Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiFungsi Zebra Cross, Ternyata Tidak Hanya untuk Nyebrang

    Fungsi Zebra Cross, Ternyata Tidak Hanya untuk Nyebrang

    Zebra cross atau marka penyeberangan jalan ternyata bukan hanya untuk jalur penyeberangan. Cari tahu fungsi lengkap zebra cross di sini!

    News.OLX – Apa yang kamu tahu tentang zebra cross? Apakah sekadar tempat penyeberangan jalan? Ternyata, fungsinya lebih dari sekadar area untuk menyeberang jalan. Apa saja fungsi dari marka penyeberangan jalan ini?

    Apa Itu Zebra Cross?

    Garis penyeberangan jalan berupa jajaran garis putih di tengah jalan secara melintang ini terkenal dengan nama zebra cross. Ia mempunyai fungsi utama sebagai jalur penyeberangan bagi pejalan kaki dari satu sisi ke sisi lain jalan. Maksud adanya garis putih ini sebagai lokasi prioritas bagi pejalan kaki untuk menyeberang.

    Sewaktu pejalan kaki berada di satu sisi jalan, pengendara kendaraan bermotor memiliki kewajiban untuk memberi ruang aman bagi mereka menyeberang dengan melambatkan laju kendaraan atau berhenti demi keselamatan kedua belah pihak. Dengan kesadaran ini, ada harapan bahwa tingkat kecelakaan dapat berkurang.

    Fungsi Zebra Cross

    Fungsi Zebra Cross

    Fungsi utamanya memang sebagai area aman bagi pejalan kaki untuk menyeberang, tetapi ada fungsi lain dari zebra cross, yaitu:

    • Titik prioritas bagi pejalan kaki untuk menyeberang.
    • Adanya area penyeberangan khusus memudahkan siapa pun yang hendak menyeberang jalan.
    • Menghimbau pengemudi kendaraan bermotor bahwa di depan sana ada marka penyeberangan jalan, sehingga pengemudi diharapkan kesadarannya untuk lebih mawas dengan melambatkan laju kendaraan.
    • Menjaga hak pengguna jalan lain, seperti pejalan kaki atau lainnya untuk mendapatkan ruang menyeberang yang aman  sehingga tidak perlu adanya persaingan antar pengguna jalan.
    • Pengaturan lalu lintas yang menjaga keselamatan dan keamanan para pengguna jalan.
    • Meminimalisir terjadinya kecelakaan antara pengendara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki.

    Jadi, adanya zebra cross bukan hanya titik penyeberangan, tetapi menjadi pengaturan lalu lintas yang menjaga agar lalu lintas tetap aman terkendali.

    Meski sudah ada marka penyeberangan jalan untuk pejalan kaki gunakan dengan mudah saat hendak menyeberang, pejalan kaki juga mempunyai kewajiban untuk memperhatikan dan mencermati situasi kiri dan kanan jalan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatannya dari kecelakaan di jalan raya.

    Tanda penyeberangan tidak melulu di tengah jalan pusat fasilitas publik atau area sekolah, marka penyeberangan bisa berlokasi di area lampu lalin. Saat pejalan kaki menggunakan titik seberang di area ini, sebaiknya perhatikan indikator lampu lalin yang menyala.

    Di sisi lain, pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat harus paham bahwa adanya garis ini menjadi penanda bahwa mereka harus memberi akses pada pengguna jalan lain dengan melambatkan laju kendaraan agar mereka bisa menyeberang. Sehingga, keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jalan tetap nomor satu.

    Memahami fungsi zebra cross dan menaati aturannya merupakan tanggung jawab bersama. Dengan demikian, terwujudlah lalu lintas yang aman dan nyaman bagi siapa pun.

    Mari kita senantiasa sama-sama untuk jaga keselamatan di jalan raya dengan pemakaian zebra cross dengan benar!

    Berita-berita menarik lain bisa kamu dapatkan di OLX. Tersedia juga aplikasi OLX yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store.

    Melalui aplikasi ini, kamu bisa mencari dan mendapatkan item impian dengan mudah juga praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait