Rabu, Desember 24, 2025
MotorDeretan Kode Kerusakan Honda PCX 160

Deretan Kode Kerusakan Honda PCX 160

OLX News – Dalam motor kendaraan semua kerusakan dapat dideteksi dalam bentuk kode. Begitu juga Honda PCX 160 memiliki deretan kode kerusakan.

- Advertisement -

Sebagai pemilik Honda PCX 160 mengetahui kode kerusakan adalah hal yang sangat penting, sehingga kamu bisa memperkirakan komponen mana yang menghadapi masalah.

Kini hampir semua sepeda motor terbaru menggunakan sistem injeksi. Ketika terjadi masalah, biasanya ini akan ditunjukkan dengan kedipan lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada speedometer.

- Advertisement -

Jika kita mengamatinya lebih dekat, ternyata kode error (DTC) pada Honda PCX 160 lebih banyak dan lebih detail dibandingkan dengan motor matic Honda lainnya.

Ketika kode error muncul, ini bisa menjadi sinyal bahwa ada masalah dengan salah satu komponen. DTC adalah singkatan dari Diagnostic Trouble Code. Kode ini akan muncul dalam bentuk angka, tetapi cukup sulit untuk dibaca melalui lampu MIL.

- Advertisement -

Pemahaman Kode Kerusakan pada Honda PCX 160

Berbeda dari motor matic Honda lainnya yang menunjukkan masalah melalui kedipan lampu MIL, pada Honda PCX 160, lampu MIL tetap menyala jika terjadi masalah. Untuk mengetahui kode kerusakan, diperlukan alat diagnostik atau scanner.

Berikut adalah daftar lengkap kode DTC atau kode kerusakan yang tersedia pada Honda PCX 160, diantaranya adalah:

  • Kode DTC 1, kerusakan pada sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
  • Kode DTC 7, kerusakan pada sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
  • Kode DTC 8, kerusakan pada sensor Throttle Position (TP)
  • Kode DTC 9, kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT)
  • Kode DTC 11, kerusakan pada sensor Vehicle Speed Sensor (VS)
  • Kode DTC 12, kerusakan pada sensor Injector
  • Kode DTC 21, kerusakan pada sensor O2 Sensor
  • Kode DTC 29, kerusakan pada sensor Idle Air Control Valve (IACV)
  • Kode DTC 33, kerusakan pada sensor Engine Control Module (ECM)
  • Kode DTC 52, kerusakan pada sensor Crankshaft Position (CKP)
  • Kode DTC 57, kerusakan pada sensor Engine Coolant Over Temperature

Sinyal Kode Kerusakan di Honda PCX Berbeda dari Motor Matic Honda yang Lain

Memang sedikit menyulitkan ketika MIL tidak berkedip seperti pada motor Honda yang lain. Kita harus mengunjungi bengkel atau memiliki alat diagnosa pribadi untuk memahami kerusakan yang terjadi.

Pada umumnya, kerusakan pada sistem injeksi dan kelistrikan sepeda motor matic Honda ditandai dengan kedipan pada MIL.

Lampu indikator injeksi akan berkedip secara terus menerus saat kunci kontak berada pada posisi ON, yang memiliki arti tersendiri.

Contohnya, untuk sensor kecepatan dengan kode 11, cara membacanya adalah dengan satu kedipan panjang diikuti satu kedipan pendek.

Setelah itu, ada jeda beberapa detik, kemudian lampu MIL akan berkedip lagi dengan pola yang sama. Penting untuk memahami bagian mana yang memerlukan perbaikan segera dan mana yang bisa ditunda.

Lampu MIL Menyala Tidak Menyiratkan Kondisi Darurat

Periksalah soket yang terhubung ke sensor yang menyala. Jika tidak terpasang dengan baik, reconnectlah dengan hati-hati dan lakukan reset ECU setelahnya.

Reset ECU berfungsi untuk menghapus seluruh memori yang tersimpan. Sistem ini mencatat segala kejadian yang terjadi pada motor sejak reset terakhir dilakukan.

Namun, jika kabel soket dalam keadaan baik, kamu perlu membuka bagian yang rusak untuk memeriksa dan memperbaikinya.

Reset ECU Setelah Servis Rutin, Kembali ke Pengaturan Awal

Saat motor digunakan, terkadang ECU mengalami kesulitan dalam menghitung dan membaca campuran bensin dan udara.

Hal ini bisa disebabkan oleh debu yang menumpuk di filter, kotoran di throttle body, atau kualitas busi yang menurun.

Perubahan dalam aliran udara dan ukuran pembakaran jelas membuat ECU sulit menentukan campuran yang tepat.

Sistem close loop pada motor Honda memungkinkan ECU secara otomatis menyesuaikan pasokan bensin dan udara ketika throttle body kotor.

Reset sistem injeksi ini berlaku untuk semua jenis motor injeksi, baik yang matik maupun ESP. Proses reset ini mudah dilakukan dan dapat mengembalikan performa mesin seperti baru kembali.

Beberapa soket tersembunyi di balik bagasi, di bawah jok, atau di belakang cover depan. Untuk membantu dalam pencarian, soket ini biasanya berwarna merah dan tidak terhubung dengan kabel lainnya (soket buntu tertutup).

Untuk membuka soket, gunakan obeng minus (-) karena biasanya cukup ketat. Setelah soket terbuka, akan melihat empat colokan. Sebagai acuan, letakkan bagian kancingan atau klip pengunci soket di bagian atas.

Cara Reset ECU di Motor Honda

Pilih dua colokan vertikal yang terletak di sebelah kiri klip pengunci. Jika bingung, kamu bisa membeli alat jumper ECU yang tersedia di toko online dengan harga sekitar Rp20 ribu.

Alat ini dirancang khusus untuk soket ECU, sehingga Anda hanya perlu menyambungkannya. Pastikan saat menghubungkan konektor ke soket, kontak dalam posisi OFF.

Amati lampu MIL, jika tidak ada masalah, lampu akan tetap menyala tanpa kedip. Setelah itu, cabut konektor dari soket selama tiga detik, lalu pasang kembali ke soket dengan kontak masih dalam posisi ON.

Jika lampu MIL tidak berkedip sama sekali, itu menandakan bahwa reset ECU berhasil dilakukan. Setelah berhasil, putar kunci kontak ke posisi OFF.

Itulah beberapa deretan kode kerusakan pada Honda PCX 160 yang bisa kamu ketahui dan mengantisipasi masalah yang terjadi pada motor kamu.


 

Populer.
Tony Prasetyo
Tony Prasetyo
Producing, analyzing and publishing original and high quality SEO articles.
Berita Terkait