Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    InformasiFootstep Motor Modifikasi, Apakah Melanggar Aturan?

    Footstep Motor Modifikasi, Apakah Melanggar Aturan?

    Yuk, cek apakah melakukan modifikasi footstep motor termasuk melanggar aturan di Indonesia!

    News.OLX – Dari banyaknya hal yang bisa dimodifikasi dari motor, beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan mengenai footstep. Padahal, pada dasarnya footstep motor ini dapat kamu modifikasi juga, lho!

    Namun jika masih ragu mengenai boleh tidaknya komponen ini kamu modifikasi menurut peraturan pemerintah, maka mari temukan jawabannya pada artikel di bawah.

    Apakah Boleh Footstep Motor Dimodifikasi?

    Berdasarkan dari berbagai sumber informasi yang kami himpun, hingga saat ini belum ada larangan resmi mengenai modifikasi footstep motor di Indonesia.

    Oleh karena itu, kamu bisa saja menggantinya dengan produk baru karena footstep yang lama sudah tidak berfungsi atau ingin mengubah tampilannya. 

    Di pasaran pun sudah banyak tersedia pilihan footstep, yang dapat kamu sesuaikan dengan tipe motor dan kebutuhan.

    Meskipun tidak ada larangan resmi hingga sekarang, namun pastikan untuk melakukan modifikasi footstep motor sewajarnya saja, ya. 

    Jangan sampai demi tampilan lebih unik dan beda, kamu mengabaikan keselamatan selama berkendara. Pastikan juga membeli footstep motor berkualitas agar lebih awet dan aman.

    Jenis Modifikasi Motor yang Melanggar Aturan

    Jika melakukan modifikasi footstep motor tidak melanggar aturan alias boleh, lalu modifikasi seperti apakah yang dilarang kepolisian atau pemerintah? Nah, beberapa larangan modifikasi tersebut di antaranya adalah:

    1. Mengganti Rangka Motor

    Ketika hendak melakukan modifikasi, ingatlah untuk tidak melakukan apa pun pada rangka motormu. Sebab jika melanggarnya, maka secara otomatis akan bermasalah dengan pihak kepolisian, khususnya saat razia,

    Selain berperan sebagai identitas sebuah motor, rangka ini juga menjadi tempat menempelnya nomor rangka motor. Ketika kamu menggantinya, maka sudah pasti nomor tersebut akan hilang.

    Ketika tidak ada nomor rangka, maka motormu tidak akan lolos selama pengecekan fisik motor ketika akan melakukan pembayaran pajak dan sejumlah urusan lainnya.

    2. Mengganti Warna Motor

    Sekalipun kamu tidak suka dengan warna motor saat ini, jangan pernah coba-coba untuk menggantinya. Sebab, dalam surat kendaraan seperti di STNK dan BPKB, identitas motor, termasuk warnanya, sudah tercantum.

    Ketika warna di antara surat dan motor berbeda ketika polisi melakukan pemeriksaan, otomatis kamu akan langsung dianggap melanggar peraturan. Kalaupun ingin mengganti warnanya, maka identitas tersebut juga harus diganti di STNK dan BPKB.

    Untuk mempercantik bodi motor, kamu bisa menempelkan stiker saja, asalkan stiker tidak mendominasi atau menutupi warna asli bodinya.

    3. Mengganti Dimensi

    Mengganti dimensi motor untuk membuatnya lebih panjang maupun lebih lebar termasuk pelanggaran. Sebab, jika dimensinya berubah, maka spesifikasi ini akan berbeda dengan keterangan pada STNK ataupun BPKB.

    Kalaupun tetap ingin mengubah dimensinya, maka pastikanlah untuk juga mengganti informasi di kedua surat tersebut. Dengan begitu, maka kondisi terkini dan informasi di kendaraan akan sama.

    4. Mengganti Knalpot

    Walaupun mengganti knalpot saat ini termasuk modifikasi umum, namun nyatanya hal ini termasuk dilarang secara hukum, terutama jika menggantinya dengan knalpot racing.

    Alasan modifikasi seperti ini mendapat tentangan adalah karena tingkat keamanannya masih belum terjamin. Suara bising dan asap yang dihasilkannya juga mengganggu lingkungan dan pengendara lain.

    5. Mengganti Kubikasi Mesin

    Beberapa pemotor sengaja menaikkan kubikasi atau CC mesin agar kapasitasnya lebih besar untuk membuat performa kendaraan semakin besar.

    Namun hal ini dilarang, karena berpotensi membahayakan diri sendiri atau pengendara lain,  terlebih ketika modifikasinya dilakukan secara asal-asalan.

    Setelah tahu bahwa footstep motor boleh dimodifikasi, kamu bisa cek produknya di OLX. Di sini, kamu juga dapat menemukan produk dan kendaraan bekas juga. Jadi, pastikan unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store. ya!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait