Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    ReviewEvolusi Game "GTA" sejak Pertama Rilis 26 Tahun Lalu hingga "GTA 6"

    Evolusi Game “GTA” sejak Pertama Rilis 26 Tahun Lalu hingga “GTA 6”

    Ternyata game GTA sudah eksis sejak tahun 1997. Seperti apa perjalanannya hingga GTA 6?

    News.OLX – Rockstar Games baru saja merilis trailer gim Grand Theft Auto VI alias GTA 6 pada tanggal 5 Desember 2023 lalu. Dalam waktu sembilan hari saja, trailer tersebut berhasil menarik perhatian 146 juta penonton.

    Tak heran, lantaran Grand Theft Auto 6 alias GTA 6 ibarat sebuah fenomena sejarah bagi sebagian besar pencinta permainan gim. Permainan yang sudah ada sejak 1997 ini tentu membangkitkan gejolak muda orang-orang yang telah memainkannya sejak rilis pertama kali 27 tahun silam.

    Awalnya, GTA 1, yang pertama kali dirilis pada tahun tersebut, masih menggunakan grafis 2D , di mana pemain menjalankan misi merampok mobil mewah dan menciptakan kekacauan. Kemudian permainan ini berkembang ke sesi Liberty City, San Andreas, Vice City, dan lainnya hingga mengalami evolusi yang signifikan.

    Pada tahun 2025, GTA 6 dijanjikan akan muncul dengan grafis 3D yang lebih realistis dan menawan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Lantas, bagaimana evolusi GTA dari yang pertama hingga yang keenam? Berikut penjelasannya.

    Grand Theft Auto (1997)

    Pada tahun 1997, Rockstar Games memperkenalkan dunia kepada Grand Theft Auto (GTA) melalui versi pertama dengan grafis 2D.

    Game ini menempatkan pemain di berbagai kota, termasuk Inggris, Liberty City, San Andreas, dan Vice City. Misi utamanya melibatkan perampokan mobil mewah dan tindakan kriminal lainnya, menciptakan fondasi untuk franchise yang akan terus berkembang.

    Grand Theft Auto 2 (1999)

    Dua tahun kemudian, GTA 2 memperkenalkan perbaikan signifikan dengan tetap mempertahankan grafis 2D yang lebih baik.

    Pemain dapat memilih untuk menjadi anggota geng dan memiliki pengaruh pada reputasi permainan berdasarkan tindakan mereka. Sistem bintang diperkenalkan sebagai ukuran tingkat respons polisi, memberikan dimensi baru pada pengalaman bermain.

    Grand Theft Auto 3 (2001)

    Tahun 2001 menjadi tonggak sejarah dengan dirilisnya GTA 3. Game ini melompat ke grafis 3D yang memukau dan memperkenalkan sudut pandang orang ketiga. Pemain mengendalikan Claude, yang diberi misi balas dendam di Liberty City. GTA 3 membuka jalan bagi evolusi lebih lanjut dalam presentasi visual dan naratif permainan.

    Grand Theft Auto: Vice City (2002)

    Dalam perjalanan yang terus berkembang, GTA: Vice City dirilis pada tahun 2002 dengan setting yang terinspirasi dari Miami.

    Dengan grafis 3D yang lebih lanjut, pemain mengendalikan Tommy Vercetti, seorang karakter dengan dendam pribadi di kota Vice City. Game ini tidak hanya memperluas dunia game, tetapi juga memberikan sentuhan nostalgia era 1980-an.

    Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

    Seri kelima, GTA: San Andreas, muncul pada tahun 2004, menempatkan pemain sebagai Carl Johnson alias CJ di San Andreas. Game ini tidak hanya menghadirkan grafis 3D yang lebih canggih, tetapi juga menambahkan fitur-fitur baru seperti kustomisasi karakter, kemampuan berenang, dan kemampuan memanjat, memberikan kedalaman lebih pada pengalaman bermain.

    Grand Theft Auto 4 (2008)

    Pada tahun 2008, GTA 4 melangkah lebih jauh dengan menggunakan grafis 3D canggih melalui Rockstar Advanced Game Engine.

    Pemain mengambil kendali Niko Bellic di Liberty City, di mana setiap keputusan yang diambil dapat mempengaruhi akhir permainan. GTA 4 mengeksplorasi elemen naratif yang lebih dalam dan kompleks.

    gta 6 (1)

    Grand Theft Auto 5 (2013)

    Seri kelima, GTA 5, yang dirilis pada tahun 2013, menjadi titik puncak dengan tampilan visual terbaik pada saat itu.

    Pemain dapat beralih antara tiga karakter protagonis: Michael, Franklin, dan Trevor, menjalankan misi-misi yang berbeda di peta permainan yang lebih luas dari sebelumnya. Ini membuka kemungkinan eksplorasi kota dan pedesaan yang lebih besar.

    Grand Theft Auto 6 (2025)

    Antisipasi mencapai puncaknya dengan GTA 6 yang dijadwalkan akan muncul pada tahun 2025. Trailer baru-baru ini memberikan gambaran tentang cerita yang terinspirasi dari Bonnie dan Clyde era 1930-an.

    Keunikan tambahan adalah kemampuan untuk mengendalikan karakter perempuan bernama Lucia, menambah dimensi baru pada naratif GTA.

    Itu adalah evolusi menarik dari GTA 1 hingga GTA 6. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para penggemar permainan! 

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait