Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Lainnya10 Daftar Fitur-Fitur Keamanan yang Wajib Dimiliki Mobil

    10 Daftar Fitur-Fitur Keamanan yang Wajib Dimiliki Mobil

    Ketika memilih mobil baru, fitur keamanan harus selalu menjadi prioritas utama. Fitur keamanan yang tepat dapat memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang, serta membantu mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi.

    Fitur-fitur keamanan ini bisa membantu cegah kecelakaan dan memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang. Beberapa fitur keamanan yang harus ada pada mobil yakni, sistem rem anti-lock, airbag, sistem kontrol traksi, sistem kontrol stabilitas elektronik, sistem pemantauan tekanan ban, kamera belakang, sistem pencuri alarm, sistem immobilizer, sistem navigasi, dan sistem kunci elektronik. 

    Memilih mobil dengan fitur keamanan yang lengkap dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Apalagi mobil tersebut digunakan dalam perjalanan jauh, sehingga perjalanannya pun semakin nyaman dan tenang.

    Memilih mobil dengan fitur-fitur keamanan lengkap tidak cukup sulit. Tidak harus membeli mobil mahal. Pasalnya fitur-fitur keamanan seperti ini sudah disematkan dalam beberapa mobil yang dengan kisaran yang tidak mahal.

    Baca juga: Pentingnya Fitur Keselamatan Pada Mobil SUV Rp 300 jutaan

    Berikut dirangkum daftar-daftar fitur keamanan mobil yang wajib dimiliki lengkap dengan fungsi dan cara kerjanya.

    Daftar Fitur Keamanan Mobil

    Ada beberapa daftar fitur keamanan mobil yang perlu dipahami. Fitur keamanan mobil ini di antaranya sebagai berikut:

    Sistem Rem Anti-lock (ABS)

    Sistem rem ABS membantu mencegah roda terkunci saat mengerem secara mendadak, sehingga pengemudi tetap dapat mengendalikan mobil.

    Airbag

    Airbag adalah sistem keamanan yang dirancang untuk mengurangi cedera pada penumpang saat tabrakan terjadi. Ada beberapa jenis airbag yang bisa ditemukan pada mobil, seperti airbag depan, samping, dan tirai.

    Sistem Kontrol Traksi

    Sistem kontrol traksi membantu mencegah roda tergelincir saat mengemudi pada permukaan yang licin, seperti saat hujan atau salju.

    Sistem Kontrol Stabilitas Elektronik

    Sistem kontrol stabilitas elektronik membantu mengontrol gerakan mobil saat berbelok atau bermanuver yang dapat mengurangi risiko terguling.

    Sistem Pemantauan Tekanan Ban

    Sistem pemantauan tekanan ban membantu menginformasikan pengemudi saat tekanan ban turun di bawah batas yang aman.

    Kamera Belakang

    Kamera belakang membantu pengemudi untuk melihat apa yang ada di belakang mobil saat mundur.

    Sistem Alarm

    Sistem alarm mobil membantu melindungi mobil dari pencurian dengan memberikan peringatan suara dan visual jika mobil dicuri.

    Sistem Immobilizer

    Sistem immobilizer mengunci mesin mobil sehingga tidak bisa dihidupkan tanpa kunci atau kode khusus.

    Sistem Navigasi

    Sistem navigasi membantu pengemudi menemukan rute terbaik dan dapat membantu menghindari area berbahaya atau tertentu.

    Sistem Kunci Elektronik

    Sistem kunci elektronik membuat penggunaan kunci fisik menjadi tidak diperlukan, sehingga penggunaannya lebih mudah dan aman.

    Fungsi Fitur Keamanan Mobil

    Fitur keamanan mobil memiliki fungsi utama untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Tak hanya itu ada beberapa fungsi lainnya yang akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.

    Mengurangi Risiko Cedera

    Fitur keamanan mobil bertujuan untuk mengurangi risiko cedera bagi pengemudi dan penumpang dalam kecelakaan mobil. Misalnya, airbag yang bisa membantu melindungi kepala, leher, dada, dan pinggul penumpang dari benturan saat terjadi tabrakan.

    Meningkatkan Kontrol

    Beberapa fitur keamanan, seperti sistem kontrol traksi dan stabilitas, membantu pengemudi mempertahankan kendali mobil di jalan. Ini bisa membantu mencegah mobil tergelincir, terlempar, atau terguling saat berkendara pada kondisi jalan yang sulit.

    Meningkatkan Visibilitas

    Fitur keamanan seperti kamera belakang dan sistem penghilang kabut membantu meningkatkan visibilitas pengemudi di jalan, terutama dalam kondisi cuaca buruk atau saat parkir.

    Baca juga: 5 Perangkat Agar Mobil Aman dari Pencurian

    Meningkatkan Keamanan

    Fitur keamanan seperti sistem immobilizer dan pencuri alarm membantu mencegah pencurian mobil, sehingga meningkatkan keamanan kendaraan.

    Menjaga Ban Tetap Aman

    Sistem pemantauan tekanan ban membantu pengemudi mengetahui tekanan ban yang tidak mencukupi, sehingga dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum terjadi kecelakaan akibat ban pecah atau meletus.

    Menyediakan Navigasi

    Sistem navigasi mobil membantu pengemudi mengetahui rute yang aman dan terbaik, sehingga dapat menghindari area berbahaya seperti jalan berlubang atau daerah dengan tingkat kejahatan tinggi.

    Meningkatkan Keterjangkauan

    Beberapa fitur keamanan seperti sistem kunci elektronik dan rem ABS dapat membuat mobil lebih mudah diakses dan digunakan, sehingga meningkatkan keterjangkauan mobil bagi pengemudi dari berbagai kalangan.

    Cara Kerja Fitur Keamanan

    Setelah memahami fungsi dari fitur keamanan mobil, selanjutnya akan dibahas secara lengkap cara kerja fitur keamanan pada mobil dari setiap fitur yang tersedia pada mobil modern sebagai berikut.

    Sistem Rem Anti-lock (ABS)

    Saat pengemudi mengerem mendadak, ABS mengontrol tekanan pada roda sehingga mencegah roda terkunci dan mobil tetap bisa dikendalikan. ABS memeriksa kecepatan roda secara terus-menerus dan mengeluarkan tekanan pada sistem rem saat roda mulai terkunci.

    Airbag

    Saat terjadi tabrakan keras, sensor pada mobil akan mengukur kecepatan dan kekuatan tabrakan, kemudian mengirimkan sinyal ke unit kontrol airbag. Unit kontrol kemudian memicu airbag untuk terbuka, sehingga melindungi penumpang dari cedera yang lebih serius.

    Sistem Kontrol Traksi

    Saat roda kehilangan traksi di jalan, sistem kontrol traksi akan mengontrol putaran roda dan mencegah roda tergelincir. Sistem kontrol traksi memeriksa kecepatan roda dan putaran mesin, kemudian memotong tenaga ke roda jika diperlukan untuk mempertahankan traksi.

    Sistem Kontrol Stabilitas Elektronik

    Saat mobil bermanuver atau berbelok, sistem kontrol stabilitas elektronik memeriksa sudut kemiringan mobil dan memotong tenaga ke roda tertentu jika diperlukan untuk menghindari terguling.

    Sistem Pemantauan Tekanan Ban

    Sistem TPMS memeriksa tekanan pada ban dan memberikan peringatan jika tekanan turun di bawah batas yang aman. Sistem ini dilengkapi dengan sensor di setiap roda, yang kemudian mengirimkan sinyal ke komputer mobil untuk diproses.

    Kamera Belakang

    Kamera belakang pada mobil memungkinkan pengemudi untuk melihat area di belakang mobil saat mundur. Kamera biasanya terhubung ke layar di konsol tengah atau sistem infotainment mobil.

    Sistem Pencuri Alarm

    Sistem pencuri alarm akan memberikan peringatan suara dan visual jika mobil dicuri atau dijebol. Alarm biasanya dilengkapi dengan sensor getar dan sensor gerak, yang kemudian memberikan sinyal ke komputer mobil untuk diproses.

    Sistem Immobilizer

    Sistem immobilizer mengunci mesin mobil sehingga tidak bisa dihidupkan tanpa kunci atau kode khusus. Sistem ini dilengkapi dengan sensor keamanan di kunci mobil yang kemudian mengirimkan sinyal ke komputer mobil untuk memeriksa keaslian kunci.

    Sistem Navigasi

    Sistem navigasi membantu pengemudi menemukan rute terbaik dan dapat membantu menghindari area berbahaya atau tertentu. Sistem ini biasanya dilengkapi dengan peta digital dan GPS yang terhubung ke layar di konsol tengah atau sistem infotainment mobil.

    Sistem Kunci Elektronik

    Sistem kunci elektronik memungkinkan penggunaan kunci fisik menjadi tidak diperlukan, sehingga penggunaannya lebih mudah dan aman. Sistem ini biasanya dileng

    Contoh Mobil yang Memiliki Fitur Keamanan Lengkap

    Kurang lengkap rasanya jika tidak membahas juga contoh mobil yang memiliki fitur keamanan lengkap. Berikut 3 contoh mobil yang memiliki fitur keamanan lengkap yang berkualitas.

    Toyota Avanza

    Toyota Avanza mempunyai berbagai fitur keselamatan yang mumpuni. Adapun fitur keselamatannya dari mobil ini meliputi sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA). 

    Selain itu, ada juga fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) yang mampu menjaga mobil agar mobil tak mundur di tanjakan. Untuk Avanza 1.500 cc trim G dan G TSS, sudah dibekali dengan fitur keamanan berupa 6 buah Airbags yang siap menjaga seisi kabin mobil supaya pengguna tetap dalam keadaan aman terkendali.  

    Daihatsu Xenia

    Fitur keamanan pada Daihatsu Xenia sangat jempolan. Mobil ini sudah terdapat Dual Airbag yang diletakan pada kabin bagian depan. 

    Lalu teknologi Side Impact Beam akan memberikan perlindungan pada pengemudi maupun penumpang mobil apabila benturan keras atau kecelakaan. Hebatnya lagi, Xenia dibekali dengan fitur Immobilizer, Window Jam Protection, dan Rear parking Camera & 360 degrees Around View.

    Baca juga: Daihatsu Punya Fitur Keselamatan Terbaru, Ini Fungsinya

    Suzuki Ertiga

    Fitur keamanan Suzuki Ertiga sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Program (ESP). Selain itu Mobil ini juga bakal ada penambahan fitur Assist Grip Foldable yang terdapat pada plafon bangku pertama serta kedua.  

    Suzuki Ertiga dirancang kokoh dengan adanya teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Lalu pengereman mobil ini juga lebih presisi dan handal di berbagai kondisi. 

    Hal ini membuat rangka bodi Heartect bisa meminimalisir dari benturan dan bisa memberikan keamanan berkendara bagi penggunanya.

    Nah, itulah ulasan mengenai daftar fitur-fitur keamanan yang wajib dimiliki di mobil. Pastikan bahwa fitur dalam mobil yang akan Anda beli sudah memiliki fitur keamanan ini untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

    Pastikan untuk membeli di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait