Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Lainnya5 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik, Kualitas Jempolan dan Sesuai Kebutuhan

    5 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik, Kualitas Jempolan dan Sesuai Kebutuhan

    Rekomendasi dashcam mobil terbaik seringkali dicari banyak pengemudi. Dashcam bisa jadi perangkat perekam video yang memiliki banyak kegunaan. Dashcam ini bisa merekam perjalanan dan kejadian di jalan raya. 

    Dari sisi keamanan, dashcam sangat bermanfaat terlebih sebagai bukti dalam kasus kecelakaan lalu lintas.

    Selain itu, Dashcam juga bisa merekam gambar dan suara dari kamera yang diarahkan ke depan mobil dan terkadang ke arah belakang. Rekaman itu dapat membantu pengemudi untuk merekam perjalanan dan kejadian di jalan raya.

    Ada beberapa rekomendasi dashcam mobil terbaik, berkualitas dan cocok sesuai kebutuhan. Berikut rekomendasi dashcam mobil terbaik.

    Baca juga: Ini Fungsi Penting Pasang Dashcam di Mobil

    Tips Memilih Dashcam Berkualitas

    Sebelum membahas rekomendasikan dashcam mobil terbaik yang berkualitas, ada baiknya mengetahui apa saja karakteristik dashcam berkualitas agar tidak salah pilih. Berikut tips memilih dashcam berkualitas yang dijelaskan di bawah ini.

    • Resolusi Video

    Pilihlah dashcam yang memiliki resolusi video yang tinggi, minimal 1080p atau lebih baik lagi dari 1440p (4K). Semakin tinggi resolusinya, makan semakin jelas gambar yang direkam.

    • Sudut Pandang

    Pastikan dashcam memiliki sudut pandang yang luas, minimal 120 derajat atau lebih. Dengan sudut pandang yang lebar, kamera dapat merekam lebih banyak detail dan memperluas cakupan pengambilan gambar.

    • Sensor G

    Cobalah untuk memiliki dash cam yang dilengkapi dengan sensor G. Sensor G akan memberi tahu kamera untuk menyimpan rekaman jika terjadi benturan, tabrakan atau guncangan yang signifikan.

    • Koneksi Wi-Fi

    Dashcam yang bagus tentu memiliki koneksi Wi-Fi. Hal ini untuk memudahkan dalam mengakses rekaman langsung dari dashcam melalui aplikasi di smartphone Anda.

    • Mode Parkir

    Adanya mode parkir akan memungkinkan dashcam untuk merekam ketika mobil Anda diparkir. Hal ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya guncangan atau kejadian tak terduga lainnya.

    • Ukuran dan Pemasangan

    Pastikan dashcam yang Anda beli memiliki ukuran yang sesuai dan mudah dipasang di mobil Anda. Pilih yang tidak menghalangi pandangan pengemudi dan tidak terlalu mencolok.

    Baca juga: Penjualan Terus Meningkat, Ini Alasan Banyak Orang Beli Suzuki XL7

    Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik

    Rekomendasi dashcam mobil terbaik
    Ilustrasi dashcam (freepik)

    Dashcam mobil terbaik dan berkualitas akan membantu pengemudi dalam segi keamanan maupun untuk fungsi lainnya seperti merekam pemandangan sepanjang jalan. Untuk itu, diperlukan dashcam berkualitas jempolan. Berikut rekomendasi dashcam mobil terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli dashcam.

    • Blackvue DR750X-2CH

    BlackVue DR750X-2CH adalah dashcam 2 kamera yang dirancang untuk merekam kejadian di depan dan belakang mobil. Dashcam ini memiliki resolusi kamera depan 1080p Full HD dan lensa sudut lebar 139 derajat, sementara kamera belakang juga memiliki resolusi 1080p dan lensa sudut lebar 139 derajat.

    Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor Sony STARVIS yang memungkinkan rekaman yang jernih dan tajam, bahkan di lingkungan dengan cahaya rendah. Koneksi Wi-Fi yang lebih cepat, dan penggunaan kartu memori microSD hingga 1TB.

    Dashcam BlackVue DR750X-2CH juga dilengkapi dengan fitur Parked Recording Mode. Sehingga bisa merekam saat mobil sedang parkir. Kamera ini juga memiliki fungsi Event Recording, yang secara otomatis merekam ketika sensor G mendeteksi guncangan atau benturan yang cukup kuat. Rekaman tersebut kemudian diarsipkan untuk menghindari penumpukan.

    Selain itu dashcam ini memiliki fitur Cloud Support yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah rekaman langsung ke cloud sehingga bisa memudahkan akses dan berbagi. Namun, fitur ini memerlukan langganan bulanan dan membutuhkan koneksi internet yang stabil.

    BlackVue DR750X-2CH ialah dashcam yang handal dengan fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Untuk harga dari BlackVue DR750X-2CH berada di kisaran Rp6 juta.

    • Xiaomi Yi Dashcam 

    Merupakan produk dari perusahaan teknologi asal China, Xiaomi, yang dikenal dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi namun harganya terjangkau.  Xiaomi Yi Dashcam sudah dilengkapi dengan kamera dengan resolusi 1080p Full HD dan lensa sudut lebar 130 derajat. 

    Hal ini memungkinkan Anda merekam gambar dengan kualitas baik dan lebih luas dari pandangan mata manusia. Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor gambar yang sensitif terhadap cahaya rendah, sehingga Anda tetap dapat merekam gambar yang jernih bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

    Memiliki fitur mode parkir yang memungkinkan dashcam tetap merekam saat mobil Anda diparkirkan. Fitur ini diaktifkan saat dashcam mendeteksi getaran atau benturan, sehingga Anda dapat memantau mobil Anda dengan lebih baik dan menghindari tindakan kejahatan. 

    Dashcam ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan ke perangkat smartphone dan bisa mengakses rekaman langsung dari dashcam. Selain itu, Xiaomi Yi Dashcam ada fitur sensor G yang bisa mendeteksi tabrakan atau benturan dan secara otomatis menyimpan rekaman tersebut.

    Xiaomi Yi Dashcam juga dilengkapi dengan fitur loop recording, yang memungkinkan Anda merekam terus menerus tanpa harus menghapus file secara manual. Saat kartu memori penuh, dashcam secara otomatis akan menimpa file terlama dan menyimpan rekaman terbaru. 

    Xiaomi Yi Dashcam termasuk dalam dashcam yang handal dengan fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Untuk harga Xiaomi Yi Dashcam dibanderol Rp1,2 jutaan.

    • 70mai Dash Cam 1S

    Memiliki kamera dengan resolusi 1080p Full HD dan mampu mengambil gambar 130 derajat. Hal ini memungkinkan Anda merekam gambar dengan kualitas yang baik dan lebih luas dari pandangan mata manusia. 

    Kamera ini juga dilengkapi dengan adanya sensor gambar Sony IMX 307 yang sensitif terhadap cahaya rendah, sehingga Anda tetap dapat merekam gambar yang jernih bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

    Selain merekam kejadian saat Anda sedang berkendara, 70mai Dash Cam 1S juga dilengkapi dengan fitur mode parkir yang memungkinkan dashcam tetap merekam saat mobil Anda diparkirkan. Fitur ini diaktifkan ketika dashcam mendeteksi getaran atau benturan, sehingga Anda dapat memantau mobil Anda dengan lebih baik dan menghindari tindakan kejahatan. 

    Tak hanya itu, dashcam berkualitas ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi yang memungkinkan Anda terhubung ke perangkat smartphone dan mengakses rekaman langsung dari dashcam. 70mai Dash Cam 1S juga ada fitur sensor G yang dapat mendeteksi tabrakan atau benturan dan secara otomatis menyimpan rekaman tersebut.

    Terdapat juga fitur loop recording, yang berfungsi untuk merekam terus menerus tanpa harus menghapus file secara manual. Saat kartu memori penuh, dashcam secara otomatis akan menimpa file terlama dan menyimpan rekaman terbaru.

    Fitur lainnya dari 70mai Dash Cam 1S adalah fitur voice control, di mana fungsinya untuk mengoperasikan dashcam dengan suara tanpa harus menyentuhnya. 

    Kesimpulannya, 70mai Dash Cam 1S merupakan dash cam yang handal dengan fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Harga yang dipatok untuk 70mai Dash Cam 1 S yakni kisaran Rp600-700 ribu.

    • Raiton C6-S

    Raiton C6-S dibekali dengan kamera beresolusi 1080p Full HD dan lensa sudut lebar 170 derajat. Dengan kamera seperti itu memungkinkan Anda merekam gambar dengan kualitas yang baik dengan pandangan yang lebih luas. 

    Kamera keren ini juga dilengkapi dengan adanya sensor gambar Sony IMX323 yang sensitif terhadap cahaya rendah, hal itu membuat Anda tetap dapat merekam gambar yang jernih bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

    Selain merekam kejadian saat Anda sedang berkendara, Raiton C6-S ini memiliki fitur mode parkir yang memungkinkan dashcam tetap merekam saat mobil Anda diparkirkan.

    Fitur ini apabila diaktifkan maka dashcam akan mendeteksi getaran atau benturan, sehingga hal itu bisa bermanfaat dengan memantau mobil Anda dengan lebih baik dan bisa menghindari tindakan kejahatan.

    Fitur Wi-Fi juga ada di dashcam ini sehingga bisa memungkinkan Anda terhubung ke perangkat smartphone. Anda bisa mengakses rekaman langsung tersebut dari dashcam. Tak hanya itu, Raiton C6-S juga ada fitur sensor G yang memiliki fungsi untuk mendeteksi tabrakan atau benturan dan secara otomatis menyimpan rekaman tersebut. 

    Fitur lainnya yang cukup keren yakni loop reading dan motion detection. Hebatnya lagi, Raiton C6-S dilengkapi dengan fitur night vision yang bisa merekam dengan jelas dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Raiton C6-S termasuk ke dalam dashcam yang handal dengan fitur yang lengkap. Harga yang dipatok untuk Raiton C6-S yakni di kisaran Rp500 ribu.

    • DDPAI Mini Dash Cam

    DDPAI Mini Dash Cam merupak kamera yang dipasang di mobil untuk merekam video selama berkendara. Kamera ini bisa merekam video dengan resolusi 1080p dan memiliki sudut pandang 140 derajat, sehingga dapat merekam hampir semua yang terjadi di depan mobil. 

    Salah satu fitur unggulan dari DDPAI Mini Dash Cam adalah koneksi Wi-Fi yang memungkinkan Anda untuk mengunduh dan membagikan rekaman video melalui aplikasi di smartphone Anda. Tak hanya itu, kamera ini juga dilengkapi dengan sensor G yang bisa mendeteksi guncangan atau benturan. 

    Hebatnya, fitur tersebut secara otomatis akan menyimpan video tersebut agar tidak tertimpa oleh video lain. DDPAI Mini Dash Cam juga memiliki mode parkir yang dapat merekam video saat mobil parkir. DDPAI Mini Dash Cam terdapat fitur GPS, yang dapat merekam kecepatan dan lokasi kendaraan. 

    DDPAI Mini Dash Cam semakin komplit dengan dilengkapi dengan layar LCD 2 inci, yang memungkinkan Anda untuk melihat rekaman video secara langsung dari kamera. Dengan ukuran yang kecil dan desain yang ramping, kamera ini tidak akan mengganggu pandangan Anda saat mengemudi dan mudah dipasang di dalam mobil.

    Secara keseluruhan, DDPAI Mini Dash Cam merupakan pilihan yang bagus untuk merekam video selama berkendara, terutama jika Anda ingin merekam video dengan kualitas tinggi dan berbagai fitur yang berguna seperti koneksi Wifi, sensor G, GPS, dan mode parkir. Harga dari DDPAI Mini Dash Cam dipatok dengan kisaran Rp600 hingga Rp1 juta.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai rekomendasi dashcam, sedikit banyak pasti sudah memiliki gambaran mengenai kehebatan dashcam tersebut. Kalau soal urusan beli mobil bekas, pastikan untuk membeli di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait