yang dapat dilakukan untuk membantu mendeteksi apakah mobil bekas tersebut pernah terkena banjir dan tabrakan.

    Berikut kami sampaikan cara mendeteksi mobil bekas banjir dan tabrakan, yag telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

    Ada bau tidak sedap di dalam kabin

    Bau yang tidak sedap di dalam mobil dapat menjadi indikasi bahwa mobil pernah terkena banjir dan belum dibersihkan dengan baik.

    Baca juga: DFSK Berbagi Tips Berkendara Saat Hujan, Apa Saja Persiapannya?

    Bau tidak sedap pada kabin ini biasanya berasal dari karpet dasar mobil, peredam, dan kursi yang masih lembab atau belum bersih dibersihkan.

    Periksa kelistrikan dan sistem elektronik

    Periksa sistem listrik mobil termasuk lampu, sinyal, sistem infotainment, dan sistem elektronik lainnya. Mobil yang terkena banjir seringkali mengalami masalah listrik dan elektronik.

    Periksa komponen mesin dan transmisi

    Selanjutnya, mobil yang pernah terendam banjir umumnya memiliki tanda-tanda kerusakan atau korosi pada radiator, selang, atau tangki pendingin.

    Baca juga: Tips Jual Beli Mobil Online Lebih Aman dan Nyaman

    Jangan lupa juga cek oli mesin. Jika oli berwarna putih atau cokelat, ini bisa menjadi indikasi bahwa air masuk ke dalam mesin, yang bisa terjadi jika mobil terendam banjir.

    Jika kamu merasa ragu atau tidak yakin, sebaiknya membawa mobil ke bengkel atau mekanik yang dapat dipercaya untuk pemeriksaan lebih mendalam.

    Atau cara lainnya cobalah untuk mendapatkan laporan riwayat kendaraan (Vehicle History Report) ke benvgkel resmi jika memungkinkan.

    Laporan ini dapat memberikan informasi tentang apakah mobil pernah terkena banjir atau mengalami kerusakan serius lainnya.

    Banjir

    Deteksi mobil bekas kecelakaan

    Sedangkan mobil bekas kecelakaan beda lagi cara mendeteksinya. Calon konsumen mobil bekas harus lebih teliti karena komponen yang diperiksa lebih banyak dan mendetail.

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini Jika Mobil Lewati Jalanan Banjir Air Laut

    Berikut adalah beberapa cara untuk mendeteksi mobil bekas tabrakan:

    Perhatikan warna body dan panel

    Cara mendeteksi mobil bekas tabrakan yang pertama bermula dari eksterior. Mobil yang bekas mengalami tabrakan umumnya memiliki perbedaan warna yang mencolok antara panel-panel atau bagian mobil.

    Selain itu garis-garis antar panel terlihat tidak rata atau ada celah yang tidak seimbang di antara panel. Hal ini besar kemungkinan diakibatkan adanya bekas perbaikan. Perbaikan ini tidak sempurna sehingga lembaran logam terlihat tidak sejajar atau bengkok.

    Periksa rangka mobil tidak ada tanda lasan

    Cara deteksi mobil bekas tabrakan berikutnya adalah dengan memeriksa struktur tubuh dan kerangka mobil. Coba periksa rangka dari kolong-kolong apakah ada tanda-tanda lasan atau perbaikan yang mencurigakan.

    System elektronik dan fungsi mekanik masih baik

    Periksa sistem listrik dan elektronik seperti lampu, sinyal, dan sistem infotainment. Mobil yang pernah mengalami tabrakan seringkali memiliki masalah pada sistem ini.

    Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas Taksi, Jangan Tergiur Harga

    Sedangkan pada system mekanik, sebaiknya rasakan apakah ada getaran yang tidak biasa, suara berdecit, atau masalah pada sistem kemudi. Ini bisa menjadi tanda-tanda masalah mekanis akibat tabrakan.

    Mobil tidak stabil

    Cobalah menaiki mobil dengan melakukan test drive. Mobil bekas tabrakan umumnya kurang stabil selama berkendara, apalagi dalam kecepatan tinggi, biasanya menandakan bahwa mobil tersebut pernah mengalami tabrakan parah. 

    Selain dengan tips di atas, mendeteksi mobil bekas banjir dan tabrakan juga membutuhkan ketelitian ekstra. Jadi, saat mengecek sebaiknya jangan terburu-buru, ya!

    Baca juga: 9 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil di Pameran IIMS Hybrid 2021

    Demikian ulasan terkait ciri mobil bekas banjir dan tabrakan. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait