Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Kerja Filter Oli Mobil dan Apa Saja Jenisnya

    Cara Kerja Filter Oli Mobil dan Apa Saja Jenisnya

    Filter oli mobil merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pelumasan mobil. Fungsinya adalah menyaring kotoran, partikel debu, dan zat-zat kontaminan lainnya dari oli mesin sebelum oli itu mengalir ke bagian-bagian mesin yang bergerak. 

    News.OLX – Maka dari itu, dalam sistem pelumasan oli yang bekerja dalam mesin tidak boleh mengandung kotoran sedikitpun karena partikel tersebut dapat menyebabkan celah mesin akan tergores.

    Cara kerja filter oli mobil 

    Lantas, seperti apa filter oli mobil bekerja? Berikut ulasannya.

    1. Penyaringan mekanis

    Filter oli mobil biasanya menggunakan media penyaringan yang terbuat dari serat kertas, serat logam, atau bahan sintetis berkualitas tinggi. 

    Baca juga: Fungsi Dashcam dan Tips Memilih Produk Dashcam yang Tepat Sesuai Kebutuhan

    Ketika oli mesin mengalir melalui filter, partikel-partikel yang lebih besar daripada lubang-lubang penyaringan akan terperangkap di dalam filter. Ini termasuk debu, kerak, partikel logam, dan kotoran lainnya.

    2. Penyaringan absorpsi

    Setelah penyaringan mekanis, akan dilakukan juga penyaringan absorpsi yang memiliki kemampuan untuk menyerap kontaminan seperti air, asam, dan zat-zat kimia lainnya yang dapat merusak mesin.

    3. Sirkulasi oli

    Setelah oli disaring, kemudian hasil dari penyaringan tersebut akan dikembalikan ke mesin untuk melumasi komponen-komponen yang bergerak, seperti piston, bearing, dan camshaft.

    filter oli

    Jenis-jenis filter oli mobil

    Setelah memahami cara kerjanya, yuk ketahui perbedaan jenis-jenis filter oli mobil!

    1. Mechanical Oil Filter

    Desain pada Mechanical Oil Filter  ini menggunakan elemen yang terbuat dari  limbah kapas atau kertas saring berlipit untuk menahan kontaminan-kontaminan yang tersuspensi pada oli.

    Saat material menumpuk di atas filter, aliran oli akan semakin dibatasi. Sehingga, kinerja pada filter oli ini tidak bisa dalam jangka waktu yang lama. Jika kamu menggunakan Mechanical Oil Filter akan membutuhkan penggantian filter secara berkala

    2. Cartridge and spin on

    Filter oli ini terbuat dari konstruksi cartridge (atau elemen yang dapat diganti). Filter dipasang baik secara langsung pada mesin atau jarak jauh sehingga filter ini lebih nyaman dan berpotensi tidak berantakan saat diganti.

    Filter ini juga menghasilkan lebih sedikit limbah dengan setiap perubahan oli di filternya. Filter oli yang tersedia secara komersial bervariasi dalam desain, bahan, dan detail konstruksi. Setiap perbedaan bahan mempengaruhi daya tahan dan biayanya.

    3. Magnetic Oil Filter

    Magnetic Oil Filter menggunakan magnet permanen atau elektromagnet untuk menangkap partikel feromagnetik pada oli. Keuntungan dari penyaringan magnet adalah mempertahankan filter hanya membutuhkan pembersihan partikel dari permukaan magnet saja. 

    4. Sedimentation Oil Filter

    Sedimentation Oil Filter bekerja dengan menahan kontaminan yang lebih berat daripada minyak yang mengendap di dasar wadah yang berada di bawah pengaruh gravitasi di komponen pelumasan.

    5. Centrifugal Oil Filter

    Centrifugal Oil Filter adalah filter dengan desain sedimentasi putar yang menggunakan gaya sentrifugal untuk memisahkan kontaminan dari oli, dengan cara yang sama seperti Sedimentation Oil Filter.

    Yang membedakan adalah desain yang terbaru dan memfilterisasi oli yang lebih kompleks dari Sedimentation Oil Filter . Sehingga perpaduan 2 filter ini menghasilkan filterisasi yang memiliki efisien lebih baik.

    6. High Efficiency (HE) Oil Filter

    Filter oli ini adalah filter tambahan yang terpasang di samping filter oli utama. Mereka digunakan untuk meningkatkan kemampuan penyaringan dengan mengalirkan sebagian kecil oli melalui filter bypass, sehingga oli yang disaring lebih halus.

    High Efficiency (HE) Oil Filter ini dibuat dengan material yang lebih baik dan canggih, sehingga mereka dapat menyaring partikel yang lebih kecil dan memiliki umur pakai yang lebih panjang. 

    Filter oli ini sering digunakan pada mobil-mobil sport atau mobil-mobil yang memerlukan pelumasan yang lebih baik.

    Penting untuk secara berkala mengganti filter oli mobil sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan kondisi penggunaan. Filter oli yang bersih dan berfungsi dengan baik akan membantu menjaga kesehatan mesin dan meningkatkan umur pakai mobil kamu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait