Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikGanti Oli Motor Nggak Perlu Ke Bengkel, Ini Tipsnya

    Ganti Oli Motor Nggak Perlu Ke Bengkel, Ini Tipsnya

    Mudah, ini langkah-langkah ganti oli motor tanpa ke bengkel!

    News.OLX – Mengganti oli motor merupakan salah satu perawatan yang wajib dilakukan untuk pemilik motor untuk menjaga performa motor agar tetap optimal saat di jalan. Namun, kendala yang sering terjadi adalah banyak dari pemilik motor sering telat untuk ganti oli.

    Alasan yang sering terjadi karena pemilik lupa kapan terakhir kali ganti oli. Padahal cara mudah untuk mengingat hal tersebut adalah tinggal mengecek speedometer saja. Biasanya produsen menyarankan untuk mengganti oli setiap 2000-4000 km atau 2-4 bulan sekali.

    Jika kamu sedang sibuk dan tidak memiliki waktu ke bengkel untuk mengganti oli, kamu bisa loh mengganti oli motor sendiri di rumah.

    Baca juga: Sejarah Baru, Indonesia Dipercaya Produksi Moge Yamaha MT-07

    Tidak perlu takut untuk ganti oli, karena mengganti oli ternyata mudah dan hanya perlu waktu sekejap saja loh tanpa perlu keahlian khusus. Berikut adalah beberapa tips untuk mengganti oli motor sendiri di rumah:

    1. Siapkan peralatan 

    Pastikan kamu memiliki semua peralatan dan bahan yang diperlukan, seperti oli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor kamu, filter oli yang baru, kunci pas, lap, ring baut pengganti berbahan aluminium, corong, dan wadah penyimpanan untuk oli bekas.

    Lalu kenakan pakaian yang sesuai dan nyaman. Kamu bisa gunakan sarung tangan untuk menghindari oli agar tidak mengenai tangan kamu, dan gunakan apron atau kain yang melindungi badan untuk melindungi diri dari tumpahan oli dan kotoran.

    Kamu juga bisa siapkan area untuk tempatkan sepeda motor agar oli tidak meluber ke  sekitar. Kamu bisa sediakan alas di atas motor untuk menyerap tumpahan oli, seperti kardus atau alas khusus perbaikan sepeda motor.

    2. Parkir sepeda motor di tempat yang aman

     Jangan mengganti oli di bawah terik matahari ya. Pastikan sepeda motor kamu berada pada area yang teduh dan juga permukaan yang datar dan stabil.

    Baca juga: Pengertian Istilah Off The Road dan On The Road, Jangan Sampai Gagal Paham!

    Sebelum mengganti oli, jangan lupa untuk menghidupkan sepeda motor selama beberapa menit untuk memanaskan oli mesin, karena oli yang hangat akan mengalir lebih mudah.

    3. Identifikasi lokasi oli dan filter oli

    Kamu bisa melihat manual book dari sepeda motor kamu  untuk mengetahui lokasi baut penutup oli dan filter oli. Biasanya, penutup oli berada di sisi mesin, dan filter oli terletak di dekat sana.

    Matikan mesin dan biarkan sejuk sejenak agar kamu tidak membakar diri saat mengganti olinya. Lepaskan baut penutup oli dan tempatkan wadah penyimpanan di bawah mesin untuk menampung oli bekas. Kemudian, buka baut penutup filter oli.

    ganti oli motor 2

    4. Ganti filter oli dan isi oli baru

    Buang filter oli lama dan bersihkan area pemasangan dengan lap bersih. Pasang filter oli yang baru dengan tangan. Pastikan kamu tidak melepas filter oli terlalu ketat.

    Lalu, gunakan corong untuk mengisi oli baru sesuai dengan kapasitas yang direkomendasikan dalam manual book sepeda motor kamu.  Periksa level oli dengan tongkat pengukur oli untuk memastikan bahwa kamu telah mengisi dengan benar.

    5. Tutup kembali dan periksa kebocoran

    Pasang kembali baut penutup oli dengan hati-hati dan pastikan semuanya terpasang dengan aman. Setelah itu, hidupkan mesin sebentar dan periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran di sekitar filter oli atau penutup oli.

    6. Recycle oli bekas kamu dan catat waktunya

    Setelah mengganti oli, pastikan kamu membuang oli bekas dengan benar ya. Banyak bengkel motor atau tempat daur ulang oli menerima oli bekas.

    Baca juga: Nomor Mesin Kendaraan Pudar, Lakukan ini Untuk Mengatasinya!

    Dan jangan lupa penting untuk kamu mencatat tanggal atau jumlah kilometer ketika kamu mengganti oli sehingga kamu dapat menjadwalkan penggantian berikutnya tepat waktu.

    Jika kamu merasa kurang yakin dalam mengganti oli motor, sebaiknya minta bantuan dari seseorang yang lebih berpengalaman. Atau membawa sepeda motor kamu ke bengkel untuk perawatan juga bisa dengan meminta tolong kerabat terdekat.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait