Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriFungsi Evaporator AC Mobil, Cara Membersihkan, Menyetel, dan Menggantinya

    Fungsi Evaporator AC Mobil, Cara Membersihkan, Menyetel, dan Menggantinya

    Bagi setiap pemilik mobil, kenyamanan dalam berkendara adalah hal yang sangat penting untuk didapatkan. Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan adalah AC mobil. Oleh karena itu, merawat AC mobil adalah kunci, dan salah satu komponen vital yang perlu diketahui adalah evaporator.

    Melansir dari situs resmi Daihatsu di Indonesia, Evaporator AC mobil adalah komponen di dalam AC mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan udara sejuk dan dingin di dalam mobil. Komponen ini berbahan alumunium dan terletak di antara katup ekspansi dan kompresor AC. 

    Lalu apa sih fungsi dari Evaporator AC Mobil?

    Baca juga: Mengenal AC Mobil: Komponen, Fungsi Beserta Cara Kerjanya

    Fungsi Evaporator pada AC Mobil

    Berdasarkan laman resmi Suzuki di Indonesia, evaporator AC mobil berfungsi untuk menyerap udara panas yang ada di dalam kendaraan untuk kemudian dihembuskan menjadi udara dingin. 

    Evaporator AC mobil juga berfungsi untuk memastikan kinerja AC mobil agar maksimal. Anda bisa mengetahui evaporator bekerja dengan baik atau tidak dengan melihat udara yang dikeluarkan. Jika evaporator bermasalah, maka udara yang dikeluarkan AC biasanya tidak dingin.

    Selain itu, evaporator AC mobil juga bekerja untuk mengubah freon yang ditampungnya menjadi udara sejuk dalam bentuk uap. Ketika evaporator bekerja, freon akan dipompa dan bisa sekaligus menentukan kecepatan AC dalam mendinginkan kabin mobil. Suhu maksimal dari freon adalah 100 derajat celcius. Pada suhu ini, maka freon akan diarahkan menuju kondensor dan mencapai suhu 60 derajat celcius dengan bantuan cooling fan. Selanjutnya freon cair akan berubah jadi gas dan mengalirkan udara dingin.

    Terakhir, evaporator AC mobil juga berfungsi untuk menyalurkan sirkulasi udara. Komponen ini akan memfilter udara kotor menjadi bersih agar bisa dihirup dengan aman dan nyaman. Jika evaporator kotor maka akan mengganggu proses penyaluran panas dari udara, sehingga aliran sirkulasi udara dapat terganggu. Oleh karena itu penting untuk secara rutin membersihkan evaporator AC mobil.

    Baca juga: Kupas Tuntas Blower AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

    Kiat Membersihkan Evaporator AC Mobil

    Setelah tahu betapa pentingnya untuk merawat evaporator AC mobil, hal pertama yang perlu dilakukan adalah rutin membersihkannya. Ini adalah bentuk perawatan paling sederhana yang bisa Anda lakukan.

    Pertama, siapkanlah cairan pembersih khusus untuk evaporator. Menggunakan cairan khusus akan membuat evaporator awet dan tidak merusak komponen. Kedua adalah mengganti filter AC untuk menghilangkan debu dan kotoran. Setelah bersih, semprotkanlah cairan pembersih dan pastikan blower terpasang dengan benar.

    Hal ketiga yang perlu dilakukan adalah membersihkan bagian evaporator lain, seperti ventilasi AC mobil dan komponen lain. Jika sudah bersih, keringkanlah evaporator menggunakan lap bersih dan kering. Anda wajib memastikan semua komponen telah dibersihkan sebelum evaporator dipasang kembali.

    Terakhir adalah memasang evaporator AC mobil ke tempatnya semula. Lakukan pengecekan apakah evaporator telah terpasang secara benar dengan menyalakan AC mobil. Tanda pemasangan sudah benar adalah udara dingin langsung tersalurkan ketika AC mobil dinyalakan.

    Baca juga: Apa Itu Thermostat AC Mobil? Cek Fungsi, Cara Membersihkan, Menyetel dan Menggantinya

    Cara Menyetel Evaporator AC Mobil

    Hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara menyetel evaporator AC mobil supaya kesejukan selalu hadir di kabin mobil Anda. Setidaknya terdapat 3 cara yang penting untuk dilakukan, yaitu:

    1. Rutin Memeriksa Sistem AC Mobil

    Evaporator AC mobil memiliki beberapa tipe dan bentuk yang berbeda dengan fungsi utama yang sama. Agar kerja evaporator AC mobil dapat berjalan dengan maksimal, melakukan pemeriksaan rutin setiap tahun menjadi hal yang wajib.

    Melakukan pemeriksaan rutin menjadi hal paling mudah yang bisa dilakukan, namun sayang tidak banyak orang yang melakukannya. Biasanya orang baru memeriksa evaporator setelah AC rusak. Komponen evaporator AC sangat rentan keausan dan hal ini mengharuskan Anda melakukan pemeriksaan yang rutin.

    2. Melakukan Pembersihan pada Filter Udara

    Faktor eksternal kunci dalam sebuah sistem AC adalah udara dan filter yang bertanggung jawab untuk menjauhkan debu dan kotoran di mesin mobil. Jika filter udara kotor, maka akan ada sumbatan dalam saluran udara. 

    Usia evaporator AC mobil bergantung sekali pada kualitas pemakaiannya. Jika Anda rutin melakukan pengecekan dan selalu memperbaiki AC saat ada masalah, maka usia evaporator AC mobil akan makin panjang.

    3. Menghilangkan Bau dan Lembab

    Hampir setiap mobil yang diproduksi memiliki strip defroster yang memiliki fungsi untuk menghasilkan panas agar lembab dan kabut hilang. Anda harus mengeringkan bagian evaporator setelah AC digunakan pada waktu yang lama. Hal ini akan mencegah adanya jamur dan bau tidak sedap.

    4. Membaca Buku Panduan Mobil

    Buku panduan adalah petunjuk atau informasi yang sangat penting untuk menjaga kualitas mobil Anda. Pastikan Anda lakukan perawatan yang tepat sesuai dengan petunjuk dan selalu perhatikan berbagai tanda keausan pada evaporator AC mobil Anda.

    Cara Mengganti Evaporator AC Mobil

    Tentu saja merawat mobil dengan baik tidak bisa menjamin mobil tidak akan mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku untuk evaporator AC mobil. Biasanya masalah yang terjadi pada evaporator AC mobil adalah mengalami keropos atau berkarat, dan juga mengalami kebocoran.

    Tentu saja jika ini terjadi, memperbaikinya adalah hal yang wajib dilakukan  Jika terjadi kebocoran, Anda harus melakukan pengelasan aluminium terlebih dahulu. Namun, jika sudah keropos dan bocor pada bagian lain di evaporator, ada baiknya untuk mengganti evaporator baru untuk menghindari masalah berkepanjangan. 

    Saat Anda ingin mengganti evaporator, alangkah baik jika melakukan pemeriksaan juga pada bagian AC yang membutuhkan perawatan ringan atau komponen yang perlu diganti. Untuk membeli evaporator, penting untuk menyebutkan spesifik merk mobil tertentu. 

    Misalnya akan membeli evaporator AC mobil Avanza, cari yang suku cadang merknya sesuai. Harga penggantian evaporator AC mobil Avanza berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 2 juta, tergantung dari merknya. 

    Mengganti evaporator adalah kunci, meskipun begitu, awet tidaknya evaporator AC mobil sangat bergantung pada kebiasaan Anda saat mengendarai mobil. Jika sering merokok atau makan di dalam mobil, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil mengalami gangguan sehingga lebih cepat rusak. Oleh karena itu menjaga kebersihan evaporator AC mobil adalah hal yang penting.

    Itulah Informasi penting mengenai evaporator AC mobil yang wajib Anda ketahui. Jangan lupa bila Anda memiliki mobil yang akan dijual, pastikan untuk memilih mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan pembayaran instan.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait