Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCoating Mobil Bisa Berikan Kesan Glossy? Ketahui Infonya di Sini!

    Coating Mobil Bisa Berikan Kesan Glossy? Ketahui Infonya di Sini!

    Pelajari lebih lanjut tentang coating mobil dan bagaimana teknologi ini bisa menjaga penampilan mobil kesayangan kamu!

    News.OLX – Merawat mobil kesayangan itu penting banget, apalagi buat kamu yang hobi mobil. Bukan cuma mesinnya yang perlu dirawat, tapi penampilannya juga perlu dijaga biar tetap kinclong dan terlihat menarik. Nah, salah satu cara untuk menjaga tampilan mobil kesayangan kamu adalah dengan melakukan coating mobil.

    Coating mobil atau yang dikenal juga dengan sebutan ceramic coating atau nano-coating adalah teknologi terbaru yang bisa melindungi mobil kamu dari berbagai macam bahaya lingkungan. Selain itu, coating mobil juga bisa membuat mobil kamu terlihat lebih kinclong dan mengkilap.

    Yuk, simak artikel lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang coating mobil!

    Apa itu Coating Mobil?

    Coating adalah cairan polimer khusus yang diaplikasikan ke lapisan cat bagian luar mobil kamu. Lapisan nano ini akan bereaksi secara kimia dengan cat bawaan mobil, sehingga terbentuk lapisan pelindung yang transparan. Lapisan ini berfungsi sebagai tameng untuk melindungi cat mobil kamu dari sinar UV, kotoran burung, getah pohon, debu, garam jalanan, dan berbagai macam kontaminan lain yang bisa merusak cat mobil seiring berjalannya waktu.

    Beda dengan wax atau sealant mobil biasa, coating mobil menawarkan perlindungan yang lebih tahan lama, yaitu bisa sampai bertahun-tahun.

    Keuntungan Coating Mobil: Kenapa Harus Dicoba?

    1. Perlindungan Ekstra

    Coating adalah hal yang menguntungkan karena menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap berbagai macam bahaya lingkungan. Lapisan ini bisa mencegah oksidasi, pemudaran warna, dan kerusakan pada cat mobil kamu.

    2. Anti Baret

    Salah satu sifat coating adalah keras dan kuat, sehingga membuat cat mobil kamu lebih tahan terhadap goresan. Ini bisa mengurangi risiko baret halus yang biasanya terjadi akibat gesekan yang tidak disengaja atau terkena benda kecil di jalan.

    3. Proteksi dari Sinar UV

    Paparan sinar matahari yang terus-menerus bisa membuat cat mobil kamu kusam dan pudar. Coating mobil bertindak sebagai pelindung yang ampuh terhadap sinar UV, sehingga warna cat mobil kamu bisa tetap terjaga kilaunya dalam waktu yang lama.

    4. Efek Anti Air

    Coating mobil memiliki sifat hidrofobik, yang berarti air dan cairan lain tidak akan menempel pada permukaan mobil. Cairan akan membentuk bulir-bulir air dan mudah mengalir dari permukaan mobil. Efek ini membuat air tidak mudah menggenang di permukaan mobil, sehingga debu dan kotoran pun tidak mudah menempel.

    Dengan efek anti air ini, mencuci mobil jadi lebih mudah dan proses perawatannya pun jadi lebih efisien. Kamu tidak perlu repot-repot membersihkan sisa air yang mengering dan meninggalkan noda pada permukaan mobil.

    5. Tahan Bahan Kimia

    Lapisan coating mobil juga tahan terhadap bahan kimia yang bersifat asam. Ini membuat cat mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat terkena cairan pembersih yang terlalu keras.

    6. Mobil Tetap Kinclong

    Coating mobil bisa membuat cat mobil kamu terlihat lebih mengkilap dan bersinar. Mobil kamu pun akan tampil kinclong seperti baru keluar dari showroom, dan efek kilau ini bisa bertahan selama bertahun-tahun.

    Jenis-Jenis Coating Mobil, Pilih yang Mana?

    1. Ceramic Coating Professional

    Jenis coating mobil ini diaplikasikan oleh salon mobil profesional dan menawarkan perlindungan dan daya tahan terbaik. Proses persiapan dan pengaplikasiannya biasanya membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus. Lapisan ceramic coating professional bisa bertahan hingga 5 tahun atau lebih.

    2. Ceramic Coating DIY (Do It Yourself)

    Seperti namanya, jenis coating mobil ini  bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah. Biasanya dijual bebas di toko aksesoris mobil. Meskipun tidak sekuat yang dikerjakan di salon mobil, ceramic coating DIY tetap memberikan perlindungan yang baik dan bisa bertahan hingga 2 tahun dengan perawatan yang benar.

    3. Graphene Coating

    Graphene coating adalah jenis coating mobil terbaru yang menggunakan teknologi nanoteknologi graphene. Lapisan ini menawarkan perlindungan yang lebih baik dan kemampuan menolak air yang lebih unggul dibandingkan ceramic coating biasa.

    4. Silica-based Coating

    Silica-based coating merupakan jenis coating mobil yang umum digunakan  untuk DIY. Lapisan ini menawarkan perlindungan yang cukup baik dan proses pengaplikasiannya pun tergolong mudah.

    Proses Coating Mobil, Lebih Baik DIY atau Profesional?

    1. DIY

    Coating mobil sendiri bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dan memberikan rasa kepuasan tersendiri. Namun, proses ini membutuhkan persiapan yang teliti, seperti cuci mobil secara menyeluruh, dekontaminasi permukaan cat, dan perbaikan cat yang kusam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan kamu mengikuti instruksi dari produk coating mobil yang kamu gunakan dengan seksama.

    2. Profesional

    Dengan menggunakan jasa salon mobil profesional, kamu bisa mendapatkan hasil coating mobil yang sempurna dan tahan lama.  Para detailer profesional memiliki pengalaman, peralatan, dan keahlian khusus untuk menangani seluruh proses pengaplikasian coating mobil, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih baik.

    Tips Perawatan Coating Mobil Biar Kinclong Maksimal!

    Setelah kamu melakukan coating mobil, perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga keawetan lapisan coating dan membuat mobil kamu tetap kinclong. Berikut beberapa tips perawatan coating mobil yang perlu kamu ketahui:

    Merawat coating mobil
    Rutin Mencuci Mobil (olx.co.id)

    1. Cuci Mobil Secara Teratur

    Cuci mobil kamu secara teratur menggunakan shampo mobil dengan pH seimbang dan gunakan sarung cuci mobil berbahan microfiber yang lembut untuk menghindari goresan pada permukaan cat.

    2. Hindari Car Wash Otomatis

    Car wash otomatis yang menggunakan sikat atau spons kasar  dapat merusak lapisan coating mobil kamu. Sebaiknya cuci mobil secara manual atau gunakan car wash touchless (tanpa sentuhan) saja.

    3. Teknik Pengeringan yang Tepat

    Hindari mengeringkan mobil dengan cara diangin-anginkan karena bisa menimbulkan water spot atau noda air. Gunakan kanebo atau handuk microfiber berkualitas tinggi untuk menyerap air dengan lembut.

    4. Hindari Bahan Kimia Keras

    Jangan gunakan deterjen, solvent, atau pembersih berbahan kimia keras yang bisa mengurangi efektivitas lapisan coating mobil.

    5. Lakukan Pemeriksaan Berkala

    Periksalah kondisi lapisan coating mobil kamu secara berkala untuk mengetahui adanya tanda-tanda keausan atau kerusakan. Segera lakukan perbaikan di area yang terdampak untuk menjaga keutuhan lapisan coating.

    6. Perawatan Profesional

    Pertimbangkan untuk membawa mobil kamu ke salon mobil profesional secara berkala untuk pemeriksaan dan perawatan lapisan coating.  Dengan perawatan dari para detailer profesional, kamu bisa memastikan lapisan coating mobil kamu tetap dalam kondisi prima.

    Coating mobil  merupakan terobosan terbaru di dunia perawatan mobil yang menawarkan perlindungan jangka panjang dan membuat tampilan mobil kamu semakin kinclong.  Dengan memahami manfaat, jenis-jenis, proses aplikasi, dan tips perawatan coating mobil di artikel ini, kamu bisa membuat keputusan yang tepat  dalam memilih perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan mobil kamu.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait