Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Fuel Pump Mobil, Ciri-ciri, Penyebab Rusak hingga Cara Memperbaikinya

    Mengenal Fuel Pump Mobil, Ciri-ciri, Penyebab Rusak hingga Cara Memperbaikinya

    Pada sistem bahan bakar setiap mobil, pasti memiliki komponen yang bernama fuel pump. Komponen ini sangat memiliki peran yang sangat vital pada distribusi bahan bakar ke mesin.

    Secara fungsi, fuel pump berperan untuk memompa bahan bakar yang berada di dalam tangki bahan bakar menuju ruang pembakaran. Bahan bakar yang didistribusikan inilah yang nantinya akan membuat mesin bekerja secara normal.

    Untuk jenis kendaraan yang menggunakan karburator, proses pengaliran bahan bakar ini akan mengalir dari tangki menuju karburator. 

    Selain itu ada dua kategori untuk fuel pump berdasarkan cara kerjanya. Yaitu ada fuel pump mekanis dan fuel pump elektrik. 

    Pada fuel pump mekanis ini biasanya digunakan untuk sebuah mesin diesel. Apabila komponen ini bermasalah di sebuah mobil, tentunya akan mengganggu kinerja mesin, bahkan tidak mau menyala karena tidak ada bahan bakar yang sampai ke ruang pembakaran.

    Maka dari itu sebagai pemilik kendaraan harus memperhatikan kondisi mobil agar selalu dalam keadaan prima. Bila mobil dalam keadaan prima tentu akan nyaman digunakan dan harga jualnya pun tetap stabil.

    Berikut ulasan mengenai fuel pump yang harus Anda tahu.

    Ciri fuel pump mobil rusak

    Agar kondisi mobil Anda tetap prima, bisa dengan cara mengenali beberapa komponen penting yang menunjang kendaraan Anda. Salah satunya ialah fuel pump, apabila bermasalah, biasanya ia akan menunjukan ciri-ciri yang mudah untuk diketahui.

    Mesin Mobil Susah Menyala

    Apabila fuel pump rusak, salah satu ciri yang paling mudah ditemukan ialah mesin mobil yang susah untuk dinyalakan. Biasanya ini terjadi pada kondisi kendaraan yang sangat jarang sekali dipakai dan tidak dipanaskan. 

    Akibatnya, kondisi bahan bakar tidak sampai pada fuel line atau malah tersumbat karena kotoran.

    Mesin Mobil Brebet

    Saat susah dinyalakan, apabila mesin mobil berhasil menyala, salah satu kendala yang sering muncul adalah mesin mobil yang brebet. Hal ini terjadi karena suplai bahan bakar yang tersendat atau tidak lancar karena kotoran yang menyumbat akibat bahan bakar yang kurang bagus.

    Bau Bensin Menyengat Dari Asap Knalpot

    Bau dari bensin yang menyengat pada asap knalpot mobil disebabkan oleh proses pembakaran pada mesin yang kurang sempurna. Maka dari itu, perhatikan jika ada bau menyengat dari asap knalpot mobil Anda mulai sekarang. 

    Sekring Pada Fuel Pump Gosong

    Tanda yang selanjutnya yaitu sekring pompa bensin gosong. Penyebab gosongnya sekring ini karena tersumbat endapan kotoran, sehingga kinerja sekring lebih berat. Jika sekring gosong, maka kinerja dari pompa bensin juga tidak normal. 

    Tanda pada lampu indikator

    Pada panel Multi Information Display (MID) biasanya tersedia lampu indikator check engine berwarna oranye. Jika lampu ini menyala, menandakan ada gangguan pada mesin yang bisa jadi mengarah pada fuel pump yang bermasalah.

    Penyebab fuel pump mobil rusak

    Penyebab dari fuel pump rusak bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar minyak yang salah. Selain itu bisa dikarenakan kualitas dari bahan bakar yang digunakan kurang baik sehingga terdapat kotoran yang mengendap.

    Kadar oktan yang disarankan oleh pabrikan mobil tidak diikuti sehingga mempengaruhi sistem pembakaran. Sebagai contoh adalah saran dari pabrikan mobil untuk menggunakan kadar oktan minimal 92 namun malah menggunakan kadar oktan di bawahnya.

    Otomatis hal ini dapat menyebabkan pembakaran yang kurang sempurna sehingga mempengaruhi fuel pump pada mobil.

    Cara memperbaiki fuel pump mobil rusak

    Xenia Fuel pump
    Xenia Fuel pump (my-cardictionary)

    Untuk memperbaiki fuel pump mobil yang rusak, bisa dilakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Namun, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah membawanya ke bengkel untuk ditangani oleh mekanik yang ahli.

    Namun apabila Anda merasa memahami sistem kerja mesin dan yakin untuk memperbaikinya sendiri bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

    Periksa relay fuel pump

    Relay fuel pump adalah komponen yang berperan sebagai saklar elektronik dalam mengalirkan arus listrik agar fuel pump dapat bekerja.

    Caranya adalah dengan melepas relay dari soketnya, lalu periksa tahanan terminal 3 dan 5. Normalnya, hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. 

    Langkah selanjutnya lakukan pengecekan terminal yang sama dengan penambahan satu daya pada terminal 1 dan 2, hasil standar yang harus dimiliki adalah di bawah 1 Ohm.

    Periksa komponen wiring harness fuel pump

    Fuel pump memiliki bagian wiring harness yang jenisnya berbeda di setiap mobil. Bagian harus diperiksa untuk melihat adanya potensi korsleting listrik. 

    • Periksa hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P, memiliki hasil standar di bawah 1 Ohm.
    • Periksa hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi, memiliki hasil standar 10 Kilo Ohm atau lebih.
    • Periksa sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar, memiliki hasil standar di bawah 1 Ohm.
    • Periksa relasi terminal 3 motor pompa dengan masa bodi, memiliki hasil standar sebesar 10 Ohm atau lebih.
    • Periksa hubungan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi, memiliki hasil standar di bawah 1 Ohm.

    Periksa tahanan fuel pump

    Pemeriksaan untuk tahap ini dilakukan dengan melepaskan terminal fuel pump serta mengukur tahanan terminal 3 dan 4. 

    Lazimnya hasil standar yang diperoleh harus berada di kisaran 0,2-0,3 Ω pada temperatur 20 derajat Celcius. Apabila terdapat perbedaan yang cukup signifikan maka diperlukan penggantian motor pompa.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai fuel pump atau pompa bahan bakar, sedikit banyak pasti Anda sudah mendapatkan pengetahuan. Selalu jaga dan lakukan perawatan rutin pada mobil Anda agar kondisinya selalu prima.

    Tidak perlu khawatir soal menjual mobil Anda, pastikan untuk memilih dealer dari OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan tanpa biaya tersembunyi.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait