Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFungsi Tabung Shockbreaker Motor

    Fungsi Tabung Shockbreaker Motor

    Banyak yang belum tahu, Ternyata ini fungsi tabung shockbreaker motor!

    Shockbreaker motor adalah salah satu komponen vital dalam sistem suspensi sepeda motor. Hal ini karena tabung shockbreaker motor merupakan bagian dari shockbreaker yang memiliki peran penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan pengendara.

    Dalam tulisan ini, kami akan membahas lebih dalam tentang fungsi tabung shockbreaker motor. Mulai dari segi fungsinya yang bisa menstabilkan redaman, hingga mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

    Hingga mengulik soal komponen-komponen di dalam tabung shockbreaker yang menjadi penyebab bantingan motor menjadi lebih empuk. Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sampaikan beberapa fungsi tabung shockbreaker motor, yang nyatanya bukan hanya membuat penampilan motor menjadi lebih garang dan sporti saja.

    Tabung shockbreaker motor menstabilkan redaman

    Fungsi tabung shockbreaker motor yang pertama adalah untuk menstabilkan redaman.

    Baca juga: Empat Produk Shockbreaker Motor KYB OC Series Meluncur

    Dalam tabung, selain ada piston, juga ada nitrogen dan oli. Adapun cara kerjanya, piston akan terdorong oleh oli saat suspensi menerima tekanan, selanjutnya piston yang terdorong akan distabilkan oleh tekanan nitrogen.

    Selain itu, nitrogen ini juga punya fungsi lain yaitu untuk mendinginkan oli, karena oli pada suspensi akan memanas seiring bekerjanya suspensi.

    Bahkan pada beberapa produk, di dalam tabung shockbreaker motor juga terdapat sil yang akan mengembang saat menerima tekanan ke bawah dan otomatis akan mengempis saat rebound sehingga shockbreaker lebih empuk dan nyaman.

    Tabung shockbreaker motor menampung oli

    Dengan adanya tabung shockbreaker motor, volume oli shockbreaker yang mampu ditampung menjadi lebih banyak, sekitar 10-30ml daripada shockbreaker yang tidak menggunakan tabung.

    shockbreaker motor (1)

    Lebih nyaman

    Fungsi tabung shockbreaker motor juga dapat membantu kerja sistem suspensi menjadi lebih baik dalam meredam guncangan atau getaran, terlebih saat melalui kondisi jalanan yang rusak, sehingga lebih nyaman.

    Baca juga: Shockbreaker Motor Ini Bisa Tahan Bobot Ekstrim Sampai 400 Kg

    Penyebnya adalah karena di dalam tabung shockbreaker motor juga terdapat sil yang akan mengembang saat menerima tekanan ke bawah dan otomatis akan mengempis saat rebound sehingga shockbreaker lebih empuk dan nyaman.

    Tabung shockbreaker motor perlu dirawat

    Sama seperti komponen lain pada kendaraan, tabung shockbreaker motor perlu dirawat secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

    Baca juga: Ketahui Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil dan Cara Mengatasinya

    Misalnya dengan melakukan pemeriksaan berkala. Periksa apakah ada retakan, kebocoran minyak, atau kerusakan fisik lainnya pada tabung.

    Selanjutnya adalah dengan mengganti secara rutin minyak shockbreaker. Selanjutnya pada beberapa jenis shockbreaker motor dilengkapi dengan pengaturan preload yang memungkinkan kamu mengatur tingkat kekerasan.

    Maka dari itu pastikan preload disesuaikan dengan bobot kamu dan barang yang selalu dibawa. Lalu selanjutnya pastikan tekanan udara pada tabung shockbreaker sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

    Baca juga: 6 Cara Motor Bisa Ngebut Tanpa Harus Bore Up

    Lalu pastikan semua mounting atau penjepit shockbreaker terpasang dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Pengejepitan yang kurang sempurna dapat mengganggu kinerja shockbreaker.

    Demikian ulasan terkait fungsi tabung shockbreaker motor. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait