Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    LainnyaKupas Tuntas Dashcam Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Perawatannya

    Kupas Tuntas Dashcam Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Perawatannya

    Dashcam mobil adalah perangkat keamanan yang saat ini populer di kalangan pengemudi. Komponen ini berbentuk kamera kecil yang dipasang di dashboard mobil dan merekam video selama mengemudi. 

    Dashcam ini biasanya terhubung dengan sumber daya mobil karena merekam video secara terus-menerus ketika mobil sedang digunakan. Beberapa dashcam juga dapat merekam suara dan memiliki fitur pengambilan gambar dengan sudut pandang yang luas untuk memantau area sekitar mobil.

    Saat ini, memiliki dashcam menjadi penting karena dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui dengan lebih detail tentang fungsi dashcam mobil, jenis-jenisnya, cara kerja, cara merawat, dan ciri-ciri kerusakannya.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik, Kualitas Jempolan dan Sesuai Kebutuhan 

    Fungsi Dashcam Mobil

    Dashcam Mobil
    Dashcam Mobil (olx.co.id)

    Secara umum, dashcam mobil berfungsi untuk merekam video selama mobil digunakan dan memungkinkan pemilik mobil untuk merekam perjalanan, memberikan bukti dalam insiden lalu lintas, dan meningkatkan keamanan di jalan raya. Beberapa fungsi dashcam mobil yang lebih spesifik antara lain:

    1. Merekam perjalanan

    Dashcam memungkinkan Anda untuk merekam perjalanan, baik untuk dokumentasi atau tujuan lainnya. Beberapa dashcam bahkan memiliki fitur untuk merekam dalam mode time-lapse, sehingga perjalanan yang lama dapat dikompres menjadi video singkat.

    2. Menyimpan bukti

    Video yang direkam oleh dashcam juga dapat digunakan sebagai bukti dalam kecelakaan lalu lintas atau insiden lainnya. Ini dapat membantu Anda untuk mempercepat dan mempermudah proses klaim asuransi atau pembuktian kesalahan pada insiden lalu lintas.

    3. Meningkatkan keamanan

    Dashcam juga dapat meningkatkan keamanan di jalan raya. Mereka dapat merekam kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar mobil, termasuk tindakan kriminal seperti pencurian atau vandalisme, dan dapat membantu mengidentifikasi pelaku.

    4. Memonitor perilaku pengemudi

    Dashcam dapat membantu Anda untuk memantau perilaku pengemudi dan meningkatkan keselamatan di jalan raya. Mereka dapat merekam kecepatan mobil, waktu dan lokasi perjalanan, dan perilaku pengemudi lainnya. Ini dapat membantu mengidentifikasi kebiasaan buruk dan membantu pemilik mobil untuk memperbaikinya.

    5. Merekam pengalaman

    Dashcam dapat merekam perjalanan, termasuk pemandangan yang indah, kejadian-kejadian menarik, atau momen-momen penting selama perjalanan. Ini dapat menjadi kenang-kenangan yang berharga bagi pemilik mobil.

    Secara keseluruhan, dashcam mobil memungkinkan pemilik mobil untuk merekam kejadian-kejadian selama mobil digunakan dan dapat membantu dalam keamanan, keselamatan di jalan raya, dan menyediakan dokumentasi perjalanan.

    Baca juga: Ini Fungsi Penting Pasang Dashcam di Mobil

    Jenis Dashcam Mobil

    Jenis Dashcam Mobil
    Jenis Dashcam Mobil (olx.co.id)

    Dashcam mobil memiliki berbagai jenis, namun ada 5 jenis yang paling umum digunakan, yaitu:

    1. Basic Dashcam

    Dashcam ini memiliki fitur dasar dan biasanya dijual dengan harga terjangkau. Mereka hanya memiliki satu kamera dan merekam video dengan resolusi standar.

    2. Dual-Lens Dashcam

    Dashcam ini memiliki dua kamera yang merekam video dari depan dan belakang mobil. Ini memungkinkan pemilik mobil untuk merekam video dari dua arah sekaligus.

    3. GPS-Enabled Dashcam

    Dashcam ini memiliki fitur GPS yang memungkinkan merekam lokasi dan kecepatan mobil. Hal ini dapat membantu pemilik mobil untuk memantau lokasi dan kecepatan mobil selama perjalanan.

    4. WiFi-Enabled Dashcam

    Dashcam ini memiliki fitur WiFi yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dashcam dengan smartphone atau tablet. Hal ini memungkinkan pemilik mobil untuk mengunduh video dan melihat rekaman langsung dari dashcam.

    5. Mirror Dashcam

    Dashcam ini dirancang untuk dipasang di cermin mobil dan memiliki layar yang terintegrasi di dalamnya. Mereka sering memiliki dua kamera dan merekam video dari depan dan belakang mobil. Mirror dashcam juga dapat digunakan sebagai cermin belakang mobil yang standar.

    Ini hanyalah beberapa jenis dashcam mobil yang tersedia di pasaran. Pemilihan jenis dashcam yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

    Baca juga: Dashcam Aksesori Original Mitsubishi Motors Ditawarkan Seharga Rp 3,9 Juta

    Cara Kerja Dashcam Mobil

    Cara Kerja Dashcam Mobil
    Cara Kerja Dashcam Mobil (olx.co.id)

    Cara kerja dashcam mobil tergantung pada jenis dashcam yang digunakan, tetapi umumnya, dashcam akan merekam video secara terus menerus saat mobil berjalan dan menyimpan rekaman tersebut pada kartu memori.

    Beberapa dashcam memiliki fitur deteksi gerakan atau getaran, sehingga mereka dapat secara otomatis mulai merekam ketika mobil bergerak atau terjadi guncangan pada mobil. 

    Selain itu, beberapa dashcam juga dilengkapi dengan sensor G, yang dapat mendeteksi kecelakaan dan secara otomatis menyimpan rekaman sebelum dan setelah insiden. Ada juga dashcam yang terhubung ke jaringan seluler atau WiFi untuk memungkinkan akses langsung ke video yang direkam melalui aplikasi seluler atau browser web.

    Cara Merawat Dashcam Mobil 

    Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat dashcam adalah  membersihkan lensa secara teratur. Penting juga untuk memeriksa pengaturan dashcam untuk memastikan kamera beroperasi dengan baik.

    Selanjutnya adalah memeriksa dan memastikan koneksi kabel terpasang dengan baik dan kabel tidak rusak. Selain itu, jangan biarkan dashcam terkena panas berlebihan karena dapat merusak dan mengurangi usia pakainya.

    Penting juga untuk menyimpan rekaman secara teratur supaya tidak kehabisan memori. Terakhir adalah mengganti baterai secara berkala agar baterai tidak rusak dan habis.

    Dengan merawat dashcam mobil secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa dashcam mereka beroperasi dengan baik dan selalu siap merekam video ketika diperlukan.

    Ciri-ciri Kerusakan Dashcam

    Hal terakhir yang penting untuk Anda ketahui adalah ciri-ciri kerusakan dashcam. Berikut adalah beberapa ciri kerusakan dashcam mobil:

    1. Gambar buram atau kabur

    Jika gambar yang direkam dashcam buram atau kabur, mungkin ada masalah dengan lensa kamera. Hal ini bisa terjadi jika lensa kotor atau tergores, atau ada masalah dengan fokus kamera.

    2. Video putus-putus atau berhenti secara tiba-tiba

    Jika video yang direkam dashcam berhenti secara tiba-tiba atau putus-putus, mungkin ada masalah dengan koneksi kabel atau masalah dengan kartu memori. Kartu memori yang penuh atau rusak dapat mengakibatkan video tidak terekam dengan baik.

    3. Tidak dapat menyala

    Jika dashcam tidak dapat dinyalakan, mungkin ada masalah dengan baterai atau koneksi kabel yang tidak baik. Hal ini juga bisa terjadi jika dashcam terkena air atau kelembaban.

    4. Tidak merekam saat terjadi tabrakan atau gerakan

    Jika dashcam dilengkapi dengan sensor tabrakan atau gerakan, dan tidak merekam ketika terjadi tabrakan atau gerakan, mungkin ada masalah dengan sensor atau pengaturan dashcam.

    5. Layar LCD tidak berfungsi

    Jika dashcam dilengkapi dengan layar LCD dan layar tidak berfungsi, mungkin ada masalah dengan baterai atau koneksi kabel.

    Jika mengalami masalah pada dashcam mobil, sebaiknya periksa manual pengguna untuk solusi masalah dasar dan jika masih terjadi coba untuk menghubungi produsen dashcam atau bawa ke tukang servis yang terpercaya.

    Nah, itulah informasi lengkap terkait dashcam untuk Anda. Anda pasti sudah paham mengenai pentingnya komponen ini untuk mobil. Urusan jual mobil, jangan lupa untuk memilih OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan pembayaran instan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait