Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFungsi Dashcam dan Tips Memilih Produk Dashcam yang Tepat Sesuai Kebutuhan

    Fungsi Dashcam dan Tips Memilih Produk Dashcam yang Tepat Sesuai Kebutuhan

    Dashcam mobil, atau kamera dashboard mobil, adalah aksesori yang semakin populer dalam dunia otomotif. Alat ini merupakan perangkat kecil yang biasanya dipasang di depan kabin mobil, baik di kaca depan atau di dashboard. 

    News OLX – Dashcam bukan hanya sekadar alat merekam video, tetapi juga memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna bagi pengemudi.

    Fungsi dashcam mobil

    Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan berbagai fungsi dashcam mobil dan memberikan tips tentang bagaimana memilih yang tepat untuk kebutuhan kamu.

    1. Bukti saat terjadi kecelakaan

    Salah satu fungsi utama dashcam adalah sebagai alat bukti jika terjadi kecelakaan. Dashcam yang mampu merekam aktivitas di luar mobil dapat menyediakan rekaman yang kuat dan jelas tentang apa yang terjadi selama insiden tersebut. 

    Ini adalah bukti yang sangat berharga bagi pihak berwenang dan perusahaan asuransi untuk menilai siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut.

    2. Meminimalisir tuduhan tidak berdasar

    Dashcam juga dapat membantu meminimalisir tuduhan yang tidak berdasar. Terkadang, orang dapat memalsukan kejadian kecelakaan atau mencoba memanfaatkan situasi untuk keuntungan pribadi mereka. 

    Dengan adanya rekaman video yang jelas, kamu dapat membuktikan bahwa kamu tidak bersalah dan menghindari konsekuensi yang tidak adil.

    3. Klaim asuransi yang mudah

    Ketika kamu mengajukan klaim asuransi setelah kecelakaan, dashcam dapat berfungsi sebagai bukti yang kuat untuk mendukung klaim kamu. Jika kamu jelas-jelas tidak bersalah, asuransi akan lebih mungkin menyetujui klaim kamu dengan cepat, menghemat waktu dan uang.

    4. Mengawasi saat mobil dipinjam

    Jika kamu sering meminjamkan mobil kamu kepada keluarga, teman, atau bahkan menyewakannya, pemasangan dashcam di mobil kamu dapat membantu kamu mengawasi bagaimana mobil kamu digunakan. 

    Beberapa dashcam bahkan dilengkapi dengan fitur rekaman video real-time yang dapat diakses melalui smartphone kamu, sehingga kamu dapat memantau mobil kamu dari jauh.

    dashcam mobil 2

    Cara kerja dashcam mobil

    Dashcam mobil bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Berikut adalah beberapa pola kerja dari dashcam pada kendaraanmu.

    1. Rekaman video dashcam

    Dashcam merekam video secara terus menerus dalam format loop. Ini berarti ketika kartu memori penuh, dashcam akan mulai merekam ulang di atas video yang sudah ada. Ini memastikan bahwa kamu tidak kehilangan data penting.

    2. Daya dashcam

    Dashcam mendapatkan daya langsung dari mobil melalui adaptor yang biasanya dicolokkan ke port 12V di dalam mobil. Mereka akan secara otomatis menyala ketika kamu menyalakan mobil.

    3. Penyimpanan

    Rekaman video disimpan pada kartu memori yang harus diatur ulang secara berkala untuk menghindari kartu memori yang penuh. Kapasitas kartu memori akan tergantung pada spesifikasi dashcam yang kamu pilih.

    4. Posisi pemasangan dashcam

    Dashcam biasanya dipasang di dekat kaca depan, dekat spion tengah, dan menghadap ke arah depan mobil. Ini memberikan pandangan luas dan mencakup berbagai kejadian di depan mobil. Posisi pemasangan ini memungkinkan pengambilan sudut gambar hingga 150 derajat.

    Tips memilih dashcam yang tepat

    Memilih dashcam yang tepat adalah langkah penting untuk memaksimalkan manfaatnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memilih dashcam yang sesuai dengan kebutuhan kamu

    1. Resolusi Video

    Pilih dashcam dengan resolusi video yang tinggi, seperti 1080p atau lebih baik lagi, 4K. Hal ini agar kamu mendapatkan rekaman yang jelas dan tajam. Meski demikian, semakin tajam resolusi video, makin besar pula kapasitas ruang penyimpanan diperlukan.

    2. Fitur tambahan

    Pertimbangkan fitur tambahan yang kamu butuhkan, seperti rekaman suara, sensor tabrakan, dan mode malam. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan kemampuan dashcam dalam berbagai situasi.

    3. Kapasitas penyimpanan

    Pastikan kapasitas penyimpanan kartu memori cukup besar untuk kebutuhan kamu. Kapasitas yang umum adalah 32GB atau 64GB, tetapi kamu dapat memilih yang lebih besar jika kamu ingin menyimpan lebih banyak data.

    4. Kualitas Konstruksi

    Perhatikan kualitas konstruksi dashcam. Pilih dashcam yang tahan terhadap panas dan dingin ekstrem, serta memiliki pelindung terhadap getaran.

    Rekomendasi Produk dashcam 

    Terdapat berbagai merek dan model dashcam yang tersedia di pasaran. Beberapa rekomendasi dashcam berikut ini barangkali dapat kamu pertimbangkan untuk dipilih.

    Raiton C6-S

    Raiton C6-S adalah salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan, dengan harga yang sangat bersahabat, yakni sekitar 350 ribuan saja. Namun, jangan meremehkan perangkat ini hanya karena harganya terjangkau, karena Raiton C6-S menyajikan sejumlah fitur yang sangat menarik.

    Baca juga: Kupas Tuntas Dashcam Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Perawatannya

    Salah satu keunggulan utama dari Raiton C6-S adalah sistem peringatan yang beroperasi secara otomatis. Fitur ini tidak hanya berguna, tetapi juga sangat penting untuk meningkatkan keamanan berkendara. 

    Sistem ini akan memberikan notifikasi kepada pengendara jika jarak antara kendaraannya dengan kendaraan lain terlalu dekat, mengingatkan mereka ketika keluar dari jalur yang aman, serta memberikan peringatan ketika kendaraan meninggalkan jalur yang direkomendasikan oleh kamera. 

    Philips CVR208

    Philips CVR208 adalah kamera dasbor mobil terbaik dari perusahaan elektronik terkenal Belanda, Philips. Resolusinya tinggi mencapai 1920×1080 atau 1280×720, sehingga dashcam ini mampu merekam gambar dengan detail tajam dan jelas. 

    Baca juga: 5 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik, Kualitas Jempolan dan Sesuai Kebutuhan 

    Dengan sudut pengambilan hingga 140 derajat, Philips CVR208 dapat mencakup lebih banyak detail sekitar mobil kamu saat merekam. 

    Meskipun memiliki fitur canggih seperti motion detection, night vision, loop record, dan G-Sensor lock, dashcam ini tetap kompak dengan dimensi 7,4×6,2×3,3 cm dan bobot 63 gram. 

    Harga dashcam ini mulai dari sekitar Rp900 ribuan hingga 1,5 jutaan di beberapa platform e-commerce. Alhasil dashcam ini menjadikannya investasi yang sepadan untuk meningkatkan keamanan kamu di jalan.

    DDPAI Mini Dash Cam

    DDPAI Mini Dash Cam adalah solusi pintar untuk meningkatkan keamanan selama berkendara dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp 500 ribuan. Meskipun berukuran mungil, dashcam ini menawarkan sejumlah fitur keamanan yang mengesankan. 

    Dengan dukungan dari chipset Huawei Hisilicon, DDPAI Mini Dash Cam mampu merekam video dengan resolusi HD 1280*1080p@30fps dan memiliki sudut pandang lebar hingga 140 derajat, yang memungkinkan untuk merekam tangkapan yang luas dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya rendah atau malam hari. 

    Fitur Motion Detection yang selalu aktif meningkatkan keamanan dengan memberikan notifikasi pada pengemudi tentang pergerakan di sekitar kendaraan. 

    Selain itu, video yang telah direkam dapat diunduh langsung ke smartphone melalui koneksi Wi-Fi, dan DDPAI Mini Dash Cam juga menyediakan slot kartu memori micro SD hingga 128GB untuk penyimpanan yang luas. 

    Blackvue Dashcam DR590-1CH

    Blackvue Dashcam DR590-1CH adalah pilihan terbaik untuk kamera dasbor mobil berkualitas. Dibuat oleh Blackvue, produsen kamera mobil terkemuka, model ini menghadirkan kualitas gambar yang luar biasa dengan sensor kamera Sony STARVIS untuk rekaman yang jelas di siang hari maupun malam hari.

    Baca juga: Dashcam Aksesori Original Mitsubishi Motors Ditawarkan Seharga Rp 3,9 Juta

    Dengan resolusi Full HD 1080p 60fps, kamera ini menyuguhkan gambar yang halus dan berkualitas tinggi. 

    Ukurannya yang mini dan kompak tidak mengganggu pandangan pengemudi, sementara fitur mode parkir memungkinkan pemantauan otomatis setelah parkir. Harganya sekitar Rp1,49 juta, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kombinasi kualitas dan fitur yang ditawarkan.

    Xiaomi Yi Dashcam

    Xiaomi Yi Dashcam adalah pilihan terbaik dalam kategori kamera dashboard mobil. Dengan resolusi 1080p yang menghasilkan rekaman yang jelas bahkan di malam hari, serta fitur canggih seperti emergency recording untuk mengamankan bukti potensial dalam kecelakaan. 

    Baca juga: Dashcam Aksesori Original Mitsubishi Motors Ditawarkan Seharga Rp 3,9 Juta

    Kamu juga dapat merekam video hingga resolusi 2K, dan fitur kreatif seperti slow motion dan timelapse. Harganya sekitar Rp700 ribuan, menjadikannya pilihan yang kompetitif untuk penggunaan sehari-hari.

    Itu adalah fungsi dashcam serta beberapa rekomendasi produknya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan pastikan untuk membaca ulasan dan mengecek spesifikasi sebelum membeli.

    Selamat mencoba dan nikmati pengalaman berkendara dengan dashcam yang telah kamu pilih! Kamu bisa mendapatkan informasi terkait aksesoris mobil lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait