Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Pakai Tool Kit Mobil Bekas Kalau Kondisinya Sudah Begini!

    Jangan Pakai Tool Kit Mobil Bekas Kalau Kondisinya Sudah Begini!

    Saat membeli mobil bekas, pastikan untuk mengecek kondisi tool kit bawaan mobil. Karena tool kit mobil bekas jadi peralatan yang sangat penting saat menghadapi kondisi darurat dan membutuhkan penanganan cepat.

    News.OLX – Jangan biarkan tool kit tidak dapat digunakan karena kondisinya sudah rusak dan berkarat parah. Karena jika sudah berkarat parah kekuatan tool kit sudah lemah dan tidak layak digunakan akibat logam sudah mengalami korosi dan teroksidasi.

    Mengutip laman Kennedy Tools di Indonesia, sebaiknya jika tool kit sudah mengalami karat parah sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

    Baca juga: Apa Bedanya Beli Mobil Bekas dari Pemilik Langsung, Dealer, dan Online?

    Hal ini karena jika kamu memaksakan membuka atau mengunci baut, mata kunci pada tool kit bisa langsung tumpul, dan bahkan bisa merusak baut efek dari korosi yang membuat besi menjadi tajam.

    Tool kit yang karat juga berbahaya jika digenggam. Karena karat parah pada tool kit menunjukkan bahwa material logamnya sudah mengalami keropos. Rigiditas dan kekuatannya sudah tidak cukup untuk menahan beban torsi saat digunakan.

    Selain itu tool kit yang berkarat sudah parah mengurangi kepresisian saat membuka dan menutup baut.

    Tool kit (1)

    9 Cara membersihkan tool kit mudah dan praktis

    Meskipun tool kit dirancang untuk pemakaian jangka panjang, tetapi harus tetap dirawat secara rutin agar tidak mudah rusak saat digunakan. 

    1. Merendam dan menggosok karat dengan cuka adalah cara ampuh untuk membersihkan karat pada besi. Cuka dapat menghilangkan karat secara permanen, menjadikannya pilihan ideal untuk membersihkan tool kit. Rendam benda dalam air cuka semalam, kemudian gosok dengan sikat gigi hingga bersih.
    2. Kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring, untuk membersihkan barang berkarat. Basahi benda dengan sabun dan sikat, ulangi hingga bersih.
    3. Kombinasikan garam dan lemon, taburkan garam ke permukaan berkarat, teteskan air lemon, biarkan selama 2 jam, kemudian gosok dengan sikat.
    4. Pasta gigi adalah alternatif praktis, oleskan pada karat dan biarkan kering sebelum menggosoknya bersih.
    5. Bisa juga menggunakan asam oksalat yang merupakan cairan kimia untuk karat. Larutkan sesuai petunjuk, rendam benda berkarat, sikat, bilas, dan keringkan.
    6. Minyak yang dibasuh pada kain lap atau kapas juga bisa menghilangkan karat. Oleskan, biarkan meresap, sikat, bilas, dan keringkan.
    7. Selanjutnya gunakan baking soda dicampur air menjadi pasta, oleskan, tunggu, sikat, bilas, dan keringkan.
    8. Sikat kawat atau alat pengikis dapat digunakan untuk menghilangkan karat kasar, diikuti dengan amplas halus.
    9. Produk pembersih karat khusus tersedia. Ikuti petunjuk pada kemasan, gunakan sikat sesuai kebutuhan.

    Jadi, sudah paham ya kalau yang membutuhkan perawatan bukan hanya komponen-komponen pada mobil, tetapi tool kit juga harus dirawat dengan baik agar saat digunakan tidak menimbulkan risiko kerusakan.

    Dapatkan tips dan trik menarik lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait