Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Menguras Air Radiator Mobil dengan Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri

    Cara Menguras Air Radiator Mobil dengan Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri

    JAKARTA – Dalam sistem pendinginan mesin mobil, keberadaan air radiator sangatlah penting. Selain dari komponen-komponen lain yang menunjang kinerja radiator, air radiator ini cukup banyak disepelekan oleh para pemilik mobil.

    Meski hanya sebuah air, namun perannya dalam pendinginan mesin mobil sangatlah vital. Pasalnya, air radiator menjadi sebuah cairan yang berguna untuk menjaga suhu mesin mobil agar tidak terlalu panas. 

    Bila sudah terlalu panas dan tidak dapat didinginkan, tentu kinerja mesin mobil Anda tidak akan nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus, mesin mobil yang terlalu panas bisa menyebabkan boros bahan bakar hingga mogok di jalan.

    Memang tidak hanya pada air radiator saja yang berperan vital. Namun saat komponen pada sistem pendinginan mobil bermasalah, tentu akan mempengaruhi sistem kerjanya. 

    Maka dari itu, sebagai pemilik mobil harus mengetahui bahwa komponen yang sudah lama digunakan harus segera diganti dengan baru. Seperti air radiator yang pada umumnya akan diganti setelah penggunaan lebih dari 20.000 km atau 6 bulan sekali.

    Apalagi dari harga air radiator ini pun cukup ekonomis dan tidak terlalu mahal. Selalu pastikan untuk menggunakan air radiator asli. Karena dalam beberapa kasus ada yang mengganti air radiator ini dengan air biasa. 

    Penggunaan air biasa ini memang tidak disarankan, namun dapat dilakukan saat dalam keadaan darurat. Seperti saat radiator yang sudah kepanasan hingga mobil mogok bisa menambah air radiator dengan air. Namun usai sampai rumah bisa dikuras dan dibersihkan untuk menggantinya dengan air radiator baru.

    Pasalnya saat menggunakan air biasanya, kondisi radiator sendiri bisa berubah karena bisa membuat karat di dalamnya. 

    Penggantian air radiator ini pun cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri saat memiliki waktu luang di rumah. Dapat mengganti air radiator sendiri tentu akan menghemat biaya dan memberi pengalaman dalam merawat mobil sendiri.

    Bila Anda tidak tahu berapa lama penggunaan air radiator yang sudah berada di dalam mobil. Ada beberapa ciri yang dapat diketahui sebelum menguras air radiator tersebut.

    Ciri air radiator sudah waktunya diganti:

    Terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga lupa dalam merawat mobil, menjadi keadaan yang lumrah dan kerap terjadi. Ada kalanya mobil hanya selalu dipakai tanpa diperhatikan kondisinya.

    Namun disaat sudah tidak nyaman digunakan, barulah terasa bahwa kendaraan membutuhkan service dan cukup banyak spare part yang harus diganti. Salah satunya ialah air radiator. 

    Air radiator sendiri memiliki beberapa ciri saat ia sudah tidak layak untuk digunakan dan sudah waktunya untuk menguras. Beberapa ciri tersebut pun mudah ditemukan, antara lain:

    1. Mesin cepat panas

    Kondisi mesin cepat panas meski baru saja digunakan adalah salah satu ciri utama bahwa radiator bermasalah. Permasalahan tersebut pun bisa berasal dari air radiator yang sudah sangat lama dan belum pernah diganti.

    2. Sudah lebih dari 1 tahun 

    Dalam penggunaan air radiator tentu memiliki jangka waktu tersendiri. Bagi Anda yang sudah lama tidak menggantinya perlu sesekali menggantinya agar menjaga sistem pendinginan mesin mobil Anda berjalan optimal.

    3. Warna air radiator berubah

    Warna air radiator memang bermacam-macam. Umumnya berwarna hijau terang. Perhatikan saat mengganti dengan air radiator baru dan lihat kembali dalam jangka waktu beberapa bulan. Bila warna sudah berubah dan malah menjadi gelap dan kotor, bisa berarti air radiator tersebut waktunya untuk diganti. 

    Cara menguras air radiator mobil

    Menguras air radiator mobil secara mandiri cukuplah mudah dan dapat dilakukan di rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa alat dan perlengkapan yang sederhana untuk menguras air radiator tersebut.

    1. Panaskan mesin mobil terlebih dahulu

    Sebelum menguras air radiator pastikan untuk menyalakan mesin mobil terlebih dahulu sejenak hingga sudah terasa panas. Lalu usai dipanaskan, mesin mobil dimatikan dan tunggu sampai dingin kembali.

    2. Buka tutup radiator

    Untuk mengurasnya perlu membuka tutup radiator dan baut pembuangan air radiator. Nantinya air radiator akan keluar dan tunggu hingga habis.

    3. Tutup rapat baut pembuangan

    Setelah air radiator dikeluarkan dengan bersih, lalu tutup kembali baut pembuangan tersebut dan isi kembali air radiatornya.

    4. Kembalikan posisi radiator seperti semula

    Setelah mengisi kembali air radiator pastikan untuk menutup kembali tutup radiator dan mengembalikannya seperti semula.

    Setelah keempat langkah tersebut dilakukan, coba hidupkan mesin mobil tanpa menyalakan AC. Hal ini dilakukan untuk mengecek kondisi radiator yang berfungsi dengan baik.

    Sesudah itu, matikan mesin mobil dan cek kembali air radiatornya. Bisa masih kurang, isi kembali air radiator pada tampungannya sesuai takaran yang tersedia pada tempatnya. 

    Pentingnya menguras air radiator mobil

    Air radiator terkadang cukup disepelekan oleh beberapa pengguna mobil. Bahkan tidak jarang ada yang mengisi tempat air radiator dengan air saja.

    Padahal bila tidak menggunakan air radiator yang semestinya, kondisi radiator bisa cepat rusak karena karat yang timbul dari air kotor yang digunakan. Namun memang dalam keadaan darurat saat kehabisan air radiator keadaan seperti ini memang tidak dapat dihindarkan.

    Namun saat sudah sampai rumah, selalu pastikan untuk mengecek kembali atau membawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan perawatan.

    Selain itu, radiator yang berfungsi sebagai sistem pendingin mobil berperan sangat penting. Bila radiatornya sendiri rusak tentu kinerja mesin akan berkurang bahkan bisa menyebabkan boros bahan bakar.

    Untuk menghindari tersebut, maka perlu dilakukan perawatan hingga penggantian secara berkala terhadap air radiator kurang lebih selama 6 bulan sekali. 

    Merawat mobil dengan baik, tentu akan menjaga harga jualnya agar tetap stabil. Pastikan untuk merawat kendaraan Anda agar harga jualnya tidak jatuh.

    Jangan lupa untuk memilih mitra terpercaya dalam menjual mobil Anda seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait